8 Hal Yang Harus Segera Diatasi Jika Ingin Menjadi Blogger Yang Sukses

12 Likes Comment
menjadi blogger sukses

Menjadi blogger yang sukses adalah impian paling banyak blogger. Kata sukses ini sebenarnya merujuk pada banyak hal seperti jumlah penghasilan, popularitas blog yang terus meningkat, bahkan sukses menjadikan blognya sebagai brand.

Impian seperti ini adalah hal yang sangat wajar. Namun banyak faktor dan indikator yang harus digunakan untuk menilai sebuah blog yang sukses.

Saya sebenarnya agak enggan menggunakan kata sukses. Karena tidak ada ukuran pasti untuk mengatakan sebuah blog itu sukses.

Disamping itu juga, banyak blog yang bisa meraup penghasilan hingga ratusan juta rupiah dari blog tetapi masih enggan menyebut dirinya sukses.

Kadang juga, ada blogger yang berhasil payout pertama kalinya dari AdSense tetapi sudah menyebut dirinya sebagai orang sukses.

Kontradiktif memang. Tapi seperti itulah keadaannya. Setiap orang memang punya human design yang beda-beda, sehingga dalam hal-kecil semacam ini, masih ada perbedaan pandangan.

Salah satu contoh blog dengan penghasilan jutaan rupiah via airul.blog

Dalam artikel ini juga saya tidak membagikan kisah sukses saya menjadi blogging. Karena jujur, saya sendiri belum lama terjun dalam dunia blogging. Istilahnya, saya masih pemula yang masih butuh banyak belajar.

Tetapi, saya punya satu keyakinan bahwa tidak ada usaha yang tidak membuahkan hasil. Anda juga bisa setuju atau tidak terhadap poin-poin yang ingin saya bagikan disini.

8 Hal Yang Harus Segera di Atasi Jika Ingin Menjadi Blogger Yang Sukses

Lalu apa saja hal-hal yang harus segera diatasi jika ingin menjadi blogger yang sukses? Secara umum ada beberapa hal. Antara lain:

1. Mengatasi rasa malas saat membuat konten

Rasa malas saat membuat konten adalah hal yang wajar dan ini hampir dialami oleh sebagian besar blogger, termasuk juga blogger pro.

Kadang, ada blogger yang mengalami trance, yang merupakan suatu keadaan dimana ia ingin menulis konten tanpa pernah berhenti. Bahkan, untuk istirahat makan pun ogah.

Baca Juga : 10 Ciri-Ciri Blogger Yang Bakalan Sukses

Sementara, kalau sudah ada rasa malas, bersentuhan dengan blog pun rasanya cape. Keadaan ini bahkan membuat blognya tidak di update selama berbulan-bulan.

Nah untuk mengatasi hal ini ada beberapa cara. Cara ini memang tidak terlalu efektif, namun setidaknya bisa mengobati rasa malas saat buat konten.

  • Buat kalender editorial
  • Membuat postingan terjadwal
  • Pilih satu niche saja menurut keahlian
  • Update postingan lama dan jadikan postingan baru
  • Selalu refreshing

2. Selalu ingin punya banyak blog

Namanya manusia, ia tidak pernah puas terhadap satu hal. Begitu juga dalam dunia blogging. Terkadang, memiliki satu blog saja rasanya tidak cukup. Kemudian kita membuat blog yang lain, begitu seterusnya.

Sampai akhirnya kita sudah tidak mampu mengelolahnya lagi. Pikirannya juga terbagi pada setiap blog, termasuk bagaimana harus update postingan.

Baca Juga : Cara Update Artikel Tanpa Buat Postingan Baru di Blog

Oleh karena itu, jika Anda ingin fokus dalam dunia blogging, ada baiknya anda mengelola satu blog saja dan fokus untuk mengembangkannya.

Jika anda tetap ingin membuat lebih dari satu blog, saran saya buatlah dua blog lainnya. Yang penting, pilih niche yang cocok dan pertahankan frekuensi postingan minimal seminggu sekali.

3. Tidak melakukan riset kata kunci yang baik dan benar

Riset kata kunci yang baik dan benar itu berkaitan dengan kemampuan mengoptimalkan kueri yang hendak ditargetkan di mesin telusur. Kueri itulah yang memungkinkan blog anda memperoleh tempat di mesin pencari Google.

Banyak blogger yang tidak melakukan riset kata kunci yang baik dan benar. Bahkan cenderung asal-asalan saja dalam membuat konten.

Baca Juga : Sejarah Lengkap Perintis dan Penemu Kamera

Dampaknya, blog mereka akan sepi pengunjung. Lebih sialnya lagi, kemungkinan blog itu tidak akan dibaca oleh orang lain.

Apabila anda melakukan riset kata kunci yang baik dan benar, tentu saja pasti anda akan dapat lebih banyak pengunjung.

4. Targetkan keyword dengan persaingan yang tinggi

Poin ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Riset kata kunci mungkin sudah benar dilakukan, namun banyak yang tidak memperhatikan aspek kompetisi keyword yang ditargetkan.

Salah satu contohnya adalah artikel-artikel umum seperti artikel berita. Ini sangat umum sekali dan persaingannya tentu saja sangat tinggi.

Baca Juga : Panduan Singkat Belajar Fotografi Untuk Pemula

Bayangkan aje, ada sekitar 48.000 lebih situs berita, yang membuat berita tentang kejadian yang sama, seperti pelantikan presiden. Ini hanya contoh ya. Bayangkan berapa banyak yang mampir di blog anda? Mungkin nol.

Oleh karena itu, sebelum melangkan lebih jauh, pilih niche sangat penting disini. Kalaupun anda kebetulan angkat niche berita, targetkan keyword yang volumenya rendah.

Istilahnya, disinilah anda mengasah kreativitas anda seperti memilih angle yang tidak umum. Ini memungkinkan blog anda di buka oleh pengunjung.

5. Berorientasi pada uang

Saat terjun ke dunia blogging, jika anda berorientasi pada uang sebaiknya pikir-pikir dulu deh. Memperoleh uang dari blog tidak semudah membalik telapak tangan atau tidak semudah seperti yang dibahas di internet ataupun di forum tentang strategi menghasilkan uang jutaan dalam sejam.

Sebaiknya, fokus saja dalam membuat konten. Jika konten anda bagus uang akan datang sendirinya. Jika anda hanya berorientasi pada uang maka uang akan pergi dengan sendirinya.

6. Belajar dari sumber-sumber yang salah

Sumber-sumber yang salah itu seperti sumber yang memberikan metode-metode untuk menghasilkan uang yang cepat dari dunia blogging, menerapkan strategi pengoptimalan konten yang keliru seperti Black Hat SEO dan seterusnya.

Saya menyebut ini salah sebab ujung dari pembahasan itu adalah soal uang. Jangan percaya pada strategi-strategi tersebut. Jika anda termakan, maka blog anda bisa saja berumur pendek.

7. Tidak berani mengambil keputusan

Mengambil keputusan soal apa? Soal niche yang anda angkat. Niche yang diangkat itu berkaitan erat dengan kategori blog anda.

Sudah berulang kali saya sampaikan bahwa model crawling Google sebenarnya untuk memahami blog anda, termasuk konten didalamnya. Jika anda tidak berani mengambil keputusan soal ini, maka anda adalah calon blogger yang gagal.

8. Tidak memiliki kalender editorial

Soal ini saya sudah sedikit singgung dibagian atas, tepatnya di poin pertama tadi. Kalender editorial akan membantu anda memanajemen konten di blog.

Manajemen yang bagaimana maksudnya? Maksudnya anda lebih mudah membuat konten, yang sudah terstruktur, terjadwal dan tidak harus cari-cari ide buat postingan blog.

Selain itu, pengunjung anda juga akan lebih betah di blog anda. Karena mereka akan lebih senang membaca konten yang terstruktur.

Seperti misalnya, jika anda membuat konten blogging, kalender editorial itu bisa dimulai dari cara buat blog, riset keyword, SEO, monetisasi dan lain sebagainya.

Penutup

Sebagian besar alasan diatas memang kembali ke pribadi blogger masing-masing. Jika anda konsisten, belajar dengan tekun, maka suatu saat akan membuahkan hasil.

Tidak mudah loh untuk jadi blogger yang berhasil. Atau minimal bisa payout dari AdSense tiap bulan. Lebih senang lagi kalau penghasilan tiap bulan itu bertambah.

Sebaiknya juga hindari hal-hal mungkin bisa membuat anda menjadi blogger yang gagal. Yang terpenting, percaya pada kemampuan anda.

Demikian artikel tentang 8 hal yang harus segara diatasi jika ingin menjadi blogger yang sukses. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *