6 Manfaat Membuat Foto Produk Yang Unik dan Menarik

7 Likes Comment
manfat membuat foto produk

Ada banyak manfaat membuat foto produk yang unik dan menarik mulai dari branding hingga mampu menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Saat ini ada jutaan barang dengan berbagai fungsi yang tersedia di internet. Setiap barang-barang tersebut diserahkan ke pasar untuk mementukan apakah ia akan dibeli atau tidak. Bukan hanya barang tetapi juga jasa.

Dua sektor bisnis diatas tidak saja membutuhkan riset dan juga pengenalan akan pasar yang baik, tetapi harus memaksimalkan semua potensi yang mungkin bisa meningkatkan daya jual barang dan jasa.

Beberapa produsen atau pemilik produk mungkin tidak mempertimbangkan aspek-aspek eksternal, termasuk bagaimana pelanggan akan melihat barang tersebut.

Baca Juga : Cara Membuat Foto Produk Yang Bisa Menarik Pelanggan

Mulai dari pemilihan warna yang tepat, desain, logo hingga foto produk. Semua aspek ini memiliki peran masing-masing di pasar. Peran-peran inilah yang nantinya menjadi penentu apakah barang tersebut akan dibeli pelanggan.

Oleh karena itu, membuat foto produk yang unik dan menarik sudah menjadi kewajiban tersendiri bagi pelaku bisnis, baik yang besar, kecil atau yang menengah.

Manfaat membuat foto produk yang unik dan menarik

Seperti yang disebutkan dibagian atas membuat foto produk yang unik dan menarik bisa mendatangkan pelanggan secara alamiah. Sebagai contoh, anda bisa melakukan survey sederhana tentang dua produk pakaian di situs e-commerce.

Misalnya, produk tersebut adalah pakaian olahraga. Lalu anda ketikan di platform e-commerce tersebut dan memilih dua produk. Ada baiknya produk tersebut memiliki fungsi yang sama, dengan harga yang tidak terpaut jauh.

Baca Juga : Definisi Fotografi dan Sejarahnya

Setelah itu, silahkan pilih produk dengan foto yang berkualitas tinggi dan produk dengan foto yang blur dan berkualitas rendah. Sekarang silahkan bandingkan dua produk tersebut disisi penjualan.

Mungkin itu teralu jauh. Bandingkan produk tersebut dari sisi popularitas di platform. Ada kemungkinan besar foto produk dengan gambar berkualitas tinggi lebih populer dan juga lebih banyak dibeli pelanggan. Itu berarti, foto produk yang baik mampu mempengaruhi sisi penjualan.

Lalu, apa saja manfaat yang didapatkan saat membua foto produk yang unik dan menarik? Berikut disajikan 6 manfaatnya.

1. Meningkatkan branding

Branding atau merk adalah hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Branding akan menentukan kualitas, popularitas dan juga citra perusahaan. Membangun branding mungkin adalah tantangan tersendiri bagi bisnis, apalagi bisnis tersebut masih berskala kecil.

Disamping itu, branding yang kuat dipengaruhi oleh banyak hal, seperti barang yang diproduksi, citra perusahaan dimata pelanggan dan lain sebagainya.

Baca Juga : 28 Aliran dan Genre dalam Dunia Fotografi

Sebagai contoh, jika kita berbicara mengenai citra perusahaan di mata pelanggan sudah pasti ada banyak faktor penentunya. Tetapi, ada salah satu faktor yang cukup dominan yakni produk-produk yang dikeluarkan dan teknik untuk memperkenalkan foto produk tersebut.

Biasanya perusahaan-perusahaan akan memanfaatkan semua model pemasarana, seperti perikalanan di TV, Radio, Internet hingga di Billboard.

Dan sekarang coba perhatikan foto-foto yang digunakan saat memasarakna, rata-rata foto tersebut berkualitas tinggi dan sangat rinci dalam pemilihan warna. Dari sini, merk perusahaan dan produk akan mulai dikenal oleh masyarakat.

2. Meningkatkan penjualan

Penjualan memang diukur dari banyak faktor, seperti cara memasarkan, popularitas, testimoni pelanggan dan lain sebagainya. Semua faktor tersebut sangat penting dalam sebuah bisnis.

Tetapi, tanpa foto produk yang baik penjualan mungkin hanya berjalan ditempat. Anda mungkin juga tidak mengetahui jika foto-foto mengenai barang tersebut akan digunakan kembali oleh orang lain untuk tujuan misalnya, menjual kembali.

Coba ambil contoh seperti pakaian-pakaian yang dijual oleh platform ecommerce, terkadang foto-foto produk digunakan kembali oleh reseller untuk menjual barang tersebut. Tentu saja, jika foto tersebut tidak berkualitas maka tentu saja tidak akan dilirik oleh pelanggan.

3. Tingkatkan kepercayaan pelanggan

Kepercayaan pelanggan biasanya timbul apabila pelanggan tersebut sudah pernah menggunakan barang atau jasa tersebut. Dan kepercayaan pelanggan tidak akan diperoleh dengan gratis.

Menjaga kualitas barang dan layanan dengan baik adalah faktor kunci untuk bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kertas Foto Yang Umum Digunakan

Dan pada dasarnya, pelanggan akan mempercayai suatu produk apabila mereka tanpa sengaja atau sengaja membeli produk tersebut karena tertarik dengan iklan atau foto mengenai produk tersebut.

Apalagi, jika produk tersebut adalah produk keluaran terbaru. Sangat penting untuk memperkenalkannya sekaligus memperlihatkan wajah dan karakter produk lewat foto yang unik dan menarik.

4. Tampil beda dan unik

Unik sebenarnya berasal dari bahasa latin, unnus yang berarti satu-satunya. Itu berarti, pemilihan foto produk harus di selektif dengan benar-benar agar tidak mirip dengan produk-produk lain.

Perusahaan juga harus melakukan survey terlebih dahulu mengenai foto-foto yang akan digunakan. Jika pada akhirnya foto produk ada yang mirip maka membuat pelanggan kesulitan menentukan mana produk yang akan dibeli.

Dengan kata lain, ada kemungkinan mereka tidak akan membeli produk anda karena merasa produk tersebut adalah sama dengan produk yang lain. Jadi ada baiknya anda memperhatikan hal-hal teknis seperti ini agar pelanggan tidak terkecoh.

5. Menarik pelanggan baru

Pasar memiliki sistem permintaan sendiri dan ada beberapa faktor penting agar pelanggan bisa membeli barang anda salah satunya adalah foto produk. Jangan pernah menggap remeh foto produk, karena ia bisa menarik pelanggan baru.

Misalnya begini, coba perhatikan foto-foto produk sepatu NIKE atau foto produk dari Unilever dan mungkin foto produk lain dari berbagai brand terkenal. Rata-rata foto produknya sangat unik, selektif dan selalu menampilkan brand.

Baca Juga : Cara Melindungi Foto Dan Gambar Karya anda di Internet

Dengan cara tersebut, saat pelanggan melihat foto produk tersebut mereka sudah tahu siapa yang mengeluarkan produk tersebut dan dimana harus membelinya.

Pelanggan baru mungkin akan kesulitan mencari toko, dan biasanya mereka akan memanfaatkan kemudahan internet saat ini. Jika pelanggan mau melakukan hal-hal tersebut, maka sudah dipastikan foto produk anda bisa menarik pelanggan baru di kemudian hari.

6. Mempertahankan pelanggan lama

Salah satu teknik mempertahankan pelanggan lama yang terus dipegang oleh perusahaan hingga kini adalah dengan mengeluarkan produk terbaru pada jenis barang yang sama. Dengan barang baru tersebut, pelanggan lama ini tetap up-to-date dan pada akhirnya membeli barang yang baru tersebut.

Tetapi, bagaimana cara memberi tahu kepada pelanggan lama jika barang yang dikeluarkan tersebut adalah baru? Melalu berbagai teknik dan sisi pemasaran yang sama.

Dari sini, pelanggan lama akan melihat keunggulan dan juga penampilan dari produk tersebut sehingga mereka mungkin tertarik untuk membelinya. Dan jika mereka akan membelinya mereka sudah tahu kapan dan dimana harus membeli.

Penutup

Membuat foto produk yang unik dan menarik mungkin adalah tantangan tersendiri bagi produsen barang dan jasa. Karena saat ini tersedia beragam pilihan dan model barang maka tentu saja pasar sangat kompetitif.

Oleh karena itu, beragam cara kemudian ditemuh agar barang tersebut bisa sampai ditangan pelanggan salah satunya adalah dengan membuat foto produk yang benar-benar unik.

Demikian artikel tentang manfaat membuat foto produk yang unik dan menarik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *