10 Kamera Termahal Yang Pernah Di Produksi di Dunia

4 Likes Comment
kamera termahal di dunia

Ada beberapa kamera termahal yang pernah di produksi di dunia. Harga dari kamera ini bahkan bisa digunakan untuk beli mobil Ferari cash loh.

Memang ada banyak alasan mengapa sebuah kamera di bandrol dengan harga selangit mulai dari sejarahnya hingga produksinya yang terbatas. Karena terbatas, maka ada beberapa kamera yang tidak dijual alias hanya dipajang untuk dijadikan barang antik.

Tetapi para kolektor dan juga pecinta dunia fotografi selelu mengestimasikan harga dari kamera yang tak dijual salah satunya adalah kamera Daguerreotype.

Setiap kamera tentu punya keunggulan dan kelebihan masing-masing namun fungsinya tetap sama yakni sebagai alat yang digunakan untuk mengabadikan sebuah momen menjadi foto atau gambar.

Beberapa kamera memang diproduksi 10 tahun lalu, tetapi harganya tetap tinggi sehingga tidak ada kamera terbaru dengan harga yang mirip atau setidaknya mendekati.

10 Kamera Termahal Yang Pernah Di Produksi di Dunia

Lalu apa saja 10 kamera termahal yang pernah di produksi di dunia? Pasti penasaran kan? Nah berikut disajikan artikelnya untuk anda. Ini daftarnya:

10. Hasseblad Lunar

Kamera termahal di dunia
via digitaltrends.com

Pada peringkat ini diisi oleh salah satu kamera lunar yang mirip Buzz Aldrin. Kamera ini dibandrol dengan harga sekitar $7000 atau jika dalam kurs Indonesia sekarang berkisar 91 juta rupiah. Salah satu keunikan dari kamera ini adalah tampilan luarnya yang semuanya dibuat menggunakan tangan.

Yang lebih menarik lagi, Neil Amstrong, orang pertama yang mendarat di bulan itu juga menggunakan kamera serupa dengan tipe yang berbeda. Saat ke Bulan, Amstrong menggunakan kamera Hasseblad 500E.

Baca Juga : Jual Foto Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Kamera ini didesain dengan gaya retro dan hanya diproduksi 5 buah dan dijual secara eksklusif. Juga tersedia untuk dua pilihan desain baik dari kayu atau dari kulit.

Kamera ini juga bukan produk asli dari Hasseblad melainkan kamera buatan Sony dengan tipe Alpha NEX-7 lalu dibuat sedemikian rupa. Sehingga, jika anda membeli kamera ini anda bisa menambahkan lensa dibagian depannya.

9. Olympus PEN Art Edition Suzko

Kamera termahal di dunia
via pocket-lint.com

Kamera ini adalah hasil kolaborasi antara aktris Suzko [Susie Lowe], fotografer fashion Jay McLaughlin dan London departemen store Hardos.

Harganya? Bisa digunakan untuk beli rumah di kawasan elit di Jakarta. Kamera ini dibandrol dengan harga $25.000 atau sekitar 326 juta rupiah per biji dan hanya tersedia untuk edisi terbatas.

Kamera ini dilengkapi dengan dua badan E-P5 dengan harga awal sekitar $1000. Selain itu, para pembeli juga akan mendapatkan paket pembelian berupa satu lensa utama, beberapa aksesori, sesi pelatihan fotografi yang diajarkan langsung oleh Mclaughin serta satu sepeda motor vespa pilihan Suzko.

8. Samsung NX300 Gold Edition

kamera termahal di dunia
via digitaltrends.com

Kamera ini hanya tersedia di Arab Saudi. Yang membuat kamera ini sangat mahal adalah karena Axiom Telecom dan beberapa pengecer menaruh 22 kilogram lapisan emas disekitar kamera. Sehingga kamera ini sangat unik dengan tampilan vintage yang menawan.

Untuk harga? Gak terlalu mahal kok. Hanya sekitar $27000 atau sekitar 351 juta. Saat anda membelinya, anda akan mendapatkan nomor seri unik dan tanda tangan khusus dibagian atas kamera dengan tambahan beberapa aksesoris.

7. Hasselblad H4D-40 Edisi Ferrari

kamera termalah di dunia
via digitaltrends.com

Pasti anda berpikir kalau pabrikan mobil Ferrari tidak pernah menggunakan merk mereka untuk memproduksi kamera. Jika anda pernah berpikir begitu anda salah.

Ide untuk membuat kamera menggunakan merk Ferrari ternyata membuat kamera yang dibuat itu jadi sangat mahal. Namun bukan untuk tujuan produksi masal melainkan untuk tujuan khusus sehingga hanya diproduksi terbatas.

Baca Juga : 6 Teknik Dasar Fotografi Yang Harus Anda Ketahui

Kamera ini dibandrol dengan harga $29.500 atau sekira 384 juta rupiah per buah. Kamera dibuat menggunakan format medium professional, dilengkapi sensor 40 Megapiksel dan hanya tersedia sebanyak 499 buah.

Seperti kebanyakan kamera lain, edisi Ferari ini menggunakan kamera Hasselblad sebagai produk awal sebelum memodifikasinya sedemikian rupa. Harga awal kamera ini diperkirakan hanya tak lebih dari $10.000 atau sekitar 130 juta.

6. Kamera Leica S2-P

kamera termahal di dunia
via paulipu.com

Kamera ini termasuk jenis kamera SLR digital pertama dengan ukuran lensa 35mm dan bisa digunakan untuk melakukan berbagai jenis kegiatan fotografi seperti fotografi lanskap.

Kamera ini dilengkapi dengan sensor berukuran 30×45 dan kamera 37,5 megapixel. Sehingga gambar yang dihasilkan lebih tajam, jernih dengan komposisi warna yang terlihat jauh lebih solid.

Kamera ini juga anti-air dan memiliki daya tahan batrei yang lama. Anda juga bisa menggunakan kamera ini untuk kegiatan telephoto. Harganya? Harganya cukup murah kok yakni $30.000 atau sekitar 390 juta rupiah.

5. Panoscan MK-3 Digital 360 Derajat Panoramic Camera

kamera termahal di dunia
via hadidankertas101.blogspot.com

Selanjutnya adalah kamera Panoscan Mark III MK-3 yang bisa digunakan untuk memindai gambar 360 derajat dalam waktu 8 detik. Kamera ini memiliki kamampuan untuk menangkap gambar datar atau panorama dan bisa digunakan untuk melakukan fotografi virtual.

Kamera ini juga didukung dengan Flash VR dan QuickTime VR. MK-3 juga dapat digunakan oleh militer untuk pemetaan taktis atau oleh kepolisian untuk fotografi forensik.

Kamera ini menggunakan prosesor sinyal digital khusus untuk mebuat gambar 360 derajat. Untuk harga? Anda bisa membelinya dengan harga sekitar $40.000 atau sekira 520 juta rupiah.

4. Leica M9-P ‘Edisi Hermes’

kamera termahal
via digitaltrends.com

Kamera ini memang awalnya mahal tapi setelah dimodifikasi sedemikian rupa dan dijual kembali harganya jauh melampaui harga awal. Jadi berapa harganya? Sekitar $50.000 atau sekitar 650 juta rupiah per buah.

Kamera ini dirancang dengan barang-barang mewah dari rumah mode Prancis, Hermes, sehingga termasuk kamera mode termahal yang pernah di produksi 20 tahun terakhir.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Fotografi Sendiri di Rumah

Sebagai perbandingan, harga standar M9-P saat itu berkisar $5000. Sementara versi termurah tas Hermes Birkin yang diidam-idamkan oleh banyak orang adalah $10000.

Leica mengatakan bahwa kamera ini menampilkan kulit dan konstruksi buatan tangan, dilengkapi dengan beberapa lensa tambahan dan dibuat eksklusif. Meski terbatas, kamera ini hanya diproduksi dua biji saja. Satu dijual sementara satunya tidak dijual.

3. Canon ‘Diamond Ixus’

kamera termahal di dunia
via digitaltrends.com

Saat digital Elph merayakan ulang tahun ke-10 pada tahun 2006 lalu, Canon di Eropa membuat versi eksklusif dari Ixus-65 yang bertahtahkan 380 berlian.

Sejak ide pembuatan dipublikasikan oleh Canon banyak orang yang memastikan bahwa kamera ini pasti sangat mahal harganya. Sebenarnya kalau dijual, harganya mungkin agak sedikit lebih murah. Namun saat dilelang kamera ini laku dengan harga fantastis yakni $60.000 atau sekitar 730 juta.

Uang tersebut tidak digunakan oleh perusahaan melainkan untuk disumbangkan ke palang merah. Selain itu juga, ada 9 kamera lain yang diproduksi bersama saat itu namun dengan jumlah berlian lebih sedikit sehingga harganya lebih murah yakni $5000.

2. Kamera Susse Frères Daguerreotype

kamera termalah di dunia
via indiatimes.com

Sebelum kamera Leica 0-Serie Nr. 107 di lelang, kamera paling mahal di dunia adalah kamera antik Susse Frères daguerreotype camera. Kamera yang saat ini sudah berusia 185 tahun dianggap sebagai kamera termahal yang pernah dijual di dunia. Memang sih, kamera ini tidak dijual karena kepemilikan eksklusif yang dilakukan secara turun temurun.

Kamera ini menjadi buah karya dari salah satu orang yang paling berjasa dalam dunia fotografi yakni Daguerreotype. Dibagian luar kamera, ada cap litograf oral yang ditandatangani sendiri oleh Louis Louis-Jacques-Mandé Daguerre.

Beberapa waktu lalu kamera ini dipamerkan di Westlicht, Wina Australia. Beberapa orang kemudian berasumsi kalau kamera ini dijual maka harga awalnya mungkin mencapai $978.000 atau sekitar 1,2 miliar rupiah. Jika di lelang harganya mungkin jauh lebih tinggi.

1. Leica 0-Serie Nr.107

kamera termahal di dunia
via infoteknologi.com

Jika anda membaca dengan teliti ulasan diatas maka anda bisa menyimpulkan bahwa rata-rata kamera Leica tidak pernah dibandrol dengan murah. Jika dalam dunia software, merk Leica sebanding dengan merk Apple yang premium karena kualitas dan merknya.

Pada tahun 2011 lalu, para penggemar fotografi dan kolektor tersentak saat kamera Leica buatan tahun 1923 ini dijual kepada publik lewat lelang.

Baca Juga : Cara Memilih Angle Yang Tepat Untuk Foto

Leica 0-Serie Nr.107 adalah salah satu kamera modern pertama yang diproduksi di dunia dan hanya diproduksi sebanyak 25 buah. 24 diantaranya sudah rusak, hancur dan hilang. Kamera ini juga merupakan kamera pertama yang diekspor ke Amerika Serikat.

Yang lebih menarik, Leica 0-Serie Nr.107 menjadi satu-satunya kamera yang ada tulisan ‘Jerman’ dibagian atasnya sehingga kamera ini benar-benar asli dan antik.

Saat lelang, harga kamera dibuka sebesar $500.000 sampai $600.000. Namun seorang kolektor dari Asia yang tidak mau menyebutkan namanya memberikan penawaran sebesar $1,9 juta atau sekitar 2 setengah miliar lebih akibatnya kamera langsung terjual karena tak ada penawar yang mengajukan harga lebih tinggi.

Penutup

Ada beberapa kamera yang dijual mahal dan ada juga yang murah. Entah yang mahal ataupun yang murah tetap memiliki fungsi yang sama yakni untuk mengkonversi cahaya menjadi sebuah gambar nyata.

Saat ini teknologi kamera sudah jauh lebih maju yang dapat digunakan untuk memotret bulan seperti kamera buatan Canon DSLR yang dibandrol dengan harga cukup tinggi.

Jika ada kamera yang mahal itu dikarenakan fungsi, cara pembuatan, akseseoris, nama merk dan yang terakhir nilai sejarah yang ada dalam kamera tersebut. Demikian artikel tentang 10 kamera termahal di dunia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *