Bitrate Adalah: Pengertian, Fungsi, Standar dan Cakupan

Sederhananya, bitrate adalah kumulasi informasi yang mempresentasikan jumlah data yang berhasil di proses atau dikirim dalam satu waktu.

Dan pengaturan bitrate yang tepat secara tidak langsung akan mempengaruhi kualitas dan ukuran file.

Hanya saja, settingan ini sering kali di lupakan banyak orang saat edit video di alat pengeditan pilihan, Adobe Prmiere Pro misalnya.

Bukan tanpa alasan karena mereka pengen cari aman alias membiarkan bitrate sesuai dengan preset yang ada.

Membiarkan nilai bitrate sesuai dengan preset mungkin cocok untuk video yang mau di post di Facebook Watch, Youtube atau mungkin TikTok.

Tapi, tidak untuk pekerjaan profesional dan freelance. Misalnya nih, anda buka jasa editing video footage komersial.

Dalam beberapa kasus, klien biasanya minta pratinjau video atau audio via email, dengan demikian, anda harus tahu atur bitratenya.

Dengan tujuan agar video tersebut bisa dikirim lewat email sebab aplikasi perpesanan tersebut hanya bisa digunakan untuk kirim dokumen dalam ukuran tertentu.

Disinilah pengetahuan soal bitrate itu penting. Karena itu, untuk anda yang sedang cari definisi bitrate video, fungsi bitrate video sampai standar bitrate video.

Termasuk juga ukuran bitrate video TikTok, ukuran bitrate untuk 4k, bitrate video Youtube dan bitrate video Full HD, simak artikel ini sampai habis.

Bitrate adalah: Apa pengertiannya?

Bitrate adalah banyaknya informasi yang berhasil dikirim per unit dalam satu waktu yang dinyatakan dalam bit per second.

Dengan demikian, kecepatan bit ini berdampak langsung pada kecepatan bingkai atau FPS video, resolusi sampai ukuran file.

Kadang kala, istilah ini digunakan secara bergantian dengan bit depth, megabytes dan megabits meski ada perbedaan teknis antar tiga istilah tersebut.

Dimana, sekalipun istilah diatas masuk menggunakan terminologi data yang sama tapi penggambarannya berbeda.

Baca Juga:

Intinya, dalam video dan audio, bitrate mengacu pada jumlah bit atau jumlah informasi yang diproses dalam satu detik.

Ini terlihat dari satuan bitrate yang digambarkan dengan angka numerik seperti bit/s. Dengan begitu, apabila nilai bitratenya 5.000 bit/s berarti ada 5.000 informasi yang diproses per detik.

Jadi, saat bicara soal bitrate maka secara tidak langsung akan bicara soal data. Sebagai contoh, di Youtube, pengaturan bitrate cukup ringkas dan diukur dalam Mbps.

Oh iya, Mbps ini berbeda dengan MBps ya. Soal perbedaan Mbps dan MBps bisa baca di postingan ini.

Bitrate muncul dari prinsip semua file digital yang ada dimana terbentuk dari kumpulan bit tunggal atau unit paling kecil dari sebuah data.

Bit-bit tunggal inilah yang ketika sudah terkumpul akan membentuk apa yang kita kenal sebagai video, gambar, audio, teks, internet dan lain sebagainya.

Dalam gambar, ia disebut dengan piksel atau elemen terkecil yang membentuk gambar bitmap. Idealnya, kalau gambar disebut bitmap maka video disebut bitrate.

BItrate video hanya terdiri daru dua nilai yakni 1 dan 0. Hanya saja, ia bisa disusun pada skala apapun.

Jika mau upload video tersebut ke Youtube, bisa lihat tabel ukuran kualitas video dan standar bitrate yang cocok di platform video on-demand tersebut dibawah ini:

Kualitas videoVideo bitrate dan Standar FPS 24, 25 dan 30Video Bitrate dan Frame Rate tertinggi [48, 50 dan 60]
2160p [4K]35-45 Mbps53-68 Mbps
1440p [2K]16 Mbps24 Mbps
1080p8 Mbps12 Mbps
720p5 Mbps7.5 Mbps
480p2,5 Mbps4 Mbps
360p1 Mbps1.5 Mbps

Data diatas secara tidak langsung akan mempresentasikan kualitas dan frame rate video yang mau di upload.

Artinya, dengan menggunakan tabel diatas, jika mau upload video 4K di Youtube, anda direkomendasikan untuk upload dengan FPS antara 35-45 dengan bitrate antara 53-68.

Angka-angka diatas bisa diubah untuk mengetahui nilai bitrate yang sebenarnya sehingga akan terlihat seperti dibawah:

35 Mbps
35.000 Kb/detik
35.000.000 bit

Dengan demikian, bitrate menentukan berapa banyak data yang bisa ditransfer per detik dan juga secara langsung mempengaruhi kualitas gambar dan audio pada video.

Artinya, semakin tinggi bitrate, semakin banyak data yang ditransfer maka semakin bagus video atau audionya.

Hanya saja, video dengan bitrate tinggi punya ukuran file yang besar dibanding video yang bitratenya rendah.

Karena itu, disesuaikan sama platform tempat dimana anda mau unggah video tersebut dan kecepatan rata-rata internet dimana audiens anda berasal.

Fungsi bitrate video

Fungsi bitrate video bergantung sama jenis video itu sendiri apakah akan diposting di youtube yang telah melalui banyak proses pengeditan.

Atau mungkin live streaming yang tanpa melewati proses pengeditan. Hanya saja, secara umum, ada tiga fungsi bitrate pada video, yakni:

  • Meningkatkan kualitas video dan streaming lebih bagus lagi
  • Meningkatkan kualitas audio dalam video langsung ataupun tidak langsung
  • Membentuk arus informasi data yang lebih tinggi atau lebih rendah sesuai keinginan

Dalam streaming, bitrate tetap mengacu pada jumlah bit yang berhasil dikirim atau di proses dalam satu waktu.

Kecepatan pengukurannya pun masih sama seperti video biasa yakni bit per detik. Hanya saja, levelnya menyertakan awalan.

Mulai dari kilo, mega, giga sampai tera. Satu kilobit per detik setara dengan 1000 bit per detik. Dengan demikian, satu megabit per detik sama dengan 1000 kbit per detik.

Ini mempresentasikan kalau bitrate video yang tinggi mengakomodasi kualitas gambar yang lebih bagus lagi dalam outputnya.

Contohnya, bitrate untuk video HD punya kisaran antara 5-20 Mbps per detik, jauh dari standar video kebanyakan yang hanya 1-6 mbps.

Sementara, video yang tersimpan di hp atau mungkin dibuat dari hp biasanya diukur dalam kilobit per detik atau kbps dengan mayoritas bitrate hanya 2 Mbps.

Standar Bitrate Video

Standar bitrate, dalam konteks ini, mengacu pada standar umum yang bisa diterapkan pada video yang di posting di berbagai platform video on-demand.

Agar jelas, berikut disajikan macam-macam standar bitrate video berdasarkan resolusi, kecepatan bit, kecepatan bingkai dan refresh rate.

Resolusi Kecepatan bit Kecepatan unggah Refresh rate
1080p 4500-6500 kbps 6,5-8+ Mbps 60 FPS 
720p 3500-5000 kbps 5,5-7 Mbps 60 FPS  
1080p 3500-5000 kbps 5,5-7+ Mbps 30 FPS  
720p 2500-4000 kbps 6 Mbps 30 FPS  
480p 1500-3000 kbps 3,5-5 Mbps 60 FPS  

Lantas, bagaimana jika video itu mau di posting di TikTok? Apakah harus atur bitratenya? Soal ini bisa disesuaikan sama kebutuhan.

Hanya saja, karena rasio aspek video tiktok vertikal dengan ukuran 9:16/1:1/16:9, maka anda boleh pakai preset standar dengan resolusi dibawah ini:

2160p: 2160×3840
1440p: 1440×2560
1080p: 1080×1920
720p: 720×1280
480p: 480×854
360p: 360×640
240p: 240×426


Mayoritas, video-video tiktok baik untuk kategori iklan atau video dari pengguna pakai yang kualitas 1080p atau 1080 x 1920.

Lantas, jika video tersebut di upload di Twitter atau Facebook gimana? Bisa kunjungi langsung best practice masing-masing platform.

Untuk Facebook, klik disini untuk melihat standar bitrate yang cocok. Untuk Twitter, langsung klik tautan ini sementara untuk Youtube sudah saya ulas pada tabel pertama diatas.

Namun, jika ingin lihat rincian lebih lengkap soal bitrate video untuk Youtube, termasuk untuk video HDR dan audio, langsung klik link ini.

Disisi lain, untuk anda yang buat streaming atau jadi streamer, bisa pakai ukuran bitrate yang ada dibawah, seperti:

KualitasResolusiBitrate bitrate
LOW480 X 270400kbps
Medium640 X 360800-1200 Kbps
High960 X 540/854 X 4801200-1500 Kbps
HD1280 x 7201500-4000 Kbps
HD10801920 x 10804000-8000 Kbps
4K3840 X 21608000-14000 Kbps

FYI, ukuran diatas mengacu pada bitrate yang direkomendasikan oleh Open Broadcasting Software atau OBS untuk pengguna yang pakai alat mereka.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, seperti:

1. Apakah bitrate dan resolusi itu sama?

Secara teknis tidak. Mengapa? Karena resolusi video mengacu pada jumlah piksel yang ditampilkan pada satu gambar.

Dengan kata lain, apabila jumlah pikselnya banyak, maka resolusi gambar makin tinggi dan ukuran filenya lebih besar.

Ulasan lebih lengkap soal perbedaan pixel atau piksel dengan resolusi sudah saya bahas di postingan sebelumnya. Untuk membacanya, klik disini.

Sementara, Bitrate video mengacu pada berapa banyak informasi yang berhasil dikirim atau diproses saat video itu di putar.

Makin tinggi informasinya, makin halus tampilan videonya. Istilah kerennya, video tidak ngeleg, tersendak-sendak dan lain sebagainya.

Karena itu, apabila video tersebut resolusinya tinggi namun bitrate videonya rendah, akan membuat video tersebut sangat tidak enak di tonton.

Begitu juga sebaliknya. Intinya, harus ada keseimbangan antara resolusi dan bitrate.

Dan inilah yang jadi alasan mengapa banyak Editor, Youtuber dan konten kreator tidak ingin atur bitrate video karena takut pengaturannya bakal membuat video terlihat tidak menarik.

2. Apa yang dimaksud dengan bitrate audio?

Sebenarnya, definisi bitrate video dan bitrate video itu sama. Alias, tidak ada perbedaan teknis antar keduanya.

Bedanya ada pada jenis informasi yang dikirim atau di proses. Kalau video kan harus memproses dua informasi dalam satu waktu yakni audio dan gambar visual.

Artinya, jika berbicara soal bitrate audio secara tidak langsung akan berbicara soal jumlah bit informasi dalam audio yang berhasil di transfer dalam satu waktu.

Biasanya, diatur dalam Kilobit per detik atau Kbps. Misalnya, jika download lagu dari iTunes, bitratenya dalam kisaran 256 kbps.

Berlaku juga dengan ukuran file. Jadi, semakin tinggi bitrate video makin besar ukuran filenya.

Ulasan lebih lengkap soal pengertian audio termasuk elemen dan contoh bisa baca artikel saya sebelumnya lewat link ini.

3. Apa perbedaan Bitrate Variabel dan Bitrate Konstan?

Bitrate variabel atau variable bitrate [VBR] adalah nilai bitrate pada satu file yang yang berubah-ubah. Kebalikan dari bitrate ini adalah bitrate konstan atau constant bitrate [CBR].

Perbedannya bergantung sama codec video yang digunakan. Hanya saja, bitrate konstan mengacu pada video yang ditranskode dengan bitrate yang konsisten ke semua video.

Contohnya nih, anda mau atur bitrate pada kisaran 3.000 bit/s, maka kecepatan ini akan tetap konsisten dengan kecepatan data di video-video berikutnya.

CBR memungkinkan anda mengetahui seberapa besar file video yang dibuat sehingga video bakal lebih cepat di kodekan tanpa mempengaruhi ukuran file secara drastis.

Disisi lain, VBR atau variable bitrate menyesuaikan sama bitrate yang diatur pengguna sebelumnya, baik itu naik atau turun, diseluruh video.

Penyesuaikan ini mengacu pada elemen-elemen dalam video, apakah diambil perangkat yang sama, ukuran fps sampai kualitas audio.

Penutup

Pengetahuan bitrate sangat penting karena bisa mempengaruhi persepsi anda atas video dan audio serta tahu bagaimana meningkakan kualitasnya.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini boleh sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang Bitrate adalah: Pengertian, Fungsi, Standar dan Cakupan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar