[STEP BY STEP] Cara Daftar Jadi Kontributor di Freepik 2020

8 Likes 6 Comments
cara daftar jadi kontributor di freepik

Salah satu situs yang bisa anda manfaatkan untuk jualan desain grafis adalah Freepik. Di artikel kali ini saya hendak mengulas cara daftar jadi kontributor di Freepik.

Tujuannya bukan saja untuk menyalurkan hobi tetapi juga untuk memperoleh cuan dari minat yang digeluti.

Yang mungkin saja bisa dijadikan sebagai salah satu sumber penghasilan pasif atau aktif anda sendiri.

Di platform ini anda bisa jual sebagian besar karya desain entah itu gambar vektor, logo, icon hingga foto. Soal video footage saya enggak tahu pasti apakah bisa.

Karena kebanyakan materi yang ada di situs ini sifatnya visual dengan berbagai macam model, bentuk dan harga.

Sebelum lanjut pada pembahasan inti tentang cara daftar di Freepik, baiknya saya ulas dulu apa itu Freepik dan bagaimana mendapatkan fulus di situs tersebut.

Apa itu Freepik?

Freepik adalah salah satu situs microstok yang memungkinkan anda menjual hasil desain dan foto buatan anda dengan mudah dan sederhana.

Tidak ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi jika ingin bergabung ke situs ini. Hanya saja, anda harus punya karya yang ada nilai tawarnya.

Maksudnya gimana sih? Maksudnya, desain atau foto anda unggah harus menarik dan punya nilai jual agar bisa dibeli orang lain.

Di kalangan desainer, Freepik lebih dikenal sebagai situs atau mesin pencari desain vektor, termasuk gambar ilustratif dan template gratis.

Platform ini didirikan pertama kali oleh dua orang bersaudara asal Spanyol yakni Alejandro dan Pablo Blanes dibantu seorang kawan bernama Joaquin Cuenca pada tahun 2010.

Meskipun masih tergolong belia dibanding platform lain, bukan berarti situs ini tidak populer atau transaksi pembeliannya kecil.

Justru sebaliknya. Bahkan Freepik termasuk salah satu situs Microstok yang lebih cepat berkembang ketimbang platform lain.

Salah satu alasan mengapa situs ini cukup populer adalah sistem free download yang ada di platform mereka.

Artinya, siapapun bisa mendapatkan desain dengan gratis, meski ukurannya kecil dan tidak semuanya gratis.

Hal inilah yang bisa dimanfaatkan oleh setiap orang setelah jadi kontributor sebab Freepik memungkinkan mereka menjual hasil desain mereka secara premium atau berbayar.

Sampai kini, sudah ada ribuan orang yang bergabung ke platform ini untuk menghasilkan uang baik lewat karya desain atau foto, termasuk kreator asal Indonesia.

Ada beberapa contoh desainer asal Indonesia yang sudah menghasilkan ribuan dollar di Freepik seperti Diyah Fediawati dan Silvia Natalia.

Tertarik untuk menghasilkan uang dari Freepik? Jika tertarik, baca artikel ini sampai habis.

Cara Daftar Jadi Kontributor di Freepik 2020

Lantas bagaimana sih cara daftar jadi kontributor di Freepik? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Buka situs Freepik dan buat akun baru

Langkah paling pertama yang harus dilakukan oleh anda agar bisa jadi kontributor di Freepik adalah mengunjungi situsnya.

Agar lebih mudah silahkan klik tautan ini. Oh iya, jika anda tak keberatan, bisa gunakan link referral dari saya disini 😀

Jika situsnya sudah terbuka, silahkan buat akun baru. Untuk daftar akun baru di Freepik, berikut langkah-langkahnya:

  • Di beranda situs silahkan klik Join now atau login or join now yang terletak di header situs. Dua tombol tersebut fungsinya kurang lebih samacara daftar jadi kontributor di freepik
  • Selanjutnya anda akan dialihkan ke laman register. Disini anda diminta untuk mengisi tiga kolom yang tersedia seperti Username, Email dan Password. Jika sudah, silahkan selesaikan captcha, centang kotak I do not wish to receive news and promotions from Freepik Company by email lalu klik Sign Up Nowcara daftar jadi kontributor di freepik

Anda juga bisa mengintegrasikan akun Gmail, Facebook atau Twitter milik anda supaya tidak repot input data baru.

Untuk password jika pemberitahuannya masih weak atau lemah, sebaiknya ubah sampai ada pemberitahuan kalau kata sandi yang digunakan sudah strong atau kuat.

Supaya passwordnya kuat disarankan agar anda gunakan kombinasi huruf, angka dan simbol. Selain itu, usahakan password tersebut harus lebih dari 6 karakter dan kurang dari 30 karakter.

Sebab jika kata sandi yang dimasukkan masih ada tulisan weak anda akan diminta untuk mengubah password yang digunakan.

Agar lebih mudah, saran saya, baiknya kombinasikan satu huruf besar, huruf kecil, angka dan juga simbol.

2. Laman subscribe

cara daftar jadi kontributor di freepik

Selanjutnya anda akan ditanya apakah mau subscribe dan mendapatkan 20 pack premium vektors yang akan dikirim oleh manajemen.

Jika anda ingin subscribe, maka anda bisa mendapatkan exclusive Freepik designs, news, dan promotions from our newsletter.

Jika setuju silahkan klik Yes, i’m in. Jika tidak silahkan klik tulisan No, continue without getting the pack lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya.

3. Jadi kontributor

Setelah mengisi laman subscribe anda akan dialihkan ke beranda situs Freepik yang berisikan banyak sekali gambar vektor, foto, icons dan lain sebagainya.

Di tahap ini anda belum secara resmi jadi kontributor. Artinya, ada langkah-langkah lain yang harus dilakukan.

cara daftar jadi kontributor di freepik

Dan untuk anda yang ingin jadi kontributor, silahkan klik tulisan become a contributor yang terletak dibagian kiri atas header situs.

Setelah mengklik tombol tersebut anda akan dialihkan ke laman registrasi kontributor. Ada tiga langkah yang harus anda lalui disini, yakni:

a. Menyetujui syarat penggunaan layanan

cara daftar jadi kontributor di freepik

Disini anda akan ditunjukan term of conditions atau syarat dan ketentuan. Jika ogah baca persyaratan ini [sebagian besar sih], silahkan klik saja tombol i accept the terms and conditions.

b. Isi profil kontributor

cara daftar jadi kontributor di freepik

Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi profil kontributor yang terdiri dari public author username, biografi atau tagline, website dan location.

Untuk location silahkan isi dengan nama negara tempat anda tinggal saat ini. Jika anda tinggal di Indonesia saat ini, silahkan pilih Indonesia.

Berikutnya silahkan pilih bahasa notifikasi yang diinginkan. Sayangnya, hanya tersedia dua pilihan disini yakni bahasa Inggris dan Spanyol.

Anda juga bisa menambahkan URL Professional portfolio milik anda di situs microstock lain, Shutterstock, iStockphoto dan Adobe stock misalnya.

Termasuk juga alamat media sosial milik anda entah itu Facebook, Twitter, Pinterest dan Dribbel jika punya. jika sudah silahkan klik Save.

c. How did you hear about us?

cara daftar jadi kontributor di freepik

Disini anda akan ditanya dari mana anda mendengar Freepik. Silahkan pilih saja satu dari sekian jawaban yang ada.

Entah itu dari Facebook atau Instagram ads, Social media groups, Pinterest, LinkedIn, Google Search dan Other internet search.

Jika sudah memilih darimana anda mendengar Freepick silahkan klik Next untuk lanjut ke tahap berikutnya.

4. Melengkapi data

Setelah memasukkan keterangan dimana anda mendengar Freepik selanjutnya anda akan dialihkan ke laman kontributor.

Di halaman ini anda sudah bisa upload foto pertama anda. Sebelum mengupload foto, saran saya sih, sebaiknya anda lengkapi dulu data diri sebagai kontributor baru.

cara daftar jadi kontributor di freepik

Ada dua data yang harus anda lengkapi disini yakni ID dan billing informasi. Untuk melengkapinya, berikut langkah-langkahnya:

a. Melengkapi ID di Freepik

Untuk melengkapi ID di Freepik silahkan klik icon lonceng yang berisikan dua notifikasi yang secara default muncul setelah anda klik tombol become a contributor.

Selanjutnya silahkan klik tulisan You must upload your ID. Setelah di klik anda akan diarahkan ke laman registrasi fiskal Freepik.

cara daftar jadi kontributor di freepik

Untuk mengupload ID Freepik di laman fiskal, disebelah tulisan ID Document silahkan klik Upload.

Selanjutnya silahkan isi data detail tentang Data Issue dan Expiration date. Jika anda pakai KTP elektronik, aktifkan saja kolom No Expire.

cara daftar jadi kontributor di freepik

Berikutnya silahkan drag atau browse ID yang mau digunakan dari penyimpanan ponsel atau komputer anda lalu klik Upload New Document.

Oh iya, pastikan format ID yang hendak diupload itu berformat PDF, JPG dan PNG dengan ukuran maksimum 2MB.

b. Melengkapi biling informasi

Setelah mengupload data fiskal, silahkan kembali ke dashboard> klik icon lonceng atau notifikasi lalu klik tulisan You must complete your biling information.

cara daftar jadi kontributor di freepik

Setelah di klik anda akan diarahkan ke laman Informasi billing dashboard. Disini anda diminta untuk mengisi data-data yang sesuai dengan ID yang anda upload.

Ada dua jenis informasi yang diminta disini, yakni:

  • Personal information yang berisi nama lengkap, alamat, No ID, Nomor telepon, Postal code [kode post], Kota dan Negara
  • Billing information yang berisikan data-data tentang metode pembayaran dan akun email.

Untuk metode pembayaran, Freepik mendukung dua rekening digital yakni PayPal dan Payoneer. Jika anda belum punya akun paypal silahkan buat dulu.

Untuk cara membuatnya silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang cara daftar PayPal 2020. Begitu juga dengan Payonner.

Jika belum punya akun Payonner silahkan daftar dulu. Untuk tata cara pendaftarannya, silahkan baca artikelnya disini.

Di laman billing ini juga anda bisa melihat jumlah pemasukkan yang diperoleh, kontrak, persetujuan serta My Documents.

Oh iya, dua pengaturan diatas yakni ID dan billing informasi ini sebenarnya ada di halaman yang sama.

5. Upload gambar pertama

Setelah melengkapi data-data di Freepik langkah selanjutnya kembali ke dashboard dan upload gambar vektor pertama anda di situs ini.

Untuk tata cara upload gambar grafis pertama termasuk juga hal-hal teknis lain sudah saya ulas dalam QnA dibawah.

Question and answer [QnA]

Seperti yang saya sebutkan diatas, ada beberapa hal teknis yang tidak saya ulas diatas. Oleh karena itu, akan saya bahas dalam QnA dibawah ini.

Q: Apa sih bedanya kontributor eksklusif dan non eksklusif di Freepik?

A: Beberapa tahun lalu, sebelum daftar jadi kontributor anda akan diminta untuk memilih dua jenis kontributor yakni designer dan fotografer serta kontributor model.

Nah banyak kontributor pemula yang rupanya kebingungan sama dua hal ini. Sejatinya, anda enggak perlu bingung karena pilihan kembali ke diri sendiri.

Agar tidak kebingungan, biar saya jelaskan sedikit dua pilihan diatas, yakni:

1. Designer atau photographer

Jika anda pilih pilihan ini anda akan dipandu oleh seorang desainer atau art director dari Freepik langsung. Anda juga akan dapat arahan atau briefing tentang desain apa yang mau dibuat.

Selain itu, desain buatan anda akan ditinjau dengan ketat dan jika anda permintaan revisi maka anda harus siap melakukan revisi.

Untuk penghasilannya cenderung lebih gede sih menurut saya dan ini bisa dilihat pada email penawaran jadi kontributor eksklusif.

Jika desain anda diterima, maka pendapatan anda bisa mencapai $12 per satu gambar vector yang di unggah atau di upload. Mayan, kan?

Hanya saja ada pro dan kontra tentang hal ini, dimana:

  • Untuk pronya gambar vector yang anda buat harus ditempatkan di laman microstok
  • Bebas buat desain vector apapun
  • Waktu upload cukup fleksibel
  • Harga per downloadnya cukup fluktuatif, karena bergantung sama jumlah subscriber yang dimiliki. Beberapa bulan terakhir, harga per downloadnya bisa mencapai $0,100
  • Penghasilan yang diperoleh bakalan naik perlahan
  • Wajib upload sesering mungkin supaya tidak di banned dan agar pendapatan tidak menurun

2. Kontributor eksklusif

Kontributor eksklusif adalah kebalikan dari desainer atau atau fotografer [non-eksklusif] yang sudah saya jelaskan diatas.

Intinya, dengan bergabung jadi kontributor eksklusif, anda mendapatkan beberapa keuntungan dan juga kerugian, seperti:

  • Dapat harga yang lumayan konsisten bisa mencapai $13 per download
  • Tema gambar vector yang mau di upload sudah ditentukan oleh art director
  • Penghasilan yang didapatkan lebih stay karena bergantung sama keaktifan
  • Cocok digunakan untuk kumpulkan modal, nikah misalnya
  • Hanya saja, minimal anda harus upload gambar vector 40 biji dalam sebulan
  • Tidak boleh di posting di situs microstock lain, Shutterstock misalnya

Per tahun 2019 kemarin, kayaknya anda sudah tidak bisa lagi daftar jadi kontributor eksklusif karena link daftarnya sudah hilang.

Dengan demikian, jika pengen join jadi kontributor ini anda harus tunggu undangan dari Art director via email.

Agar bisa diundang, saran saya, baiknya rajin upload minimal 40 file dalam sebulan. Lebih banyak lebih bagus lagi.

Q: Tipe file apa yang bisa di upload di Freepik?

cara daftar jadi kontributor di freepik

A: Ada tiga tipe file yang bisa anda upload di situs ini yakni:

  • Vektor dengan format EPS termasuk file pratinjau berformat JPG dan harus diupload dengan nama yang sama. Gambar vektor ini harus berukuran 80MB berwarna rgb serta punya file pratinjau berukuran 2.000px dan 8.000px. Pastikan juga anda memasukkan judul dan tag ke dalam file pratinjau itu agar mudah ditemukan
  •  PSD yang berukuran 1,5MB hingga 250MB dengan file pratinjau berformat JPG berwarna sRGB, Adobe RGB, Prophoto RGB atau P3 dengan file pratinjau harus berukuran antara 2.000px dan 8.000px di salah satu sisinya termasuk judul dan tag harus dimasukkan dalam file pratinjau
  • Foto dengan format JPG saja dan berukuran 1,5MB. Untuk warna bisa sRGB, Adobe RGB, Prophoto RGB atau P3 dengan ukuran antara 2.000px dan 8.000px di salah satu sisinya disertai Judul dan tag dalam dalam file
Q: Bagaimana sih cara upload foto atau gambar vector di Freepik?

A: Saya pastikan anda sudah daftar jadi kontributor di Freepick sekalipun masih ada masih tunggu validasi identitas yang anda unggah sebelumnya pada kolom ID.

Dan untuk anda yang pengen upload artwork di Freepic, gambar vector atau foto misalnya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Siapkan dulu file yang mau di upload. Perhatikan disini, ada dua jenis file vector yang harus di upload bersamaan yakni file .JPG dan .EPS. Dua file tersebut namanya harus sama dan tidak boleh beda
  • Jika file sudah siap di upload, silahkan ke dashboard Freepik dan klik tombol Uploadcara daftar jadi kontributor di freepik
  • Selanjutnya anda akan dapat notifikasi We are looking for the best pictures and designs. In this first step, our team will evaluate the quality of your files and that they meet the requirements we set. This is the initial test to become a Contributor. Upload 20 of your best files and blow us away! Intinya, anda diminta untuk mengupload 20 karya terbaik menurut anda untuk pertama kalinya. Disini silahkan klik I am ready untuk melanjutkancara daftar jadi kontributor di freepik
  • Anda akan dialihkan ke halaman baru dan scrool ke bawah dikit sampai anda menemukan tulisan Web Upload. Disini silahkan drag & drop file yang mau di upload dalam format .JPG dan .EPS di kotak web Upload. Anda juga bisa klik tombol Browse dan pilih dua file yang sudah disiapkancara daftar jadi kontributor di freepik
  • Berikutnya, silahkan tunggu proses uploading file hingga selesai. Jika sudah selesai, silahkan klik Import filescara daftar jadi kontributor di freepik
  • Setelah mengimport file, akan ada pemberitahuan pada laman upload dimana anda diminta untuk memberi title dan tag pada file tersebut. Untuk memberikan judul dan tag silahkan klik icon pensil disebelah gambar recycle bincara daftar jadi kontributor di freepik
  • Berikutnya silahkan isi dengan judul dan tag yang pas untuk file yang di upload. Pastikan title dan tagnya itu berbahasa Inggris agar mudah di search di laman Freepik. Oh iya, untuk tag baiknya dipisahkan dengan koma [,]. Sebagai contoh flag, nation, Indonesia, east java dan lain sebagainya. Tag minimal pada file yang di upload itu ada 5 agar tombol save bisa muncul. Jika tombol Save sudah muncul silahkan klik saja disitu untuk melanjutkancara daftar jadi kontributor di freepik
  • Selanjutnya silahkan kembali ke dashboard file uploading. Sebelum submit, pastikan jumlah minimal dan maksimal file yang mau di upload itu sudah sesuai. Karena di Freepik setiap kontributor punya kuota yang berbeda-beda. Jika sudah, silahkan klik tombol Send to revisionscara daftar jadi kontributor di freepik

Setelah upload file, silahkan tunggu saja sampai proses revisinya selesai. Selain itu, anggap aja file yang di upload itu sedang ditinjau.

Karena Freepik agak lemot sih saat melakukan peninjauan. Bahkan dalam beberapa kasus, satu gambar bisa di review selama 2 minggu sampai sebulan.

cara daftar jadi kontributor di freepik

Dalam beberapa kasus mungkin ada pemberitahuan kalau image is not tall enough. Jika anda mengalami kondisi ini, pastikan file yang di upload, terlebih JPG harus berukuran minimal 2000px dan maksimal 8000px untuk panjang dan lebarnya.

Sementara, untuk menghapus file yang di upload, silahkan klik saja pada gambar atau icon tong sampah dan ikuti perintah selanjutnya.

Q: Bagaimana cara upload brosur, poster dan banner ke Freepik?

A: Untuk caranya uploadnya sih sama seperti diatas. Namun anda harus perhatikan beberapa detail teknis dibawah ini, seperti:

  • Buat file thumbnail untuk preview dalam format .JPG. File inilah yang nantinya akan dilihat oleh pengunjung atau anda sendiri di dashboard. Jika anda tidak upload file thumbnailnya, maka akan ada tulisan image not include
  • Upload file asli dengan nama yang sama dalam dua format berbeda yakni .EPS dan .PSD. Oh iya, untuk gambar thumbnailnya enggak perlu dibuat semirip mungkin dengan file asli
Q : Setelah mendaftar kok ada pemberitahuan pending of validations, itu kenapa ya? Apakah bisa langsung upload foto padahal akun masih pending?

A: Jika sebelumnya anda mendaftar pakai KTP dalam hal ini nomor KTP maka akan diproses dulu oleh pihak Freepik.

Tujuannya untuk mengamankan akun anda sekaligus untuk menunjukan bahwa anda bukanlah robot atau pakai identitas palsu.

Sekalipun masih ada pemberitahuan pending of validations, anda bisa upload foto atau gambar vector sambil nunggu validasi.

Q: Biasanya, aplikasi apa yang digunakan saat mau upload foto atau gambar borongan?

A: Untuk upload foto borongan ada banyak aplikasi yang bisa anda gunakan. Salah satu yang terbaik adalah FTP upload seperti FileZilla.

Q: Setelah upload 20 foto atau gambar vector, berapa lama sampai filenya di publish?

A: Sepengalaman saya, durasi yang dibutuhkan untuk peninjauan maksimal 1 bulan. Jika nantinya ada yang ditolak atau direvisi, silahkan ikuti saja sesuai dengan langkah-langkah yang diminta.

Jika ada satu atau lebih foto yang diterima, under revision dan sisanya rejections berarti anda sudah diterima jadi kontributor.

Disini anda tidak perlu lagi upload file pengganti. Cukup upload file baru saja dan biarkan saja yang ditolak seperti itu.

Q: Setelah upload 20 artwork, apakah selanjutnya sudah bebas upload foto?

A: Sepengalaman saya enggak. Untuk ketentuan upload file dibatasi 10 foto atau gambar per hari. Jadi kuota anda terbatas karena itu manfaatkan hal ini dengan baik.

Q: Berapa minimum pencairan saldo di Freepik?

A: Minimum amount atau minimum withdrawal di Freepik adalah USD $50 untuk Payoneer dan $100 untuk PayPal.

Dan akan dibayarkan setiap tanggal 4-9 bulan berjalan secara otomatis jika saldo anda sudah mencapai ambang batas pencairan.

Penutup

Di era sekarang ini, memanfaatkan keahlian atau hobi untuk menghasilkan uang sudah tidak terlalu sulit.

Karena ada banyak sekali tempat atau platform yang bisa dimanfaatkan dengan sistem, konsep dan tujuan yang berbeda-beda.

Jika anda suka desain dan ingin menghasilkan uang dari kegiatan tersebut, coba gabung sama Freepik atau Shutterstock. Siapa tahu karya anda laku keras disana.

Jika laku keras, maka penghasilan yang anda peroleh semakin banyak. Yang mungkin saja bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan utama anda di kemudian hari.

Demikian artikel tentang cara daftar jadi kontributor di Freepik 2020. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

6 Comments

    1. Gak sih mas, butuh waktu

  1. Permisi kak mau nanya. Saya baru saja daftar jadi kontributor, mau upload filenya saya bikin text effects. Namun saat upload 20 file pertama itu kenapa file eps saya preview nga tidak bisa (doesnt exist) alhasil jadi tidak bisa mengedit metadata nya. Selain itu, kalau saya liat di youtube2 begitu uoload jpg dan eps dg nama yg sama, saat edit metadatanya itu jadi 1 file. Sedangkan disaya, file eps dan jpg nya tetep 2 file,. Sehingga tulisannya misal nama file Ikangabus yang eps, yang jpg jadi Ikangabus(2) alhasil jadi 40 file, dan malah jadi tidak bisa upload (max 20 file). Apakah ada saran? Terimakasih.

    1. Ini terlalu teknis buat saya. Coba tanyakan langsung ke pihak Freepik lewat laman Support. Bisa klik disini ya. Semoga masalahnya cepat terselesaikan 🙂

  2. Halo kak mau tnya, kira2 berapa lama sampai data diri valid ya? Saya sudah sekitar 1 bulan blm juga di validasi. Kira2 jika tidak kunjung di validasi sarannya seperti apa ya kak. Terimakasih sblmnya .

    1. Mohon menunggu saja mba. Sembari menunggu, baiknya upload foto atau gambar vektor milik anda. Kan udah bisa, sembari menunggu validasi. Kalau sudah lebih dari 2 bulan atau 3 bulan, silahkan hubungi pihak Freepik. Good luck 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *