Idealnya, Satu Orang Punya Berapa Blog?

9 Likes Comment
satu orang mampu mengelola berapa blog?

Idealnya, Satu Orang Punya Berapa Blog? – Mungkin pertanyaan seperti ini sering terlintas dalam benak anda, terlebih untuk anda yang masih pemula dalam dunia blogging.

Sebenarnya, bukan cuma para pemula yang sering mengajukan pertanyaan ini, tetapi juga para blogger lain, baik yang sudah banyak makan asam garam dalam dunia perbloggingan, termasuk saya sendiri.

Ada orang yang ingin punya banyak blog. Katanya, banyak blog banyak trafik. Semakin banyak trafik semakin banyak uang. Singkatnya banyak blog berarti banyak uang.

Pemikiran macam ini sering saya jumpai entah itu di media sosial ataupun di blog. Meski pada dasarnya pemikiran macam itu cukup keliru.

Saya juga tidak mau menyebut pemikiran itu salah karena kata salah berarti sesuatu yang mungkin sudah tidak bisa diperbaiki. Karena itu, agar lebih fair saya menggunakan istilah Keliru.

Wajibkah memiliki blog?

Saya rasa ini adalah satu pertanyaan yang cukup aneh dan enggak perlu untuk dijawab. Jika Anda mau buat blog, ya silahkan saja. Kalau gak juga gak apa-apa.

Memiliki blog bukanlah suatu kewajiban bagi setiap warga negara. Melainkan untuk menyalurkan hobi dan bakat yang dimiliki lewat tulisan.

Dunia blogging adalah dunia yang bebas dari segala intervensi, tekanan dan juga masalah-masalah yang selalu dijumpai di dunia empiris atau nyata.

Meski pada dasarnya kehidupan Internet serupa dengan kehidupan masyarakat sesungguhnya hanya bentuk interkasinya yang berbeda.

Dengan kata lain, dalam dunia blogging dan dunia internet, semua orang bisa terlibat dengan bebas namun keterlibatan itu terjadi secara virtual dan partisipasinya tidak secara fisik.

Dalam sejarahnya, blog adalah buku harian online, dimana seseorang bisa menuliskan pengalamannya sehari-hari secara daring menggunakan perangkat yang sudah terkoneksi ke internet.

Orang-orang yang membaca buku harian siber itu disebut dengan user atau pengguna. Para pengguna ini juga mengakses lewat internet atau secara daring.

Karena blog adalah buku harian, maka tujuan awal orang-orang yang memiliki blog serta isi kontennya lebih banyak menceritakan pengalaman pribadi.

Mulai dari makanan yang di makan, kopi yang di minum, tempat yang dikunjungi, pekerjaan sehari-hari, masalah yang mereka hadapi dan lain sebagainya.

Peralihan fungsi blog

Dalam perkembangannya kemudian, blog mulai bergeser menjadi alat dan media yang digunakan orang lain untuk meminta pendapat, masukan, kritik, kampanye, berbagi pengetahuan, kiat dan trik serta untuk propaganda politik seperti memberi kritikan terhadap undang-undang hingga untuk menjatuhkan lawan politik.

Lebih lanjut lagi, blog bahkan digunakan sebagai corong oligarki untuk melakukan kontrol informasi kepada masyarakat.

Blog bahkan digunakan untuk melakukan transaksi persenjataan yang berbahaya, narkotika, hingga tindakan se*sual yang dilarang oleh hampir seluruh pemerintahan dunia.

Semua yang ada di dunia ini sudah hampir ada di internet, meski tidak seluruhnya. Entah itu yang tidak ilegal, ilegal, yang terlarang, tidak dilarang dan lain sebagainya. Semuanya ada!

Dengan kata lain, blog saat ini tidak saja berisikan informasi tentang kehidupan sehari-hari atau pengelaman pribadi seseorang atas sesuatu tetapi sudah menjadi media arus utama dengan jumlah informasi yang tak terbatas.

Juga, setiap hari informasi-informasi itu akan bertambah secara massif, yang membuat informasi tersebut semakin sulit disaring.

Karena popularitas inilah, blog-blog yang sebelumnya hanya di kelola oleh satu atau dua orang mulai dikelola oleh Korporasi atau perusahan dengan segala sumber daya yang dimiliki.

Yang kemudian membuat blog-blog pribadi kehilangan tempat di mesin telusur, juga tergerus dengan perubahan perilaku pengguna, yang berubah tiap waktu.

Baca Juga : Kirim Tulisan Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Dilain pihak, blog punya potensi bisnis yang menjanjikan. Pemilik blog bisa meraup keuntungan miliaran rupiah dari sebuah blog. 

Dan itu sudah dialami oleh banyak orang, terlebih perusahan-perusahan besar tadi yang sudah punya blog. Mereka lalu membuat blog baru lagi, satu demi satu sampai akhirnya mereka punya puluhan bahkan ratusan blog.

Tujuannya sederhana, selain untuk memberikan informasi juga menjadi sumber informasi yang potensial bagi orang lain dengan profit yang menjanjikan.

Saya lihat, blog-blog dengan pemikiran semacam ini sudah banyak di Indonesia. Mereka biasanya disebut sebagai media konvergensi.

Dimana, selain punya blog resmi perusahaan, mereka juga punya media online, koran, majalah, TV, punya perusahaan penerbitan buku dan lain sebagainya.

Potensi ini juga yang dilihat oleh blogger pemula. Potensi untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari tulisan yang di posting di blog.

Akhirnya, banyak blogger pribadi yang tidak fokus mengelola satu blog. Selalu ada keinginan untuk mengelola banyak blog. Dengan pemikiran yang sama seperti tadi, banyak blog berarti banyak uang.

Idealnya, satu orang punya berapa blog?

Sebelum lanjut, ada satu hal penting yang harus saya ingatkan disini, bahwa berapapun blog yang anda miliki, itu tidak bisa dijadikan tolak ukur untuk menilai jumlah penghasilan yang diperoleh dalam sebulan.

Ada blog yang punya sedikit postingan tapi penghasilannya sangat besar. Begitu juga dengan trafik yang mereka peroleh setiap hari.

Sementara ada juga blog yang punya postingan, seperti blog ini, namun trafiknya belum sampai 100/hari.

Dalam dunia blogging, penghasilan, trafik dan konten adalah sesuatu yang tidak bisa diperhitungkan dengan akurat, kecuali sang pemilik blog itu sendiri.

Jadi, idealnya satu orang punya berapa blog? Menurut saya pribadi, 2-3 blog saja sudah cukup. Jika anda punya lebih dari 3, itu terserah anda.

Saya sendiri mengelola 3 blog, yang semuanya sudah memiliki domain dan hosting sendiri. Untuk hosting saya menggunakan Niagahoster.

Meski saya kemudian sadar, waktu yang dimiliki untuk mengelola tiga blog itu terbatas. Setiap bulan, biasanya saya hanya posting 2-3 artikel saja per satu blog.

Yang penting, blog itu terus aktif hingga satu tahun ke depan. Kalau perlu, bisa aktif sampai selamanya. Sampai pada suatu waktu dimana saya sudah ogah mengurus blog. 

Tips mengelola banyak blog

Untuk anda yang punya lebih dari 3 blog, ada beberapa tips yang saya ingin berikan untuk anda. Tips-tips ini mungkin bisa membantu anda untuk mengelola setiap blog tersebut.

1. Fokus pada satu niche saja

Usahakan, setiap blog yang anda punya itu membahas niche yang spesifik. Niche sendiri adalah aliran atau genre konten yang anda angkat di Blog.

Anda juga bisa memilih subniche dari genre tersebut. Seperti misalnya, niche kesehatan dengan subniche penyakit-penyakit mematikan.

2. Targetkan artikel yang relevan

Konten yang bagus adalah konten yang dapat dibaca hingga beberapa tahun ke depan. Konten jenis ini kemudian disebut sebagai konten yang relevan.

Pastikan niche yang anda angkat itu punya relevansi semacam ini. Agar, peluang blog untuk mendapatkan trafik organik dari search engine terbuka lebar.

3. Atur frekuensi postingan

Soal ini saya ingin katakan satu hal, jangan terlalu memaksakan untuk buat konten. Kalau anda punya waktu untuk buat konten, ya silahkan buat konten.

Kalau gak, jangan memaksakan. Tapi bagaimana jika tiba-tiba ada ide untuk konten blog? Catat di smartphone atau notebook. Setelah anda punya waktu baru buat konten tersebut.

Yang paling penting disini adalah pertahankan frekuensi postingan. Saran saya, sebaiknya posting di blog sekali seminggu saja.

Sebagai contoh, jika anda punya 12 blog, minimal setiap minggu anda posting 1 konten di 1 blog. Jadi setiap beberapa bulan baru ada update artikel baru dong?

Yap betul. Tapi, bukan sembarang konten ya. Minimal, konten yang anda posting itu berkualitas tinggi alias diatas 1000 karakter.

4. Fokus

Jangan fokus pada pengelolaan blog, tetapi fokus pada konten yang anda sajikan. Sekali waktu, misalnya sebulan, baru sisihkan sedikit waktu untuk merubah tampilan blog.

Misalnya, menambah atau mengurangi widget, menghapus komentar spam, atau mungkin untuk mengupdate plugin jika anda menggunakan WordPress.

5. Ubah mindest

Banyak blogger yang memiliki mindset seperti banyak blog = banyak uang. Atau ada juga blogger yang punya tujuan untuk membuat blog untuk tambah-tambah penghasilan.

Ini gak salah tapi agak sedikit keliru. Sebab, bisa saja anda akan kecewa sendiri. Ingat, Dapat uang dari blog itu gak mudah loh.

Oleh karena itu, jika ingin buat blog, atau sudah punya blog entah itu 1 saja atau lebih, sebaiknya ubah mindset atau pola pikir semacam ini.

Jangan nanti setelah cukup lama menjadi blogger, anda makin frustasi lalu depresi setelah itu dead. Karena stres sudah berulan-bulan lamanya anda tak kunjung dapat uang dari blog.

Penutup

Punya satu atau dua blog itu menurut saya ideal. Namun jika ada dari anda yang punya banyak blog, itu terserah anda. Yang terpenting adalah memilih jumlah yang menurut anda ideal.

Jumlah yang ideal itu setiap orang relatif. Ada yang mengatakan satu saja itu ideal, dua, tiga dan empat juga ideal dan seterusnya.

Semua itu pada akhirnya kembali ke diri sendiri. Demikian artikel tentang idealnya, satu orang punya berapa blog? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *