5+ Cara Cek ID Pelanggan PLN Prabayar dan Pascabayar

Ada beberapa cara memungkinkan anda mengetahui ID Pelanggan PLN Prabayar dan Pascabayar. Beberapa diantaranya akan saya ulas di artikel ini.

Sekalipun mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan PLN, banyak dari mereka tidak mengenali ID pelanggan PLN.

Atau mungkin, dalam beberapa kasus, kartu pelanggan atau struk pembayaran hilang, tercecer atau rusak.

Saya sendiri pernah punya pengalaman macam ini saat indekos di salah satu rumah kontrakan yang lokasinya tak jauh dari kampus tempat saya kuliah.

Pemilik rumahnya adalah dosen, dan ia sedang berada di luar kota. Minggu kedua setelah tinggal di rumah tersebut, meterannya berbunyi, tanda harus isi pulsa.

Kebetulan, meteran tersebut pakai yang prabayar. Yang jadi masalah, kartu pelanggan PLN belum diberikan pemilik rumah.

Sebab kalau isi pulsa harus punya ID pelanggan. Saya kemudian menghubungi pemiliknya, namun tak ada respon sampai malam hari.

Sekitar jam 7 malam, listrik padam. Sempat pusing juga waktu itu, sebab harus print out tugas yang akan dikumpul besok.

Kebetulan, saat itu, salah satu teman kampus saya datang ke kontrakan. Ia kemudian memberitahu tahu saya kalau ada alternatif lain untuk mengetahui ID pelanggan tanpa harus punya kartu pelanggan.

Mulai dari melihat nomor yang tertara di meteran dan mengecek langsung di situs resmi PLN. Itulah yang kemudian menginspirasi saya untuk buat postingan ini.

Oleh karena itu, untuk anda yang sering bertanya bagaimana cara melihat nomor meteran Listrik, cara cek nomor pelanggan PLN, bagaimana cara mengetahui ID Pelanggan PLN Prabayar serta Cara cek ID pelanggan PLN Prabayar dan Pascabayar, simak artikel ini sampai habis.

Apa itu ID Pelanggan PLN?

ID pelanggan PLN atau yang kadang disebut Nomor ID listrik, No Meter atau IDPEL adalah nomor identifikasi unik yang terdiri dari 11-12 digit angka dan digunakan untuk membayar tagihan PLN untuk pelanggan pascabayar.

Jika meterannya prabayar, ID pelanggan ini akan digunakan untuk isi pulsa listrik, terlebih jika meterannya sudah berbunyi.

Jadi, baik pelanggan prabayar atau pascabayar wajib tahu nomor identifikasi pelanggan ini.

Untuk diketahui, ada dua jenis pelanggan PLN yang ada sekarang ini yakni pelanggan Prabayar dan pelanggan Pascabayar.

Lantas, apa perbedaan pelanggan pascabayar dan prabayar PLN?

Pelanggan prabayar ini harus bayar dulu agar bisa menggunakan listrik. Bayar, dalam konteks ini, harus isi pulsa.

Baca Juga:

Untuk pulsanya bisa dibeli di PLN langsung, di Indomart, Alfamart atau platform lain yang menyediakan fasilitas serupa.

Sementara, pelanggan pascabayar PLN adalah pelanggan meteran lama yang pakai listrik dulu dalam sebulan, nanti tingkat konsumsi listrik akan dihitung untuk kemudian dimasukkan ke tagihan.

Simplenya begini. Pelanggan prabayar harus bayar atau beli pulsa listrik dulu dan pascabayar pakai listrik dulu baru bayar di akhir bulan.

Salah satu kelemahan pascabayar adalah anda bisa lihat tagihan konsumsi listrik sementara prabayar tidak karena bisa dihitung berapa kali anda beli pulsa listrik.

Lepas dari jenis meteran yang digunakan, anda wajib tahu ID pelanggan PLN yang digunakan.

5+ Cara Cek ID Pelanggan PLN Prabayar dan Pascbayar

Lantas bagaimana cara cek ID Pelanggan PLN Prabayar? Pasti penasaran, kan? Tanpa perlu berlama-lama, berikut artikelnya untuk anda.

1. Cek nomor meter di kartu Pelanggan Listrik PLN

Cara cek ID pelanggan PLN

Cara pertama untuk cek ID Pelanggan PLN adalah dengan melihat nomor meter di kartu pelanggan listrik PLN.

Di kartu pelanggan tersebut termuat beberapa informasi tentang pelanggan mulai dari alamat Rumah dan ID atau kode token yang bisa digunakan untuk isi ulang pulsa listrik.

Makanya itu, kartu pelanggan ini tidak boleh hilang atau rusak. Artinya, kartu tersebut harus dijaga atau disimpan dengan baik di tempat aman.

Lantas bagaimana jika kartu tersebut rusak? Apakah bisa diganti dengan yang baru? Soal ini bisa tanyakan langsung ke pihak PLN.

Hanya saja, apabila kartu tersebut hilang, rusak atau tidak terbaca lagi sementara anda ingin mengetahui ID pelanggan dengan segera, bisa coba alternatif lain yang akan saya ulas dibawah.

2. Cari struk atau riwayat pembayaran tagihan PLN

Cara cek ID pelanggan PLN

Cara yang kedua adalah dengan melihat struk pembayaran listrik bulan sebelumnya, yang didalamnya berisikan informasi tentang pelanggan termasuk ID pelanggan.

Jadi, di struk ini ada data-data pelanggan seperti Nomor meter, ID Pelanggan, Nama, Tarif atau Daya, SW Reff, RP Nominal, pembayaran sebelumnya, nominal Stroom atau Token termasuk biayar yang harus dibayar dan lain sebagainya.

Misalnya nih, anda mau bayar pulsa listrik di Alfamart atau minimarket lain, anda hanya perlu tulis ID pelanggan dulu.

Kalau IDnya tidak ada, bisa pakai struk pembayaran bulan sebelumnya. Nantinya, kasir akan lihat IDnya disitu.

Sementara, jika bayar di ATM atau pembayaran online sejenis, di marketplace atau eWallet misalnya, tetap akan diminta ID pelanggan.

Sebab akan digunakan mengidentifikasi nominal yang harus dibayar bulan ini untuk pascabayar atau nominal pulsa yang harus disii untuk prabayar..

Oleh karena itu, jika anda terbiasa bayar di ATM, Mobile Banking atau mungkin di eWallet, jangan lupa save riwayat pembayarannya.

Kalau perlu, simpan dalam bentuk file PDF atau screenshoot. Siapa tahu file tersebut bisa berguna di kemudian hari.

3. Cek Nomor Meteran Listrik

Cara cek ID pelanggan PLN

Jika kartu pelanggan dan strucknya sudah hilang entah kemana sementara anda tidak tahu lagi gimana cara cek nomor meter PLN, coba lihat meteran listrik anda.

Di meteran tersebut ada dua informasi dasar tentang pelanggan mulai dari nomor meteran dan kode bayar listrik PLN yang letaknya ada di bawah barcode.

Dan cara ini adalah cara paling mudah untuk mengetahui ID pelanggan PLN tanpa harus punya kartu atau struk bukti pembayaran sebelumnya.

4. Ke Kantor PLN

Cara cek ID pelanggan PLN

Jika semua cara diatas tidak bisa dilakukan dan anda masih belum tahu ID pelanggan anda, bisa coba cara yang satu ini.

Dimana, anda harus menghubungi langsung pihak PLN baik lewat costumer service yang tersedia di situs resmi, di media sosial atau mungkin ke kantor PLN terdekat.

Sebelum itu, siapkan dulu berkas yang valid untuk membuktikan bahwa anda adalah pelanggan atau pemilik resmi meteran listrik.

Berkas itu bisa berupa KTP, KK atau mungkin SIM. Untuk WNA, bisa bawa Passport.

Sampaikan saja tujuan anda ke kantor PLN. Jika kartu sudah hilang atau rusak, boleh minta ganti dengan baru, jika memungkinkan.

5. Cek di situs resmi PLN

Cara cek ID pelanggan PLN

Apabila kantor PLN cukup jauh dari rumah anda sementara anda butuh ID pelanggan saat itu juga, cara yang terakhir ini bisa dicoba.

Caranya gimana? Dengan mengunjungi situs resmi PLN lalu buka kategori Informasi tagihan dan Token listrik.

Sebelum itu, anda diminta dulu untuk daftar. Jika sudah pernah daftar atau sudah punya akun, bisa langsung masuk.

Sementara, ika belum punya akun, cara yang satu ini tidak saya rekomendasikan. Alasannya apa?

Sebab anda harus buat akun baru dulu, yang mengharuskan anda memasukkan informasi-informasi tentang pelanggan, salah satunya nomor meteran.

Sebagai alternatif, bisa tanya teman, saudara atau mungkin kenalan yang sudah pernah registrasi di situs resmi PLN atau menggunakan aplikasi PLN Mobile.


FAQ

Untuk jawaban dari beberapa pertanyaan teknis berkaitan dengan postingan ini, lihat QnA dibawah:

1. Apakah ada cara alternatif untuk cek ID pelanggan hanya dengan nama?

Saat buat artikel ini, saya coba simulasikan di aplikasi PLN Mobile atau aplikasi lain. Hasilnya? Gelap!

Jadi, satu-satunya cara yang memungkinkan anda mengetahui ID pelanggan hanya dengan nama adalah dengan menghubungi PLN langsung lewat CS mereka.

2. Bagaimana cara mengetahui ID pelanggan PLN dari alamat Rumah?

Pertanyaan ini pada dasarnya sama seperti pertanyaan diatas sebab kembali ke identitas yang digunakan pelanggan saat buat meteran baru, yakni nama, alamat dan data lain.

Sejauh ini dan sepengalaman saya, tidak ada cara efektif yang memungkinkan anda mengetahui ID pelanggan PLN hanya dari alamat rumah.

3. Mengapa ID pelanggan PLN tidak ditemukan?

Alasannya mungkin karena kartu pelanggannya hilang, struk pembayaran rusak atau mungkin nomor dibawah barcode terhapus.

Termasuk kemungkinan meteran anda sudah di cabut pihak PLN alias di blokir.

4. Bagaimana cara mengetahui ID pelanggan PLN Pascabayar?

Sama seperti 5 cara yang sudah saya jelaskan diatas karena cara tersebut berlaku untuk pelanggan yang pakai meteran prabayar atau pascabayar.

5. Berapa digit nomor ID Pelanggan PLN?

Nomor IDPEL PLN terdiri dari 11-12 digit angka, yang merupakan kode identifikasi unik untuk digunakan sebagai kode pembayaran atau pembelian token listrik.

6. Bagaimana cara cek cek tagihan listrik lewat HP?

Ada beberapa cara yang bisa anda coba salah satunya dengan menggunakan aplikasi PLN mobile yang bisa di unduh di Google Play Store.

Untuk daftar, anda hanya perlu registrasi pakai akun Google dan menginput nomor telepon. Setelah masuk ke beranda aplikasi, cukup tambahkan ID pelanggan.

Nantinya, jika ID sudah teridentifikasi, anda boleh cek tagihan listrik anda setiap bulan di aplikasi tersebut.

7. Bagaimana cara mengetahui nomor meteran listrik?

Caranya sudah saya jelaskan diatas. Untuk diketahui, nomor meteran listrik adalah nama lain dari ID pelanggan, yang kadang juga disebut akronominya jadi IDPEL.

Penutup

Jadi seberanya sangat mudah sekali untuk mengetahui nomor meteran listrik yang ada di rumah.

Saran, untuk menghindari hal-hal yang tidak diingkan, baiknya simpan dengan baik kartu pelanggan atau struk pembayaran PLN.

Jika ada cara lain yang memungkinkan pelanggan PLN mengetahui nomor meterannya selain cara diatas, bisa tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang 5 cara cek ID pelanggan PLN Prabayar dan Pascabayar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar