[STEP BY STEP] Cara Buat Poster 2020 di Android, iOS dan Desktop

13 Likes Comment
cara buat poster

Untuk anda yang penasaran cara buat poster yang baik dan benar di semua perangkat entah itu Android, iOS dan Desktop, baca artikel ini sampai habis. 

Saat masih aktif kuliah, saya pernah diminta jadi panitia suatu kegiatan organisasi ekstra kampus.

Sebagai panitia, yang sifat kerjanya kolektif-kolegial atau saling membantu antar kepanitian, saya diminta seksi perlengkapan untuk bantu mereka buat poster.

Hal ini tidak akan terjadi jika ada satu anggota seksi perlengkapan yang tahu cara bikin poster sesuai keinginan.

Kebetulan, saat itu saya masih berlangganan versi premium salah satu aplikasi pengeditan yang cukup populer di dunia.

Setelah poster tersebut jadi dan mulai disebarluaskan secara daring atau luring, dosen pembina kami memberikan apresiasi khusus. Menurutnya, poster itu bagus, menarik dan unik.

Padahal poster tersebut tidak didesain dari nol melainkan hanya mengambil template yang sudah disediakan oleh aplikasi pembuat poster yang saya gunakan.

Kemarin saya sempat cari poster tersebut di laptop tapi sudah gak ada. Enggak tahu dimana. Yang jelas, desain awalnya masih ada di dalam aplikasi dan masih bisa digunakan sampai sekarang.

Untuk anda yang pengen tahu cara membuat poster sendiri atau cara membuat poster di HP Android dan IOS, baca artikel ini sampai habis.

Sebelum itu, baiknya saya bahas dulu definisi poster termasuk tujuan dan kegunaannya.

Apa itu Poster?

Bagi saya pribadi, poster adalah salah satu bentuk komunikasi visual yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan suatu informasi.

Sesuatu informasi itu bisa berupa agenda kegiatan, event spesial, pengumuman, pemberitahuan konser, memorandum, advertise [iklan] dan lain sebagainya.

Pengertian diatas tentu subjektif dan tidak menjelaskan secara menyeluruh pengertian poster yang sebenarnya.

Salah satu pengertian yang bisa dijadikan referensi untuk menjelaskan apa itu poster bisa dilihat dalam Macmillan English Dictionary for Advanced Learners.

Disitu dijelaskan kalau poster adalah pemberitahuan atau gambar cetak besar yang diletakkan di diding sebagai hiasan atau untuk mengumumkan serta mengiklankan sesuatu.

Kata ini pertama kali digunakan pada dekade 1800-an yang merupakan adaptasi dari istilah swift travel [Perjalanan cepat] atau dispatch [pengiriman].

Karena itu, ada yang berpendapat kalau kata poster ini diambil dari istilah Post dengan penambahan er dibelakangnya, yang punya hubungan sama penyampaian suatu informasi.

Dan memang, makna awalnya berhubungan dengan itu, yakni suatu cara menyampaikan berita atau informasi secara fisik oleh pembawa pesan.

Penggunaan poster semakin luas dan mulai tersebar di seluruh dunia pada 1920-1990-an yang sebagian besar berbentuk pengumuman, iklan dan spanduk yang digunakan demonstran atau propagandis.

Berkat kemajuan teknologi, litografi khususnya, puncak penggunaan poster terjadi pada 1980-an.

Pada waktu itu, materi poster sudah bisa diproduksi secara massal pakai tinta berwarna diatas lembaran logam.

Lantas, apa sih tujuan pembuatan poster? Ada dua tujuan utama mengapa seseorang bikin poster, diantaranya:

  • Untuk menyampaikan suatu informasi kepada orang lain meski audiensnya random alias acak
  • Untuk memasarkan atau mengiklankan sesuatu dengan tujuan agar ada pelanggan atau pembeli [tujuan komersil]

Dua tujuan diatas kemudian melahirkan beberapa jenis poster, yang saat ini makin spesifik.

Berikut disajikan beberapa jenis poster yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber, diantaranya:

  • Poster niaga yang bertujuan untuk menawarkan suatu jasa atau barang kepada orang lain yang lazim disebut poster iklan
  • Poster layanan masyarakat yang isinya berupa penyampaian informasi, biasanya bersifat edukatif tentang sesuatu. Salah satu contoh yang masih hangat diingatan masyarakat adalah poster kesehatan tentang Covid-19 yang isinya kurang lebih menginformasikan tentang prosedur pencegahan penularan virus Corona [Corona virus disease]
  • Poster kegiatan yang dibuat dengan tujuan untuk memberitahukan atau menginformasikan suatu kegiatan yang akan dilaksanakan
  • Poster edukatif atau pendidikan, yang mirip dengan poster layanan, namun kegunaannya cukup spesifik dan banyak ditemui di sekolah atau kampus-kampus

Nah itu dia penjelasan singkat tentang definisi dan sejarah singkat poster termasuk tujuan dan jenis-jenisnya.

Ulasan diatas tentu belum lengkap. Karena itu, kedepannya, akan saya buat satu artikel khusus yang membahas apa itu poster.

Cara Buat Poster 2020 Yang Baik dan Benar

Lantas, bagaimana sih cara buat poster yang baik dan benar? Pasti penasaran, kan? Berikut disajikan artikelnya untuk anda.

1. Cara membuat poster di Adobe Spark Post

Aplikasi pertama yang bisa anda gunakan untuk buat desain poster adalah Adobe Spark Post.

Spark Post sendiri adalah aplikasi besutan Adobe, salah satu produsen aplikasi pengeditan terbesar dan paling terpercaya di dunia.

Didalam aplikasi tersedia ribuan template gratis dan premium yang bisa anda gunakan.

Template itu juga terkategorikan dengan baik berdasarkan abjad mulai dari animated video post, design filters, auto resize, auto recolour, dan lain sebagainya.

Oh iya, anda juga bisa pakai Spark Post untuk meremove background. Lantas, bagaimana sih cara bikin poster di Adobe Spark Post? Pasti penasaran, kan? Berikut langkah-langkahnya:

  • Download dulu aplikasi Adobe Spark Post di ponsel baik Android atau iOS
  • Setelah terdownload dan berhasil terinstal di ponsel, silahkan registrasi pakai akun Facebook, Google atau daftar secara manual. Lebih mudah sih kalau regis pakai Email dan Google karena anda tidak perlu input data-data secara manualcara buat poster
  • Setelah registrasi, pakai Gmail misalnya, anda akan diminta untuk menyelesaikan pendaftaran dengan mengisi data-data tambahan seperti Negara dan tanggal lahir. Tujuannya untuk personalisasi sekaligus memastikan bahwa anda memenuhi syarat menggunakan aplikasi. Jika sudah, klik Donecara buat poster
  • Disini anda akan dialihkan ke beranda aplikasi. Selanjutnya tinggal cari jenis template yang mau digunakan. Agar lebih mudah, anda bisa gunakan fitur pencarian di aplikasi. Perlu diketahui, ada banyak sekali pilihan template yang bisa tersedia mulai dari animation, collage, seasonal, lifestyle, business, school, travel, food dan craft. Oh iya, setiap kategori itu sudah ada contoh desainnya dan anda bisa pilih salah satu diantara contoh tersebut yang menurut anda cocok. Apabila sudah menemukan template yang cocok, klik saja disitu yang akan mengarahkan anda ke laman Remix. Untuk melanjutkan pengeditan, silahkan klik tombol remix this templatecara buat poster
  • Berikutnya anda akan diarahkan ke laman pengeditan. Di tahap ini, silahkan edit poster tersebut sesuka hati dan sesuai keinginancara buat poster

Jika anda mau buat desain sekali saja, aplikasi ini tidak saya rekomendasikan. Karena ini aplikasi berbayar.

Bisa sih pakai versi gratis, tapi harus toleran sama watermark yang akan muncul dibagian kiri bawah setiap gambar yang anda desain.

Untuk menghilangkan watermark, anda harus subscribe. Harganya? Lumayan sih untuk ukuran sobat misqueen macam kita ini.

Boleh-boleh saja di Cropping, dengan tujuan menghapus watermarknya, tapi kualitasnya akan berkurang.

2. Cara buat poster pakai Desygner

Desygner adalah aplikasi desain grafis dengan fitur dasar yang lumayan unik. Selain itu, anda juga bisa gunakan aplikasi ini untuk mengedit foto atau membuat poster.

Di dalam apliaksi tersedia ratusan template keren yang bisa dipilih sesuai keinginan seperti Product Hunt, Sosial Media Examiner dan Terra.

Lantas bagaimana cara bikin poster dengan aplikasi Desygner? Pasti penasaran, kan? Berikut caranya:

  • Download dulu aplikasi Desygner di Google Play Store atau iOS Store
  • Setelah terdownload, silahkan buka aplikasi Desygner yang sudah terinstal di ponsel anda. Agar bisa masuk ke dalam aplikasi, pastikan anda registrasi pakai Email, akun Facebook dan email costum milik andacara buat poster
  • Disini anda akan diarahkan ke menu penawaran untuk berlangganan versi premium, dengan berbagai keuntungan yang didapatkan. Jika ingin berlanganan, klik Lanjut. Jika ingin pakai yang versi gratis, silahkan klik tombol X yang terletak dibagian kiri atas layarcara buat poster
  • Berikutnya anda akan diarahkan ke personalisasi akun. Ditahap ini anda ditanya tujuan pembuatan konten apakah untuk proyek pribadi, bisnis, perusahaan, untuk klien dan organisasi non profit. Silahkan pilih salah satu dari beberapa pilihan diatas. Jika sudah, klik Berikutcara buat poster
  • Anda juga diminta untuk memilih penyesuaikan konten yang dibuat apakah untuk proyek pribadi, sekolah dan universitas atau untuk mencari pekerjaan, perencanaan pesta dan lain sebagainya. Silahkan pilih salah satu yang paling sesuai dengan tujuan menginstal aplikasi. Jika sudah, klik Berikutcara buat poster
  • Secara otomatis anda akan diarahkan ke laman beranda Desygner. Jika tujuan anda untuk membuat poster, cari kategori poster atau tinggal geser saja daftar template yang disediakan dan cari tulisan Posters. Setelah ditemukan, klik saja disitucara buat poster
  • Nah disini silahkan cari template poster yang menurut anda menarik, lalu edit sesuka hati. Perhatikan, ada dua jenis template yang bisa anda gunakan yakni Gratis dan premium. Untuk mengetahui mana template yang gratis dan premium tinggal lihat tulisan kecil dibagian kanan atas cara buat poster

Setelah poster itu jadi, langkah selanjutnya apa? Ya simpan. Untuk menyimpannya, tinggal klik tiga titik disebelah kiri lalu pilih Unduh. Format gambar poster secara otomatis jadi PNG.

Ada juga penawaran untuk mencetaknya langsung dimana negara pengirimannya akan dilakukan dari Amerika dengan biaya yang lumayanlah.

Saya sendiri pernah jadi pelanggan premium Desygner. Dan ada beberapa alasan mengapa saya berlangganan versi pronya, diantaranya:

  • Fitur pengeditan yang lumayan unik dan tidak sama dengan aplikasi lain. Seperti tersedianya fitur lapisan yang memudahkan pengguna mengatur lapisan desain
  • Pilihan font dan aset merk yang lumayan banyak. Semuanya tinggal diinput dengan mudah ke dalam desain
  • Fitur elemen yang memudahkan pengguna menambahkan berbagai karakter dan emoji menarik
  • Pilihan template yang tak terbatas dan terkategorikan dengan baik. Mulai dari media sosial dengan tawaran template yang cukup beragam seperti thumbnail Youtube, Twitter, foto sampul untuk Twitch header, Twitch Video, Etsy dan lain sebagianya. Cocoklah untuk yang suka desain atau mungkin pengen menghasilkan uang dari situ
  • Yang terakhir adalah harga versi pronya yang lumayan murah 😀

Anda juga bisa pakai versi situsnya agar proses pengeditan yang dilakukan lebih bagus dan tampilan layarnya lebih lebar dibanding pakai ponsel.

3. Buat poster pakai Templat Poster

Jika pengen gunakan aplikasi yang sepenuhnya gratis dengan template yang keren dan sesuai dengan tren poster Indonesia, bisa pakai Template Poster.

Sama seperti dua aplikasi diatas, template poster ini menyediakan template yang bisa digunakan dengan gratis dan tersedia berbagai kategori seperti promosi bisnis, foto sampul media sosial, penawaran, iklan dan lain sebagainya.

Untuk anda yang pengen tahu cara bikin poster pakai Template Poster, berikut langkah-langkahnya:

  • Download dulu poster makers 2020 di Google Play Store. Sayangnya, aplikasi ini belum tersedia versi iOS
  • Setelah terdownload, silahkan buka aplikasi. Karena aplikasi tidak perlu registrasi, secara otomatis anda diarahkan ke beranda. Di beranda aplikasi ini anda akan disodorkan beberapa menu dasar mulai dari buat poster, template, desain saya, poster saya dan aplikasi tambahan lainnya. Tahap pertama silahkan pilih template yang mau digunakan. cara buat poster
  • Setelah menemukan template yang cocok, silahkan klik pada template dan secara otomatis anda akan diarahkan ke laman pengeditan.cara buat poster
  • Berikunya silahkan edit sesuka hati sampai jadi. Jika sudah, jangan lupa Save dengan cara klik icon drive. Ada dua pilihan yang tersedia, pertama simpan foto dan simpan desain. Simpan foto berarti anda menyimpannya di perangkat, untuk simpan desain berarti anda membuat desain tersebut jadi draft.

Karena merupakan aplikasi gratis, anda harus siap disodorkan oleh iklan Google AdMob. Tapi gak terlalu mengganggu kok, sebab anda masih bisa melakukan proses pengeditan poster dengan nyaman.

Penutup

Oh iya, saya juga perlu tekankan satu hal, diatas adalah tiga aplikasi yang pernah saya gunakan untuk membuat poster.

Karena memang, ada banyak sekali aplikasi yang bisa anda gunakan untuk bikin poster, baik yang gratis atau berbayar, seperti Canva, Picsart, Photoshop, pixellab, venngage.com dan lain sebagainya.

Pilih saja mana yang menurut anda cocok. Dan hampir semua aplikasi itu menyediakan fitur pengeditan untuk Ponsel [versi aplikasi], Laptop atau komputer [versi desktop] dan juga situs [site].

Yang terpenting, saat desain, anda punya koneksi internet karena sebagian besar aplikasi pembuat poster di HP dan Laptop diatas hanya berjalan jika ada internet.

Demikian artikel tentang cara buat poster 2020 pakai Adobe Spark Post, Desygner dan Templat Poster. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *