Susahnya Memilih Topik Blog [Curhat]

8 Likes Comment
topik blog

Seperti juga postingan pertama yang saya buat di blog ini yang isinya unek-unek tentang topik blog. Ini juga menjadi postingan curhat kedua yang saya buat. Karena memang, sampai sekarang saya masih kesulitan memilih niche yang bakalan saya angkat di blog ini.

Anda mungkin sudah melihat beberapa artikel di blog ini yang orientasinya ke dunia fotografi. Tapi jujur, sulit sekali mengangkat niche tersebut.

Alasannya sangat sederhana, selain karena saya kesulitan membuat artikel juga ide yang saya dapatkan setengah-setengah alias tidak utuh.

Sekali lagi saya katakan, memilih niche blog itu sulit. Sesulit seperti memilih pasangan hidup [maklulah masih menjomblo hihi].

Cerita saya…

Kalau anda membaca postingan pertama saya di bungkul.com mungkin anda mengetahui alasan-alasan khusus mengapa saya kebingungan memilih niche.

Mengurusi blog yang banyak itu susah, selain harus bisa update minimal seminggu sekali saya juga dituntut untuk bisa mobile.

Maksudnya apa? Maksudnya adalah saya dituntut untuk bisa tetap pada jalur pembuatan artikel sekaligus dituntut untuk terus memeriksa kesehatan situs web.

Memang tidak mudah untuk mengelola banyak blog. Saya sarankan kepada anda, terlebih bagi anda yang baru saja terjun ke dunia blogging, jangan terlalu semangat membuat blog apalagi secara  beringas membuat banyak blog sekaligus.

Anda bakalah kecewa sendiri. Kecewa terhadap hasilnya, malas untuk update dan yang paling mengerikan adalah anda malas untuk menulis.

Baca Juga : Satu Orang Mampu Mengelola Berapa Blog?

Selain itu, jika anda tidak serius, blog anda tidak akan pernah di monetisasi. Percuma juga kalau sudah di monetisasi tapi trafficnya hanya 1-2 orang per hari.

Kalau anda menggunakan blog seperti blogger/blogspot tentu tidak terlalu rugi. Tapi kalau anda sudah menggunakan WordPress, rugi sekali.

Selain anda harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk membeli hosting dan domain, juga anda harus bisa menjaga kesehatan situs web anda tersebut. Jadi disini anda akan dua hal yakni rugi waktu dan biaya atau materi.

Ini belum lagi masalah-masalah lain, terlebih jika yang host itu dari penyedia layanan yang sering down. Tentu saja bisa membuat semangat ngeblog juga down perlahan-lahan

Ini seperti yang saya alami

Akhir-akhir ini saya sering ogah dan malas menulis artikel. Bahaya memang. Artikel di blog ini terakhir di update juga sekitar 2 minggu yang lalu.

Padahal target awalnya adalah saya harus memposting artikel minal seminggu sekali dan maksimal sehari sekali.

Dan target ini tidak tercapai. Salah satu alasannya adalah, yang mungkin anda sudah tahu, bahwa saya kesulitan memilih niche.

Baca Juga : 8 Hal Yang Harus Segera di Atasi Jika Ingin Menjadi Blogger Yang Sukses

Tapi pada akhirnya saya harus memutuskan. Memilih niche memang sulit dan anda harus berhenti pada niche yang anda sukai.

Dan akhirnya saya jatuh pada niche tentang dunia fotografi. Beberapa artikel tentang fotografi juga sudah nongol diartikel saya ini.

Dan kepusan ini, meski tidak terlalu tepat, tapi saya cukup bangga. Karean saya pada akhirnya berhasil menentukan niche blog yang bakal saya angkat.

Tentang niche fotografi

Ide niche ini sebenarnya saya dapatkan saat beberapa saya dan beberapa kawan sedang touring menggunakan motor.

Salah seorang kawan yang membawa kamera lalu bertanya tentang cara memilih angle yang tepat untuk foto-foto close-up.

Memang ide bisa datang kapan saja dan dimana saja. Akhirnya, setelah pulang dari touring saya kemudian memutuskan untuk mengambil niche ini.

Meski saya tidak punya kemampuan yang mumpuni seputar dunia fotografi, tetapi yang penting saya punya semangat menulis maka akan kelihatan hasilnya.

Yang sebenarnya bukanlah niche tetapi bagaimana saya memutuskan topik yang bakalan diangkat di blog ini.

Konklusi

Tidak ada yang sulit di dunia ini, yang ada hanyalah bagaimana anda memandangnya. Kira-kira begitu kata pameo lama.

Memilih topik blog juga tidak sulit yang ada hanyalah bagaimana anda mendapatkan ide tentang topik yang bakalan anda angkat dan keberanian anda untuk memulainya.

Kira-kira begitu. Kalau anda tidak setuju dengan saya silahkan tinggalkan di kolom komentar. Wassalam…

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *