Postingan Pertama Saya di Bungkul.com

8 Likes Comment
postingan pertama

POSTINGAN PERTAMA saya di bungkul.com yang saya buat sekarang berisi unek-unek yang saya ingin jadikan sebagai postingan pertama. Karena jujur, saya tidak tahu menulis apa di blog saya yang satu ini.

Sebabnya karena saya kesulitan untuk menentukan niche yang ingin saya angkat di blog saya yang satu ini. Saya memang mengelola beberapa blog, satu blog mengangkat niche windows dan blogging, sementara satunya lagi mengangkat niche gado-gado.

Dua blog pertama saya buat dengan platform blogger dan pada tanggal 27 maret yang lalu, saya mendapatkan hosting dan domain gratis dari niagahoster. Hosting dan domain gratis ini saya dapatkan setelah tulisan saya berhasil nongol sebagai finalis pada kompetisi revolusi industri 4.0 yang diselenggarakan oleh Niagahoster .

Mungkin beberapa dari Anda juga mengikuti lomba tersebut, dan mungkin andalah yang berhasil menjadi jawarannya. Saya sendiri hanya duduk diperingkat belasan keatas, dan hanya mendapatkan hadiah berupa souvenir dan juga hosting + domain bayi. Tapi lumayanlah. Setidaknya impian saya sudah tercapai, yakni migrasi dari blogger ke wordpress.

Bingung memilih Niche

Lebih dari itu saya sebutkan di atas, yakinkan saya mengerti tiga blog, akhirnya saya bingung untuk memilih niche blog yang cocok untuk saya. Dan sampai postingan pertama ini dibuat, saya pun masih bingung. Ada tiga hal yang membuat saya bingung memilih niche, antara lain:

1. Masih pemula dalam dunia blogging

Saya mulai pertama ngeblog kira-kira tahun 2015 lalu, namun mulai fokus di dunia blogging pada tahun 2017 kemarin. Pada waktu itu, saya masih numpang domain di blogger. Sampai akhirnya, pada bulan agustus 2018 saya membernaikan diri untuk membeli domain sendiri.

Pada intinya, semua uang yang saya keluarkan dalam dunia perbloggingan adalah uang yang saya peroleh setelah mengikuti lomba, mengikuti survey berbayar dari YouGov dan lain sebagainya. Intinya, tidak ada sepeserpun uang yang saya keluarkan itu dari kantong pribadi untuk hosting dan domain.

Satu-satunya uang yang saya keluarkan dari kantong pribadi hanyalah saat saya membeli template blogger mirip detik.com. Meski pada akhirnya saya kecewa sendiri, karena tidak mendapatkan support dan juga masih ada link kredit footer yang nempel disana.

Dan ternyata gak mudah menggunakan wordpress. Setelah migrasi saya harus mengedit satu per satu artikel saya tersebut untuk memperbaiki gambar yang tampil sampai pada struktur permalinknya. Sebagian besar gambar pada postingan saya yang menjadi dua dan juga link internal yang wajib di edit lagi.

Tapi bukan itu masalah sebenarnya, melainkan adalah mengoptimasi ulang konten di dalam blog saya SEO by Yoast. Jadi, saya wajib mengubah semua postingan tersebut satu per satu. Itu belum ditambah lagi dengan konfigurasi yang lain, seperti misalnya jika saya ingin menggunakan AMP untuk blog wordpress. Jadi kira-kira membutuhkan waktu sekitar dua minggu lebih untuk mengedit seluruh postingan.

2. Waktu yang sedikit

Saya sendiri memang tidak fokus dalam blogging dunia dan banyak menghabiskan waktu di luar dunia perbloggingan. Makannya, anda akan melihat saya jarang sekali update di blog ini. Hanya jika sempat maka saya akan memperbaruinya.

Kalau anda anda ingin meramaikan postingan didalam blog ini, anda bisa mengirimkan artikel ke saya melalui laman kontak. Dan anda bisa mendapatkan upah berupa backlink yang mengarah ke blog anda.

3. Niche yang ingin diangkat

Nah ini yang paling penting. Ini adalah alasan yang paling vital menurut saya. Saya pengennya mengangkat ceruk yang unik dan masih sedikit blogger yang mengangkatnya. Namun tetap saja, saya masih bingung apa niche yang saya maksud. Sampai sekarang saya masih kalut soal ini.

Memang dilematis. Tapi, mau bagaimana lagi, sudah demikian adanya. Untuk itu, saya menyarankan kepada anda, baiknya mengelola satu blog saya. Itu sudah lebih dari cukup. Kalau Anda ingin mempunya blog, silahkan saja, asalkan anda mampu mengelolannya. Saya sendiri sebenarnya mampu mengelola banyak blog hanya waktu saja yang tidak cukup.

Postingan pertama saya

Seperti yang saya sebutkan bahwasanya ini adalah postingan pertama, jika anda yang tidak anda mengerti disini silahkan masukan dikolom komentar. Anda juga bisa memberikan saran kepada saya mengenai niche yang bakal saya angkat di blog ini.

Sekian ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *