6 Teknik Dasar Fotografi Yang Harus Anda Ketahui

6 Likes Comment
teknik dasar fotografi

Ada beberapa teknik dasar fotografi yang umum digunakan oleh fotografer pemula dengan tujuan agar foto yang dihasilkan terlihat lebih menarik dan unik.

Memiliki hobi fotografi mempunyai keuntungan tersendiri. Selain bisa mendatangkan uang juga memungkinkan fotografer untuk menyalurkan bakat dan minat dibidang fotografi.

Tapi terkadang, meskipun kita hobi foto, foto yang dihasilkan terkesan asal-asalan. Sehingga gambar yang dihasilkan tidak begitu bagus, buram dan terkadang kontras.

Nah untuk membantu para fotografer pemula, sebenarnya ada beberapa teknik dasar yang mungkin bisa diterapkan agar hasil foto terlihat menarik.

Teknik dasar ini sering digunakan untuk melakukan semua jenis genre fotografi baik. Selain itu, penerapannya juga tidak terbatas pada satu subjek saja.

Anda juga bisa menggunakan teknik ini untuk fotografi makro ataupun mikro yang sedang dilakukan. Yang dibutuhkan hanyalah kemampuan untuk mengolah kreativitas anda sendiri.

6 Teknik Dasar Fotografi Yang Harus Anda Ketahui

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan artikel tenang 5 tekni dasar fotografi yang umum digunakan. Teknik apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Teknik pembingkaian alami

tehnik pembingkaian alami
via digital-photo-secrets.com

Teknik ini menekankan pada bingkai alami [buatan manusia]. Bingkai alami bisa digunakan untuk menjadi objek dalam foto, bisa juga ditempatkan objek lain didalamnya.

Teknik ini menekankan pada pembingkaian subjek dengan cara menambah kedalam gambar yang diambil. Rangka tidak saja menutupi setiap sisi gambar, dan seringkali satu atau dua sisi sangat efektif.

Contohnya: Foto terowongan atau gapura, di belakang pohon, di bawah jembatan, di antara dua gedung dan tebing dan lain sebagainya.

2. Teknik simetri dan pola

teknik simetri dan pola
via fstoppers.com

Teknik ini menekankan pada titik fokus mata dan pikiran fotografer. Sehingga hasil fotonya terlihat lebih kontras dengan titik fokus yang paling menonjol [bisa berupa warna, objek dan juga subjek].

Baca Juga : Inilah 7 Tempat Paling Kotor Yang Ada di Pesawat

Pola ritmis ini secara visual sangat menarik perhatian orang lain. Jika anda ingin mengambil gambar simetri macam ini, coba cari bentuk dan warna yang seimbang, berulang dan terdefinisi dengan baik di sekitar anda.

3. Aturan per tiga

rule of thirds
via paulipu.com

Rule of Thirds atau aturan pertiga merupakan salah satu teknik dasar dalam dunia fotografi yang umum dilakukan. Ini adalah salah satu teknik termudah dan paling menarik untuk dilakukan.

Untuk menggunakan teknik Rule of Thirds ini, coba tempatkan subjek atau cakrawala di sepanjang garis imajiner yang ada dalam pikiran anda sehingga gambar terlihat lebih dinamis dan menarik.

Baca Juga : Estimasi Biaya Untuk Membuat Studio Fotografi Sendiri di Rumah

Anda bisa melakukan percobaan dengan cara memotong gambar dalam berbagai cara untuk memaksimalkan efektivitas teknik ini sekaligus untuk memperoleh keseimbangan pada kamera.

Ingatlah untuk tidak memotong gambar terlalu banyak. Gunakan garis-garis sebagai pedoman daripada memaksa cahaya agar terlihat sempurna. Perhatikan juga komposisi off-center agar gerakan dalam gambar lebih diam.

4. Teknik elemen kontras

elemen kontras fotografi
via mrboling.com

Teknik elemen kontras ini menekankan pada elemen fisik yang warnanya kontras baik itu cahaya, bayangan, blur dan lain sebagainya.

Perspektif ini cocok untuk mengambil foto pada sudut pandang [angle] artistik antara dua atau lebih elemen. Contoh objek : Pasir dan air, batu dan pohon, dedaunan dan langit, api dan es dan lain sebagainya.

5. Teknik leading lines [leading lines technique]

leading lines
via erickimphotography.com

Teknik ini menekankan pada garis utama untuk memberikan kesan mengalir pada foto yang dihasilkan. Selain itu, pada dasarnya teknik ini secara tidak sadar akan mengarahkan perhatian pemirsa ke area tertentu didalam foto.

Contoh objek dari teknik ini adalah: Jalan, jalur, pagar, garis pantai, pohon, struktur, sungai, sinar matahari dan sebagainya yang menekankan pada garis dan cenderung dominan untuk diperhatikan.

Untuk menerapkan teknik ini, jangan lupa tingkatkan jalur visual dengan cahaya, bayangan, kontras dan juga warnanya.

6. Sudut pandang [angle]

angle photography
via roundhaywebdesign.co.uk

Disini menekankan pada kemampuan anda sendiri dalam mengolah dan membuat foto. Untuk itu, pilih sudut pandang yang paling mendukung subjek anda.

Jangan lupa luangkan waktu anda untuk melihat-lihat dan menggerakkan kamera beberapa kaki/inci ke kiri atau ke kanan, bisa juga dibawah, maju, mundur untuk menemukan angle yang cocok.

Penutup

Teknik dasar fotografi diatas merupakan teknik yang paling sederhana untuk dilakukan. Selain itu, teknik ini juga pernah dilakukan atau diterapkan oleh sebagian besar fotografer profesional.

Jika anda ingin terjun ke dunia fotografi baiknya anda mulai melatih diri anda untuk belajar menerapkan teknik diatas. Nah demikian artikel tentang 6 Teknik Fotografi Dasar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *