STEP BY STEP: Cara Cek Keaslian Foto dan Gambar Dengan Mudah

2 Likes Comment
cek keaslian foto

Di artikel sebelumnya sudah saya ulas beberapa tools yang memungkinkan anda mengecek keaslian foto dan gambar dengan mudah.

Hanya saja, untuk menggunakan cara sebelumnya, anda wajib menggunakan tools forensik foto yang bisa digunakan dengan gratis.

Perlu diketahui, sebagian besar tools itu mengandalkan data EXIF dan level kompresi yang ada untuk kemudian di analisis.

Pada prinsipnya, cara dibawah ini juga mirip namun lebih ke teknisnya yakni soal cara cek foto dan gambar palsu dengan cara yang paling sederhana.

Dengan cara ini anda bisa mengetahui apakah foto atau gambar itu asli atau sudah di manipulasi dan di edit sesuai keinginan.

Untuk diketahui, ada beberapa metode yang saya gunakan untuk mengecek keaslian foto atau gambar, diantaranya:

1. Mengurai EXIF metadata

Meta data adalah sebuah istilah yang lekat dengan dunia teknologi informasi dimana istilah ini mengarah pada data mentah atau data yang membentuk sebuah file.

Misalnya, anda melihat blog ini tentu ada metadata yang membentuk blog ini jadi seperti sekarang sehingga bisa diakses oleh anda lewat jaringan internet.

Dalam konteks blog, metadatanya bisa berupa kode-kode yang membentuk situs entah itu PHP, CSS dan plugin, hosting, hingga sumber daya blogging yang saya gunakan yakni WordPress.

Disisi lain, dalam konteks file, dalam hal ini foto atau gambar, metadatanya adalah data EXIF yang merupakan kode digital untuk membentuk pixel warna jadi gambar.

Setiap file pixel itu menyimpan satu bit informasi penting tentang gambar atau foto. Informasi-informasi semacam ini sangat detail yang ketika diubah satu saja maka akan mempengaruhi yang lain.

EXIF juga menyimpan banyak sekali informasi tentang file tersebut. Oh iya, untuk diketahui, EXIF adalah kepanjangan dari Exchangeable Image Format.

2. Error Level Analysis [ELA]

Kebanyakan alat detektor gambar palsu [fake image detector] menerapkan metode analisis kesalahan kompresi atau yang lazim disebut ELA.

Ini adalah logaritma sederhana yang memungkinkan anda untuk mengidentifikasi area tertentu pada foto dalam level kompresi yang berbeda.

3. Ketajaman Pixel

Soal ini mah bisa di identifikasi dengan mata telanjang. Karena pada dasarnya, suatu gambar yang asli harusnya punya pola yang sama.

Misalnya, anda mengidentifikasi area pada suatu gambar, wajah misalnya, ketajaman pixel pada tubuh dan background seharusnya sama.

Untuk melihat ketajaman pixel ini bisa diperbesar atau di zooming. Saat di zooming biasanya akan terlihat pola kotak-kotak yang kemudian di sebut pixel.

Cara Cek Keaslian Foto Dengan Mudah dan Sederhana

Dari metode identifikasi diatas saya kemudian mencoba menganalisis keaslian beberapa foto dibawah ini. Berikut artikelnya untuk anda:

Analisis I: Foto Abang Kim Jong Un

cara cek keaslian foto

Kalau anda tidak memperhatikan foto diatas dengan seksama, anda pasti berkata kalau foto itu sama meski pada dasarnya berbeda.

Dimana perbedaannya? Ada pada benda yang dipegang oleh babang Kim Jong Un. Berikut penjelasannya:

  • Gambar A memperlihatkan Kim Jong Un memegang disket dengan kontras warna yang cenderung lebih gelap ketimbang foto kedua
  • Gambar B memperlihatkan Kim Jong Un memegang buku kecil dengan warna gambar yang cenderung lebih terang

Menurut anda, mana foto asli? Jika anda teliti pasti anda akan menjawab bahwa foto B adalah yang asli.

Tapi, bagaimana anda mengetahui kalau foto B adalah yang asli? Apa dasarnya? Landasan apa yang anda gunakan dalam menilai?

Nah untuk mendukung argumen diatas bahwa foto B adalah yang asli, silahkan identifikasi dengan berbagai metode yang sudah saya uraikan diatas dengan metode seperti dibawah ini.

a. Melihat data EXIF file

Untuk menggunakan metode ini disarankan agar anda menggunakan komputer yang didalamnya sudah terinstal Windows 10.

Dan untuk melihat data EXIF gambar atau foto di Windows 10, berikut langkah-langkahnya:

  • Cari foto yang hendak di identifikasi atau dilihat data EXIFnya
  • Setelah itu klik kanan> Properties> lalu pilih kolom details yang terletak dibagian atas. Jika tak ingin repot silahkan klik Alt+Enter
  • Lalu perhatikan data EXIF foto atau gambar yang terdiri dari description [deskripsi], origin, image, camera, advanced foto dan identitas file.

Untuk melihat metadata ini saya hanya menggunakan satu kolom informasi file yakni Origin yang merujuk pada informasi asli foto tersebut.

Dari ini saya kemudian menemukan beberapa informasi penting tentang meta data foto, yakni:

  • Foto B di kolom origin tidak memiliki informasi apa-apa
  • Sementara, foto A di kolom yang sama pada tab program name tertulis Adobe Photoshop 7,0
    cara cek keaslian foto

Dari sini dapat disimpulkan kalau foto B sudah pernah dibuka dengan Photoshop yang mungkin saja sudah diedit.

Oh iya, patut diperhatikan, apabila sebuah file entah itu gambar atau foto sudah pernah dibuka menggunakan alat pengeditan sekalipun tidak melakukan perubahan apa-apa tetap saja akan terindetifikasi karena level kompresinya sudah berubah.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa foto B sudah pernah di edit sebelumnya, oleh siapa, bukan urusan saya 😀

Hanya saja, informasi ini tidak bisa dijadikan tolok ukur untuk menilai kalau foto B adalah foto asli. Alasannya karena data-data itu masih bisa di ubah di Windows 10.

Oleh karena itu, diperlukan analisis lebih lanjut. Untuk analisis kedua saya menggunakan metode ELA untuk melihat rentang noise pada nilai apa pun guna mengetahui mana foto asli dan mana yang palsu.

b. Analisis foto ELA

Untuk mendukung argumen yang pertama, saya kemudian menganalisis level kompresinya untuk melihat apakah gambar atau foto itu memang sudah pernah diedit sebelumnya atau belum.

Disini saya menggunakan fotoforensic.com yang merupakan salah satu tools analisis foto digital guna mengetahui apakah suatu foto sudah edit atau belum. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs fotoforensic terlebih dahulu atau klik saja tautan ini
  • Setelah itu Upload foto yang hendak di identifikasi. Anda juga bisa menguploadnya berdasarkan URL yang ada. Jika sudah, klik Uploadcara cek keaslian foto
  • Setelah berhasil terupload, langkah berikutnya adalah menganalisis

Untuk analisis, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengatur kualitas noise atau levelnya. Dari sini anda bisa melihat kalau ada perbedaan kontras antara dua foto diatas. Dimana:

cara cek keaslian foto

  • Level noise foto A cenderung berada pada satu titik yakni pada benda yang dipegang oleh Kim Jong Un
  • Pada foto yang kedua, sebaran level noisenya terlihat rata dan tidak fokus pada satu titik saja

Dari sini saya kemudian menyimpulkan kalau foto pertama sudah di edit pada bagian tertentu yakni benda yang dipegang oleh Abang Kim Jong Un.

Tapi jangan lupa, kalau foto yang kedua level kontrasnya berbeda. Apakah ia sudah pernah diedit? Kemungkinan iya.

Hanya saja, pengeditannya tidak fokus pada satu titik yang kemungkinan hanya  diubah kontras atau kecerahan dan juga pada aspek-aspek lain, filter misalnya.

c. Ketajaman Pixel

Dua-dua foto diatas, jika diperhatikan dengan seksama, punya ketajaman pixel yang tak jauh berbeda satu dengan yang lain.

Begitu juga dengan dimensi dan aspek rasionya. Karena itu tidak bisa dijadikan ukuran mana foto yang asli dan mana yang bukan.

Analisis II: Foto Kap Mobil

cara cek keaslian foto

Berikutnya saya akan mencoba menganalisis dua foto mobil diatas yang jika diperhatikan sekilas tidak ada perbedaan signifikan antara keduanya.

Tapi, jika diperhatikan sekali lagi secara detail dan menyeluruh anda akan menemukan sesuatu yang janggal.

Dimana letaknya? Di bagian bawah kap mobil. Pada mobil B, bawah Kapnya terlihat mulus dan tanpa perubahan apa-apa. Sementara, pada foto yang kedua atau A, terlihat ada goresan sedikit.

Untuk mengetahui mana yang asli, saya tidak lagi menggunakan alat yang sama seperti diatas, melainkan salah satu aplikasi yang cukup populer untuk forensik foto yakni Ghiro.

Dengan menggunakan alat tersebut, saya mendapat beberapa informasi penting yakni:

  • Pada foto yang B punya data signature sama tapi EXIF Softwarenya sudah berubah tulisannya karena ditambah sama tulisan Adobe Photoshoop CS5 Windows. Dari sini dapat disimpulkan kalau foto B sudah dieditcara cek keaslian foto
  • Foto A atau foto yang pertama, signature datanya biasa aja. Sebagai analisa awal, foto ini belum dimodikasi alias masih aslicara cek keaslian foto

Hanya saja, EXIF metadata tidak bisa dijadikan tolak ukur utama untuk memutuskan bahwa foto yang pertama adalah asli dan yang kedua sudah dimanipulasi.

Artinya, data ini masih belum bisa dijadikan acuan penilaia. Dan seperti biasa, untuk mendukung argumen, diperlukan analisis lanjutan.

Dalam analisis lanjutan ini saya juga menggunakan metode ELA [Eror Level Analysis] sama seperti foto sebelumnya.

Dengan metode ini, ada beberapa poin yang saya dapat, diantaranya:

  • Tidak ada perbedaan yang signifikan untuk menemukan perbedaan level noise. Dengan kata lain, tidak ada kejanggalan antar dua foto diatascara cek keaslian fotocara cek keaslian foto
  • Dalam skala uji level yang saya gunakan pun sama begitu juga dengan hasilnya

Lantas, bagaimana mengetahui mana foto yang palsu dan mana yang asli? Untuk mengetahui, saya gunakan lagi teknik yang terakhir yakni uji piksel.

Uji pixel ini bertujuan untuk mengetahui level pecahan gambar dengan cara memperperbesar ukuran foto beberapa kali. Berikut hasilnya:

  • Pada foto A, pola sebaran warnanya terlihat ratacara cek keaslian foto
  • Sementara, pada foto B, lingkaran merah dibawah tekstur warnannya terlihat tidak merata. Plus, beberapa bagian pixelnya terlihat agak blurcara cek keaslian foto

Dari hasil analisa diatas, saya kemudian menyimpulkan bahwa Foto A adalah yang asli sementara yang B adalah palsu.

Dengan perkiraan bahwa foto B sudah di brush dengan teknik sederhana sehingga tidak ada perbedaan signifikan pada level noise.

Penutup

Tiga poin identifikasi yang saya jelaskan diatas dapat digunakan oleh anda untuk mencari tahu mana foto asli dan mana yang palsu.

Dalam beberapa kasus, memang agak sulit untuk mengecek keaslian foto mengingat alat pengeditan foto saat ini yang sudah sangat canggih.

Meski demikian, anda tetap bisa menemukan kejanggalan sekalipun pembuatnya sudah mengedit foto sedemikian rupa.

Dan langkah diatas adalah dasar-dasar ilmu forensik foto digital yang bisa dipelajari oleh anda untuk melacak satu foto digital apakah asli atau palsu yang ada di internet, di media sosial seperti Facebook dan lain sebagainya.

Demikian artikel tentang cara cek keaslian foto dengan mudah dan sederhana. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *