Belajar Fotografi HP Untuk Pemula: Tips, Trik dan Teknik Dasar

Belajar fotografi HP itu pada dasarnya sama seperti belajar genre fotografi pada umumnya. Jadi, fokusnya bukan pada peralatan yang digunakan tapi pada orangnya.

Percuma jika punya Google Pixel atau iPhone 13 Pro Max yang kualitas kameranya diatas rata-rata tapi kemampuan fotografi anda biasa saja.

Artinya, tidak perlu beli kamera mahal untuk dapat foto yang bagus. Dari HP pun bisa asalkan tahu cara dan tekniknya gimana.

Aturannya pun tetap berangkat dari dasar fotografi umumnya. Jadi tetap melibatkan angle kamera, komposisi, eksposur dan elemen fotografi lain.

Karena itu, untuk anda yang sedang cari cara ambil foto yang bagus pakai kamera HP, cara mengatur shutter speed di hp dan cara memfoto hujan dengan android.

Termasuk juga trik fotografi keren dengan kamera handphone, trik fotografi smartphone sampai cara mengambil foto yang bagus modal HP, simak artikel ini sampai habis.

Apa itu Fotografi HP?

9+ Tips dan Trik Fotografi Keren Pakai Kamera HP

Fotografi HP adalah aliran atau genre fotografi yang fokus untuk mengabadikan momen dan subjek foto pakai kamera ponsel.

Dan kamera ponsel jadi salah satu proyek paling kompetitif antar produsen HP. Artinya, pemanfaatan kamera ponsel jauh lebih kompleks dibanding 2-3 tahun sebelumnya.

Inilah yang jadi alasan mengapa iPhone 13 Pro Max dilengkapi 3 kamera dan Google Pixel dengan triple cameranya yang dirancang untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Setiap kamera diatas dibuat semata dibuat untuk mengakomodasi aktivitas fotografi penggunanya, langsung ataupun tidak langsung.

Mengapa perlu di akomodasi? Karena mobilitas masyarakat dengan HP sangat tinggi terlebih di era pendemi sekarang ini.

Dengan demikian, kamera yang HPnya bagus bisa berkontribusi pada kualitas konten yang dihasilkan pemiliknya.

Terlebih mereka yang menggunakan HP untuk menghasilkan uang. Seperti kontributor microstock modal HP, Youtuber HP, streamer yang webcamnya pakai kamera HP dan seterusnya.

Berkat kamera ini pula, rasa-rasanya tak lengkap jika saat berkunjung ke satu tempat, lokasi wisata misalnya, tapi tanpa dokumentasi.

Sayangnya, tidak semua foto yang dihasilkan pakai kamera HP itu bagus. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya.

Sebagai benda atau alat, kamera tersebut hanya perlu di optimalkan lagi. Dititik inilah pentingnya untuk belajar teknik dasar fotografi HP.

Tujuannya agar hasil foto jauh lebih bagus. Cahaya dalam foto seimbang, begitu juga dengan komposisi. Pada akhirnya, foto yang dibuat dari HP itu kualitasnya tak kalah dengan kamera DSLR.

Tips Fotografi HP agar hasilnya bagus

9+ Tips dan Trik Fotografi Keren Pakai Kamera HP

Tiap kamera ponsel punya dirancang untuk fokus pada satu atau dua lebih kemampuan dasar. Artinya, sebagai Hpgrafer, anda tinggal optimalkan fitur tersebut.

Dan ada beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengoptimalkan kamera ponsel, diantaranya:

1. Tahu batasan kemampuan kamera HP

Pertama, harus tahu batasan dan kemampuan kamera sampai dimana. Ini penting karena ada kamera yang tak bisa ambil foto low exposure karena jumlah cahaya yang ditangkap terbatas.

Untuk mengetahui batasannya, paling pertama yang harus diketahui adalah jumlah piksel dari kamera tersebut.

Misalnya, Google Pixel 6 Pro yang dilengkapi dengan kamera 50 Megapixel, bukaan f/1.85, lensa tele 48 megapixel (f/3.5) serta lensa ultra-wide 12 megapixel (f/2.2).

Berkat fitur-fitur diatas, Google Pixel tentu lebih unggul dibanding kamera lain dalam sesi pemotretan Low Light.

2. Pahami pengaturan dasar kamera

Kedua berkaitan dengan settingan default kamera yang ada di HP. Pahami dan manfaatkan setiap settingan yang tersedia.

Jangan takut otak-atik karena setiap fitur tersebut menghasilkan efek yang berbeda-beda. Misalnya, jika pakai Mi Note 9 Pro, tersedia fitur AI.

Termasuk juga pengaturan kamera Pro dengan WB, F, S, ISO, EV dan Lens yang bisa diatur sesuai keinginan.

Opsi fotonya juga banyak. Dimana tersedia mode malam hari, pengaturan megapixel kamera, panorama, motion dan lain sebagainya.

3. Pelajari teknik dasar fotografi

Jika dua poin sebelumnya fokus pada pengaturan internal kamera maka yang ketiga ini mengacu pada kemampuan yang anda miliki.

Penting untuk mempelajari teknik-teknik dasar fotografi, termasuk juga eksposur kamera, pencahayaan, angle dan lain sebagainya.

Dari sini anda bisa tahu mengapa fitur zoom di kamera HP terlihat berbeda saat kamera di dekatkan ke subjek. Serta bisa tahu dampak jika pakai blitz saat ambil foto pakai HP di malam hari.

Teknik dasar fotografi HP untuk pemula

Ada beberapa teknik dasar fotografi HP yang bisa anda coba. Apa saja itu? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Manfaatkan cahaya alami

9+ Tips dan Trik Fotografi Keren Pakai Kamera HP
via lg.com

Cahaya adalah produk utama dari foto karena lensa kamera bergantung sepenuhnya pada cahaya. Tanpa cahaya, lensa tidak akan bekerja dengan baik.

Dengan demikian, memanfaatkan cahaya sebaik mungkin memungkinkan anda dapat hasil foto yang bagus.

Hanya saja, jika aktivitas fotografi dilakukan pakai kamera HP, sebisa mungkin untuk pakai cahaya alami dan bukan cahaya buatan.

Lantas, bagaimana cara memanfaatkan cahaya alami? Ada banyak cara. Salah satunya dengan menghindari penggunaan lampu kilat atau blitz.

Memang sih, paparan blitz atau flash bisa membuat cahaya disekitar subjek foto terlihat merata meski hasil fotonya akan sedikit buram.

Jika tempat ambil foto berada di luar ruangan atau outdoor, coba ambil foto dari dekat jendela atau di kamar yang terang.

Jika ambil foto malam hari, alangkah baiknya pakai sumber cahaya sekitar, seperti lampu jalan dan jendela toko.

Intinya, hindari penggunaan lampu blitz terlebih jika subjeknya manusia. Karena bisa membuat mata subjek terlihat kemerahan akibat pantulan cahaya dari blitz itu sendiri.

2. Jangan ekspos gambar berlebihan

9+ Tips dan Trik Fotografi Keren Pakai Kamera HP
via adobe.com

Memang sih, kecerahan foto bisa diatur pakai aplikasi pengeditan macam photoshop. Tapi, memperbaiki foto yang kelebihan cahaya sangat sulit.

Terlebih untuk kasus mata memerah dalam foto karena pantulan blitz kamera. Karena itu, hindari paparan cahaya berlebihan.

Caranya gimana? Ada banyak cara. Salah satunya dengan menyesuaikan cahaya yang muncul di layar ponsel.

Bisa juga dengan mengetuk pada area dimana cahaya terlihat lebih terang sebelum ambil foto. Tujuannya agar kamera fokus ke subjek dan bukan pada cahaya.

Rata-rata kamera saat ini sudah dukung fitur ini. Kecuali jika pakai HP model lama, yang pengaturan fokus belum tersedia.

3. Perhatikan timing

9+ Tips dan Trik Fotografi Keren Pakai Kamera HP
via unsplash.com

Timing bisa mengacu pada waktu yang tepat untuk ambil foto atau pada jam dimana mayoritas foto yang diambil terlihat lebih menarik.

Untuk poin kedua ini lebih populer disebut Golden hours atau waktu emas saat matahari mulai terbenam di cakrawala.

Entah kenapa, golden hours ini secara alamiah membuat foto terlihat lebih menarik. Dan tanpa sadar, ini adalah filter alami sebuah foto.

Efek yang dihasilkan tentu saja berbeda saat ambil foto saat matahari sedang terik-teriknya. Karena paparan cahayanya lebih panjang.

Kecuali jika ada awan yang bisa mencegah paparan cahaya berlebihan. Artinya, sulit untuk dapat gambar yang bagus di saat ambil foto di bawah sinar matahari langsung.

Kecuali, jika timingnya tepat. Untuk dapat timing yang tepat, perhatikan cuaca dan suasana sekitar.

4. Terapkan aturan pertiga

9+ Tips dan Trik Fotografi Keren Pakai Kamera HP
via artifactuprising.com

Udah pernah dengar ini belum? Jika belum, biar saya jelaskan sedikit. Aturan pertiga mengacu pada komposisi sembilan kotak didalam frame foto.

Komposisi ini mengacu pada susunan foto yang terdiri dari bentuk, tekstur, warna dan elemen lain yang berkontribusi secara langsung pada foto.

Aturan pertiga sebenarnya adalah sebuah prinsip komposisi paling terkenal dan merujuk pada metode sederhana untuk menyeimbangkan foto.

Baca Juga:

Ini membagi gambar menjadi kisi 3×3 dan menyelaraskan subjek atau objek foto di sepanjang garis kisi untuk membentuk keseimbangan.

Selain itu, ada efek berbeda yang dihasilkan saat terapkan aturan ini yakni asimetri seimbang. Dimana subjek berada di luar pusat foto tapi diimbangi oleh objek lain.

Terapkan aturan ini saat ambil foto. Beberapa ponsel sudah sediakan fitur untuk menghadirkan fitur kisi-kisi macam ini di settingan.

Jadi manfaatkan dengan baik fitur ini untuk selaraskan foto. Dengan tujuan, agar hasil foto terlihat lebih menarik.

5. Pilih angle kamera yang tepat

9+ Tips dan Trik Fotografi Keren Pakai Kamera HP
via theschoolofphotography.com

Salah satu elemen penting dalam fotografi yang juga harus diperhatikan saat ambil foto adalah angle kamera.

Sadar atau tidak, angle kamera ini mempengaruhi hasil foto. Bahkan, tanpa sadar sudah dilakukan oleh anda.

Misalnya, saat pegang kamera setinggi mata untuk ambil foto, maka secara tidak langsung anda sudah pilih high-angle.

Atau mungkin, ambil foto dimana posisi HP setara mata subjek. Maka, sudut ini disebut normal angle atau straight angle.

Setiap angle yang dipilih akan menghasilkan perspektif yang berbeda-beda apakah itu objektif, subjektif atau point of view.

Agar hasil foto lebih bagus, coba eksperimen. Pilih angle kamera yang tepat sebelum ambil foto.

Belum tahu apa itu angle kamera? Atau mungkin jenis dan contoh angle? Jika iya, baca ulasan saya sebelumnya soal angle disini.

6. Bingkai subjek secara visual

9+ Tips dan Trik Fotografi Keren Pakai Kamera HP
via lazone.id

Salah satu cara untuk membingkai subjek adalah dengan menciptakan ruang disekitar titik fokus dari subjek atau objek foto yang diambil.

Hanya saja, proses ini agak sedikit lebih ribet. Karena cenderung teknis dimana daya tarik visual ditambahkan secara tak terduga.

Misalnya, anda foto bulan, dan tanpa diduga, yang muncul di foto adalah bulan sabit. Kondisi inilah yang disebut pembingkaian subjek secara visual.

Dan ini lebih sering didapatkan saat pakai kamera HP. Mengapa? Karena fitur pembingkaian pada kamera ponsel hanya dua yakni zoom-in dan zoom-out.

Dua-duanya memungkinkan anda mengecilkan atau memperbesar bidang dan pandangan atas objek yang foto.

Karena itu, penting untuk terus bereksperimen. Manfaatkan titik fokus untuk menghindari pembingkaian subjek yang salah.

7. Asah terus kreativitas

9+ Tips dan Trik Fotografi Keren Pakai Kamera HP
via maxleitner.com

Soal ini sudah disebutkan berkali-kali. Dan mengasah kreativitas itu butuh waktu yang lumayan lama. Jadi, ada proses yang harus dilalui.

Jadi, harus punya tekat dan tahu apa yang akan dicapai. Meski demikian, semuanya kembali ke tujuan awal mengapa foto itu di ambil.

Apakah untuk di posting di media sosial seperti Instagram, Facebook atau Twitter maka kreativitas adalah poin pertama yang harus diasah.

Hanya saja, tugas anda lebih berat. Karena selain asah kreativitas, anda juga harus tahu tren fotografi apa yang sedang hype saat ini.

Tujuannya agar foto yang dibuat tidak terkesan klise dan alakadarnya. Harus ada nilai lebih, yang mendorong minat audiens untuk melihatnya.

Disisi lain, apabila tujuan ambil foto untuk di posting di situs Microstock, Shutterstock misalnya, selain kreativitas, pertimbangkan untuk fokus pada satu genre fotografi.

Penutup

Untuk dapat foto yang bagus dan menarik tidaklah mudah. Butuh kreativitas, kemampuan dan waktu yang tak sedikit.

Terlebih untuk anda yang hanya bermodalkan HP saja. Tapi bukan berarti anda tidak bisa dapat foto yang bagus.

Bisa, sepanjang anda tahu cara dan tekniknya gimana. Ini basic sekali sebelum eksplor dunia fotografi HP lebih jauh lagi.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi atas postingan ini boleh sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang belajar fotografi HP untuk pemula. Termasuk tips, trik dan cara. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. **

Tinggalkan komentar