13+ Jenis Bisnis Fotografi: Prospek dan Cara Kerja

Memulai bisnis fotografi sendiri butuh keberanian selain skill dan peralatan penunjang untuk mendukung pekerjaan tersebut.

Artinya, kemampuan dan manajemen bisnis adalah poin penting yang perlu perhatian ekstra sebelum terjun ke bidang ini secara profesional.

Selain itu, penting juga untuk memulai bisnis dari spesialisasi tertentu, misalnya, untuk sementara, anda fokus ke fotografi pernikahan atau fotografi acara.

Nantinya, setelah bisnis itu berkembang, anda bisa geluti bisnis lain seperti cetak foto, cetak undangan atau genre fotografi lain, photo booth wisuda misalnya.

Begitu juga eksistensi bisnis yang barusan dibuka. Ini penting mengingat perilaku pelanggan yang terus berubah.

Jadi, wajib untuk buat portofolio online sekalipun jasa yang ditawarkan itu offline alias bisa dilihat langsung.

Dan jika bingung bisnis online fotografi mana yang cocok ditekuni, bisa lakukan brainstorming dulu untuk dapat jawaban yang tepat.

Mulai dari passion dan gaya fotografi mana paling disukai? Apakah anda hanya membuka bisnis tersebut sebagai hobi dan menjadikannya sebagai sumber pendapatan utama?

Atau ingin menjadi seorang fotografer profesional yang mempunyai studio sendiri serta memiliki beberapa karyawan.

Setelah memutuskan jenisnya langkah berikutnya adalah mengidentifikasi bisnis fotografi macam apa yang akan di geluti.

Jika bisnis tersebut berskala perusahaan, tentu saja bisnisnya tidak sebatas pada satu dua jenis saja, melainkan merangkap pada berbagai jenis fotografi.

Dan untuk anda yang sedang cari ide bisnis fotografi terbaik, jenis produk fotografi sampai dengan bisnis fotografi online, simak artikel ini sampai habis.

13+ Ide Bisnis Fotografi terbaik & Paling Populer

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 13+ ide bisnis fotografi terbaik. Apa saja itu? Pasti penasaran, kan? Ini artikelnya.

1. Fotografi makanan

fotografi makanan
via libbyshootsfood.com

Ada dua skill penting yang harus dimiliki dalam diri jika ingin mengeluti bisnis fotografi satu ini yakni: pengetahuan soal kuliner dan fotografi.

Jadi, gak harus punya kamera khusus agar dapat gambar yang bagus. Bisa pakai kamera HP saja dulu untuk belajar mengambar foto yang bagus dan menarik.

Kunci dari fotografi makanan atau food photography adalah membuat orang tertarik pada produk makanan yang ada di foto.

Dengan harapan, berkat foto tersebut, calon konsumen tertarik untuk mencoba makanan yang ada di foto.

Anda bisa memulai bisnis ini secara mandiri dengan cara mengambil foto makanan-makanan yang ada disekitar anda.

Buatlah foto semenarik mungkin. Setelah itu, anda bisa menjualnya di situs jual beli foto online atau mungkin bekerja sama dengan restoran hingga membuka studio food fotografi sendiri di rumah.

2. Fotografi produk

fotografi produk
via vertizonphoto.com

Seiring dengan meningkatnya akselerasi belanja di toko online maka fotografi produk atau product photography ikut bergairah.

Bisnis ini pada dasarnya fokus pada foto-foto untuk produk dari berbagai jenis mulai dari pakaian, ikat pinggang, parfum hingga mobil.

Beberapa perusahaan besar bahkan rela mengeluarkan kocek puluhan juta untuk menyewa jasa fotografer produk profesional.

Tujuannya apa? Untuk meningkatkan kesan produk, menambah daya tarik, meningkatkan branding dan pada akhirnya mendorong pembelian atau konversi.

3. Fotografi wisuda

fotografi wisuda
via unsplash.com

Saya beberapa kali melihat studio foto dadakan di sekitar kampus tempat saya kuliah yang tiba-tiba membludak saat ada wisuda.

Mereka ini bukanlah fotografer amatiran, tapi punya studio foto sendiri. Hanya saja mereka menawarkan jasa foto langsung jadi kepada wisudawan dan wisudawati.

Bisnis jenis ini, sekalipun musiman, tapi penghasilannya lumayan. Bayangkan saja, untuk foto ukuran foto 10R, anda harus membayar sekitar 600-700 ribu per satu foto.

Baca Juga:

Coba bayangkan jika yang di wisuda itu ada 3000 orang, dan ada 30 orang atau 1% yang menggunakan jasa tersebut, berapa penghasilannya?

Puluhan juta rupiah. Kalau anda hobby fotografi, coba manfaatkan momen-momen semacam ini untuk tambah-tambah penghasilan.

Meskipun termasuk ide bisnis fotografi musiman, tapi cukup menguntungkan. Apalagi jika ditempat anda tinggal ada banyak sekali kampus.

Agar menarik minat calon konsumen, harus lengkapi dengan perlengkapan yang memadai serta kamera dengan berbagai akesorisnya.

4. Fotografi event organizer

fotography even organizer
via cameronville.com

Event organizer photography merupakan sebuah momen langka yang biasanya mempertemukan banyak orang dan banyak lembaga.

Anda bisa bekerja sama dengan panitia pelaksana untuk menjadi fotografer sekaligus untuk membantu mereka dalam hal dokumentasi.

Hal ini juga bisa membantu mereka untuk melakukan laporan pertanggungjawaban nantinya, apalagi jika pengguna jasa anda adalah lembaga pemerintahan.

Biasanya, fotografi event organizer ini membutuhkan kamera dengan memori tanpa batas. Karena anda diharuskan mengambil foto apa saja yang dominan atau menarik saat event berlangsung.

5. Fotografi Family Gathering

family gathering
via paulipu.com

Family gathering biasanya dilakukan oleh perusahan-perusahaan untuk meningkatkan kerjasama dan suasanan kekeluargaan sebagai sesama karyawan.

Nah anda bisa memanfaatkan hal ini dengan mengajukan kerja sama kepada perusahaan tersebut untuk mengabadikan kegiatan tersebut.

Kerjanya sama seperti event organizer yang sudah saya bahas diatas. Selain anda bisa membangun relasi kepada perusahaan tersebut anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari situ.

6. Fotografi pernikahan

fotografi pernikahan
via adorama.com

Saat ini bisnis fotografi pernikahan atau wedding photography sebagian besar sudah digeluti oleh studio fotografi professional. Dengan dengan demikian, akan sulit untuk bisa bersaing dengan mereka.

Bisnis fotografi pernikahan tidak saja saat pernikahan itu dilangsungkan tetapi juga dimulai dari foto Praweding, pesta keluarga dan lain sebagainya.

Tapi anda tak perlu gusar, sebab bisa cari klien dulu dari orang-orang terdekat. Selain bisa mempererat hubungan kekeluargaan, anda bisa tingkatkan portofolio bisnis anda.

7. Fotografi purnawirawan

fotografi purna
via chrisrentonphotography.co.uk

Hari terakhir kerja sebelum pensiun adalah masa-masa krusial. Di momen ini, orang-orang biasanya akan terlihat emosional.

Membuka bisnis fotografi yang fokus pada hal diatas membutuhkan ketrampilan yang mumpuni. Karena disini anda diharuskan mengabadikan setiap momen dengan baik.

Selain itu, jasa bisnis ini masih sedikit di Indonesia. Nantinya juga, foto tersebut akan menjadi kenang-kenangan berharga bagi purnawirawan tersebut sebelum menghabiskan hari tua di rumah.

8. Fotografi bawah air

fotografi bawah air
via surfsimply.com

Jika suka kehidupan bawah air, maka anda bisa mengkhususkan diri pada fotografi bawah air. Objeknya tentu saja hewan-hewan dibawah air, yang menakjubkan dan menarik untuk dilihat.

Dan anda bisa memperoleh penghasilan dari sini, dengan menjualnya secara online. Sebab saat ini orang-orang membutuhkan perspektif [pandangan] baru dari setiap foto yang ingin mereka lihat.

9. Fotografi hewan

fotografi hewan
via outdoorphotographer.com

Memiliki hewan peliharaan yang lucu bisa menjadi kesenangan tersendiri bagi pemiliknya. Apalagi jika ada yang mampu mengabadikan foto bersama hewan peliharaan secara professional.

Jika anda mengkhususkan diri pada fotografi hewan, maka objeknya tidak saja terbatas pada hewan peliharaan yang umum seperti anjing dan kucing, tetapi juga pada hewan-hewan lain.

Bisnis ini sangat unik. Selain bisa memuaskan diri anda dari hasil jepretan anda, juga bisa mendatangkan uang untuk anda sendiri.

10. Fotografi alam bebas

fotografi alam bebas
via photographybyvarina.com

Fotografi jenis ini bertujuan untuk mengabadikan setiap momen yang ia alami. Ia tidak bekerja terhadap siapapun alias tidak punya majikan.

Anda lebih bebas milih objek atau subjek yang ia ingin foto. Dan kerennya lagi, ia bisa memperoleh penghasilan dari sana. Eh tapi tunggu, darimana ia memperoleh penghasilan? Tentu saja dengan menjualnya secara online.

11. Fotografer freelance

freelance fotografi
via 500px.com

Jenis pekerjaan ini membutuhkan ketekunan. Cara kerjanya seperti seorang wartawan, tapi hanya melaporkan dalam bentuk foto saja.

Saat ini fotografi freelance sangat diminati oleh banyak orang. Selain bisa menyalurkan hobi juga bisa mendatangkan uang.

Penghasilannya didapatkan dari media, koran atau majalah yang menerima kiriman foto atas kejadian yang baru saja terjadi.

12. Bisnis kreatif fotografi

photo booth
via groupon.com

Poin yang terakhir ini memang masih berhubungan sama kegiatan fotografi jadi tidak ada salahnya kalau saya tambahkan dalam daftar ide bisnis terbaik 2021.

Dengan kata lain, anda bisa menggeluti bisnis yang satu ini, sembari menekuni bisnis fotografi. Idealnya sih memang begitu.

Misalnya, anda menawarkan jasa fotografi prewedding, maka ada paket-paket jasa yang anda tawarkan seperti photobooth, wedding photografer dan lain sebaginya.

Pun, bisnis kreatif fotografi lain ini bisa dilakoni oleh anda tanpa perlu tahu menggunakan kamera atau membeli perlatan pendukung.

Artinya, anda bisa ambil bagian dalam konteks yang lain seperti bisnis desain undangan pernikahan atau acara, sewa dekorasi photobooth, lighting, full band, produk photobooth dan lain sebagainya.

13. Bisnis fotografi online

bisnis fotografi
via cossetmoi.com

Fokus dari bisnis satu ini adalah untuk di upload di situs microstock yang banyak tersedia di luar sana seperti Shutterstock, Getty Images, Freepik dan lain sebagainya.

Dengan demikian, anda tidak melayani klien langsung. Melainkan hanya mengambil foto terbaik buatan anda untuk kemudian di posting di situs tersebut.

Nantinya, apabila ada orang yang tertarik dengan foto tersebut, mereka bisa membelinya dan anda bisa dapat penghasilan dari situ.

Bahkan, anda juga bisa menjadikan tautan akun di situs tersebut untuk dijadikan portofolio apabila nantinya anda ingin membawa bisnis tersebut secara offline.

Prospek bisnis fotografi: Apakah menguntungkan?

Sebenarnya, setiap bisnis itu bergantung sama klien atau pelanggan. Kuncinya, makin banyak pelanggan makin sukseslah bisnis tersebut.

Hukum ekonomi sederhana ini berlaku juga dalam dunia fotografi. Dan dengan melihat kondisi sekarang ini, sudah pasti prospek bisnis fotografi tetap menguntungkan.

Apa alasannya? Ada banyak. Mulai dari permintaan dalam berbagai industri fotografi yang terus meluas dengan konsumen atau klien yang berbeda-beda.

Dulu, kalau mau dapat foto yang bagus, mungkin harus ke studio foto. Sekarang tidak lagi, anda bisa lihat portofolio bisnis tersebut dan memutuskan apakah menggunakan jasa tersebut atau tidak.

Anda juga bisa membawa bisnis tersebut lebih profesional mengingat pendirian PT perorangan sudah bisa dilakukan.

Tak perlu modal lebih, cukup siapkan Rp50.000 maka bisnis fotografi anda sudah berbentuk perseroan yang resmi terdaftar di Kemenkumham.

Aturan ini bisa dilihat dalam UU Cipta Kerja yang baru. Dan jika sudah berbentuk PT, anda bisa melebarkan bisnis tersebut ke skala yang lebih besar.

Artinya, prospek atau kemungkinan dan harapan terkait dengan bisnis fotografi masih sangat mentuntungkan untuk sekarang ini.

Dengan demikian, tanggungjawab anda bakal lebih besar. Artinya, anda dituntut untuk profesional saat menjalankan bisnis tersebut.

Penutup

Daftar diatas memang masih terbatas dan belum mengulas secara menyeluruh tentang cara kerjanya gimana, apa saja yang dibutuhkan dan perlengkapan pendukung lain.

Di kemudian waktu akan dibahas tentang hal tersebut. Yang paling penting anda bisa memulai bisnis fotografi anda sendiri secara spesifik.

Dan anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sana. Penghasilan dari hobi foto. Kira-kira begitu.

Demikian artikel tentang 13 ide bisnis fotografi terbaik termasuk prospek dan cara kerja. Semoga artikel ini bermanfaat. ***

Tinggalkan komentar