10 Teknik Mengambil Foto Yang Keren Untuk Instagram

5 Likes Comment
teknik mengambil foto

10 Teknik Mengambil Foto Yang Keren Untuk Instagram – Sebagai salah satu media sosial berbagi foto, Instagram setiap hari terus memproduksi foto-foto terbaik yang diposting penggunannya. Baik itu foto yang di kondens dengan baik, menarik dan padat atau yang terlihat buram, terus menghiasi Instagram.

Dan mungkin banyak dari anda yang ingin agar foto di Instagramnya tampil beda dan menarik. Bahkan rela mengeluarkan duit banyak untuk membeli kamera demi obsesi ini.

Hal yang sebenarnya tidak diperlukan. Yang penting anda punya kamera [kamera ponsel] sudah lebih dari cukup. Dalam artikel kali ini saya ingin memberikan tips tentang teknik mengambil foto agar foto tampil beda di Instagram. Bagaimana caranya? Baca terus artikel ini sampai habis.
Cara membuat foto yang unik dan menarik

Sebelumnya, saya sudah membahas tentang dasar-dasar fotografi. Dasar inilah yang kemudian menginspirasi saya untuk membuat artikel ini. Jika anda belum sempat membacanya, saya sarankan agar anda membacanya terlebih dahulu. Sebab, cukup sulit memuat foto yang terlihat beda jika anda tidak paham tentang prinsip-prinsipnya.

Jika sudah membacanya, maka dalam pembahasan ini kita akan lebih fokus pada subjek yang bakalan di foto. Tanpa anda sadari, ada subjek dan tema tertentu yang terlihat lebih menarik dan keren di Instagram karena menawarkan daya tarik visual yang luas.

Nah berikut disajikan 10 teknik mengambil foto yang keren untuk instagram. Berikut langkah-langkahnya.

1. Libatkan simetri

View this post on Instagram

ooooooh, shiiiiiiiiny. ✨

A post shared by LIZ (@really_really_lizzy) on

Simetri bisa membuat mata lebih tenang dan nyaman. Apakah simetri itu muncul di alam [misalnya wajah Malaikat atau Thor] atau dunia buatan manusia [Dotel Royal Hawaian].

Baca Juga : 11 Ide Bisnis Fotografi Terbaik Saat Ini

Yang penting, itu bernetuk simetri sehingga bisa meningkatkan kedalaman subjek dan membuat foto tampil lebih menarik di instagram.

Anda juga bisa membuat simetri sendiri berupa imajinasi anda untuk menambah kedalaman foto. Misalnya, dalam foto diatas, jembatan terlihat simetri vertikal sementara pohon dan sinar matahari memecahnya. Keren kan?

2. Mainkan pola

via blog.hootsuite.com

Tanpa anda sadari, otak kita sebenarnya sangat menyukai pola. Beberapa akun Instagram berhasil memperoleh banyak follower hanya karena mampu mendokumentasikan pola-pola Indah, seperti I Have this thing with Floors pada gambar diatas.

Baca Juga : Cara Mengatur Komposisi Foto Yang Baik Dan Benar

Kecintaan manusia terhadap pola bersifat universal karena menjelaskan daya tarik visual. Untuk menciptakan gambar yang serupa, coba lihat di sekeliling anda dan carilah inspirasi. Entah itu bangunan, desain, alam, atau awan yang berbentuk pola tertentu meskipun itu hanya imajainasi anda.

3. Warna cerah

Saat ini, minimalisme dan netralitas sudah menjadi tren bukan saja dalam dunia fotografi tetapi juga dalam dunia dekorasi, arsitektur dan juga model rumah.

Namun terkadang, beberapa mata tertentu hanya menyukai pop of color. Dan kabar baiknya, sebagian besar dari kita menyukai warna cerah yang kaya kaya.

Baca Juga : Cara Memilih Angle Yang Tepat Untuk Foto

Warna-warna itu mempu membuat seseorang terlihat lebih bahagia dan seolah ada energi yang didapatkan setelah melihat warna tersebut.

Dan ketika itu dibentuk menjadi sebuah foto dan di posting di Instagram akan memberi yang luar biasa besar yang didapatkan hanya dari layar ponsel.

4. Humor

Ada sebuah pameo dari para milaneal, jika anda ingin terlihat depresi tentang keadaan dunia, kunjungi twitter. Sebaliknya, Instagram menjadi tempat yang membahagiakan, yang berarti humor hidup disini. Terutama ketika itu ditampilkan secara visual dalam foto.

Baca Juga : Cara Agar Bisa Menang Lomba Fotografi

Anda bisa membuat foto lucu [bisa juga dengan gambar vector] yang di susun dan di edit dengan sempurna. Foto lucu adalah penawar stress segar bagi followers anda, yang menunjukan bahwa tidak menganggap semua hal dengan serius.

5. Candid

View this post on Instagram

. J o f f r e L a k e s .

A post shared by Daichi Sawada (@daiicii) on

Membuat sebuah subjek tenang meski sedang berjalan itu sangat sulit, namun jika anda berhasil menangkap sebuah momen tertentu dalam gerakan itu maka hasilnya akan mengesankan.

Beberapa waktu lalu, aksi yang mengasikan ini pernah jadi salah satu tren fotografi di Instagram. Bahkan mampu mengubah sebuah subjek tampak lebih indah. Tren ini kemudian disebut Candid.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Fotografi Sendiri di Rumah

Misalnya, candid yang terlihat sedikit kabur malah menambahkan sentuhan artistik nan melamun dari gambar diatas. Nilai inilah yang tidak di miliki oleh akun lain dan ini membuat foto anda tampil beda di Instagram.

Saya sarankan agar anda menggunakan mode burst [dengan menahan tombol kamera anda] untuk mengambil gambar 10 foto per detik agar bisa menghasilkan foto candid.

6. Tembakan detail

View this post on Instagram

Summer in Vancouver is the absolute worst 👎🏼

A post shared by nicole wong 〰 (@tokyo_to) on

Fokus pada objek yang tajam [dominan] mampu menarik perhatian orang-orang, terutama dalam sebuah foto. Ini akan membuat foto tersebut terlihat dinamis namun sibuk.

Ini seperti candid, tapi lebih keren. Foto macam ini mampu menawarkan rasa hening dan tenang tiada duanya.

Untuk menambah kesan, anda boleh menggunakan alat pengeditan Instagram seperti Sketsa [yang mamu meredupkan tepi foto] atau melakukan perubahan ubin [yang menciptakan kabur lembut disekitar titik fokus].

Baca Juga : 5 Situs Tempat Penjualan Foto Terbaik Saat Ini

Dua langkah ini dapat meningkatkan detail foto yang anda hasilkan. Anda boleh menambahkannya boleh juga tidak.

Saya sarankan agar anda mengambil foto dari jarak dekat untuk menjaga kualitasnya. Memotret dari jauh hanya akan membuat anda memotong gambar [dan pada akhirnya menurunkan resolusinya] sehingga menghasilkan foto yang buram dan tidak jelas.

Untuk itu, pastikan anda mengunggah gambar yang berukuran baik di Instagram sehingga hasilnya jauh lebih menarik.

7. Background yang menawan

View this post on Instagram

summah living

A post shared by ALICE GAO (@alice_gao) on

Ini sebenarnya sebuah teknik lama, klasik dan sederhana tetapi selalu berhasil menarik perhatian banyak orang. Manfaatkan latar belakang yang ada disekitar anda untuk membuat foto yang lebih menarik.

Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang ingin mengambil foto selfie di kamar mandi restoran dengan wallpaper unik.

Baca Juga : 5 Hobi Yang Dapat Menjadi Bisnis Menguntungkan

Orang-orang juga membuat dinding foto [background] yang bagus karena suatu alasan tertentu.

Semakin kreatif latar belakang foto, semakin bagus kelihatannya. Seperti pada contoh diatas, latar belakang yang menarik dan cantik dapat menjadi pelengkap yang sempurna untuk postingan foto di instagram.

8. Libatkan hewan

Beberapa hal dalam dunia fotografi memang benar. Cahaya terkadang menguap dan menular. Karena cahaya merupakan partikel dan juga gelombang. Dan foto Instagram lebh baik jika anda hewan lucu didalamnya.

Ini adalah trik paling mudah namun selalu berhasil menarik perhatian orang. Anda bisa melibatkan hewan peliharaan di rumah seperti kucing. Singkatnya, melibatkan hewan dapat meningkatkan estetika foto. Jangan lupa tambahkan detail didalamnya.

9. Makanan

Rahasia foto makanan yang unik dan menarik ada dimana? Bidikan. Ya bidikan dari atas. Untuk itu, manfaatkan lingkungan fotogenik dan gunakan pencahayaan alami.

Yang terakhir yang sangat penting, karena orang-orang yang sedang makan di sebelah anda kaget dengan lampu flash kamera maka sebaiknya matikan saja.

Hal ini juga bertujuan untuk menciptakan efek alami dari foto yang anda ambil sekaligus untuk menghindari cahaya berlebihan.

10. Orang-orang

Penelitian menunjukan bahwa orang suka melihat wajah-wajah di Instagram. Bahkan, foto dengan gambar orang mendapat suka hingga 38% daripada foto tanpa wajah.

Untuk mengambil potret yang menakjubkan, ikuti prinsip-prinsi diatas, gunakan cahaya alami, pilih latar belakang yang menarik, jelajahi sudut yang berbeda untuk mendapatkan gambar yang menarik.

Beberapa ponsel menyertakan mode potret yang akan mengoptimalakan pencahayaan dan fokus. Manfaatkan hal ini untuk mendapatkan foto yang luar biasa.

12. Sentuhan akhir

Ada dua sentuhan akhir yang akan kita bahas disini, yakni tentang caption dan juga hastag.

a. Caption

Meskipun foto anda menarik, tapi kalau tanpa caption rasanya seperti makanan tanpa garam. Untuk itu, sesuaikan detail gambar anda dengan caption yang menarik dan mampu menggerakan orang-orang untuk menanggapi foto anda.

Tambahkan sedikit detail gambar [seperti lokasi atau tempat wisata] didalam caption agar orang-orang mengetahui lokasi foto.

b. Hastag

Hastag berfungsi untuk memberikan kategori dari foto anda di Instagram. Anda bisa menambahkan hastag yang lagi tren di Instagram.

Tapi usahakan jangan berlebihan karena akan mengurangi estetika dari foto sehingga hastag tidak terlihat lebih dominan daripada gambar.

Konklusi

Membuat foto yang unik dan menarik adalah salah satu tuntutan bagi pengguna Instagram. Selain karena bisa memajang foto juga bisa membuat orang-orang menjadi followers anda.

Nah demikian artikel tentang 10 teknik mengambil foto yang keren untuk instagram. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *