5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Dengan Bayaran Tinggi

17 Likes 1 Comment
jual foto

Jual foto di internet? Emang bisa ya? Tentu saja bisa. Sejauh ini, ada sekitar 32 situs [mungkin lebih] yang memungkinkan anda untuk menjual foto hasil jepretan sendiri.

Namun jika ditanya situs mana yang terbaik, jawabannya ada di bawah ini. Saya sendiri menyebutnya sebagai situs tempat menjual foto terbaik saat ini karena situs-situs ini berani membayar publisher hingga $100 per foto.

Bayangkan saja, jika ada 10 foto yang terjual dengan harga tersebut, maka penghasilan anda bisa mencapai 10 juta lebih. Gile!

Penghasilan itu mungkin bersih, karena sudah di potong pajak untuk beberapa platform. Jadi, jangan ragu menjual foto Anda pada daftar situs web di bawah ini karena sudah pasti anda akan mendapatkan bayaran dan juga sudah banyak orang yang membuktikannya. 

Menjual foto di internet merupakan salah satu cara untuk memperoleh penghasilan tambahan dari hobi. Jika Anda suka fotografi, atau kemana-mana selalu membawa kamera sementara foto-foto yang Anda hasilkan hanya tersimpan di Laptop atau komputer yang bikin memori sesak, coba dijual.

Siapa tahu, ada foto-foto anda yang berhasil menarik orang lain. Orang lain disini bisa saja perusahaan periklanan, internet marketer, blogger dan lain sebagainya.

Sebenarnya, istilah menjual tidak terlalu tepat. Melainkan di pajang dan saat ada orang yang tertarik mereka bisa mendownloadnya. Dari setiap download tersebut anda akan memperoleh komisi. 

Besaran komisi ini tergantung pada jumlah download. Jadi, semakin banyak orang yang mendownload foto anda semakin besar pendapatan anda.

Terkadang juga, untuk mendownload foto anda tersebut, pengguna harus daftar menjadi member. Untuk menjadi member akan ada biaya yang harus dikeluarkan. Besaran biaya tersebut variatif dan setiap platform berbeda-beda.

Perlu diketahui juga, masing-masing situs memiliki struktur pembayaran yang berbeda satu dengan yang lain termasuk juga besaran komisi yang diterima.

Kerennya lagi, situs-situs dibawah ini memungkinkan anda untuk mengubah ukuran file yang tampil tanpa harus mengubah ukuran foto sebenarnya.

Jadi, anda tidak perlu repot untuk upload file. Berapapun ukurannya, bisa di upload. Yang terpenting, anda sudah mendaftar pada platform tersebut dan berhasil diterima.

5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini Dengan Bayaran Tinggi

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 5 situs tempat jual foto terbaik saat ini dengan bayaran tinggi. Situs apa saja itu? Ini daftarnya:

1. 500px Prime

jual foto
via enviragallery.com

Sejak didirikan, situs ini memiliki misi untuk menghubungkan 5 juta fotografer di seluruh dunia, yang secara aktif mengupload foto hasil jepretan mereka sendiri dengan ukuran tak lebih dari 500 px [piksel].

Dari ketentuan situs tersebut, diketahui besaran komisi yang diterima fotografer secara bersih adalah 70% dari setiap lisensi foto yang terjual [lisensi standarnya adalah $ 250].

Dengan demikian, ada kemungkinan satu foto anda di hargai sekitar 3 juta rupiah. Sementara, setiap foto yang anda unggah disitu bisa muncul pada kampanye iklan Online, di Billboard dan lain sebagainya.

Juga terdapat beberapa jenis lisensi pada situs ini, yakni Standar dan Komersial. Untuk lisensi komersial, kemunginkan harga fotonya lebih tinggi.

Untuk bisa menjadi anggota di 500px Prime, pertama-tama silahkan adalah mendaftar ke situs tersebut. Setelah itu mulai unggah foto terbaik anda satu per satu.

Jangan lupa lengkapi formulir yang diperlukan serta aktifkan toko foto anda. Termasuk juga lisensi setiap gambar yang telah di unggah.

Lisensi keanggotaan ini terdiri dari dua bagian yakni lisensi eksklusif dan non-eksklusif. Ini berbeda dengan lisensi foto tadi ya.

Pilih lisensi yang menurut anda cocok dan bisa menunjukan kategori gambar yang diunggah. Jika anda merasa foto anda berkualitas, berharga dan sangat unik, anda bisa aktifkan lisensi eksklusif.

Dengan mengaktifkan lisensi eksklusif berarti anda menjual foto anda secara penuh kepada orang lain. Komisi yang diterima juga semakin tinggi.

2. SmugMug Pro

jual foto

Berbeda dengan nomor 1, SmugMug Pro memberikan komisi yang lebih tinggi lagi. Dimana, setiap foto yang berhasil terjual, fotografer akan memperoleh 85% markup.

Maksudnya gimana ya? Maksudnya begini. Jika ada foto yang berhasil terjual dengan harga $100 maka fotografer akan mendapatkan upah sebesar $85.

Sayangnya, untuk bisa memperoleh komisi yang besar itu, fotografer harus menjadi member premium, dengan biaya sekitar $12,50  per bulan atau sekira 150-an ribu rupiah.

Akun Pro memungkinkan anda untuk mendapatkan tambahan royalti dari foto-foto yang berhasil terjual. Di SmugMug Pro tidak tersedia akun gratis sehingga anda harus membuat akun Pro.

Yang paling keren lagi, Smugmug pro cukup transparan memberikan perkiraan harga suatu foto.

Misalnya begini, Anda menjual foto Anda dengan ukuran 5×7, harganya $ 10,79 dan harga Default di SmugPro adalah $ 0,79. Markupnya adalah $ 10,00.

Yang berarti komisi yang anda dapatkan adalah $ 8,50 atau 85% dari $ 10 tersebut. Cukup tinggi untuk situs penjualan foto saat ini.

Setelah mendaftar, Anda akan menunggah foto, lalu memilih produk yang ingin Anda jual sekaligus untuk menentukan harganya.

Dengan sistem demikian, saya menganggap situs web ini merupakan suatu situs web yang sesuai dengan pola pikir seorang wirausaha, karena Anda harus dapat menentukan biaya yang cocok untuk gambar Anda sendiri.

3. Shutterstock

jual foto
via enviragallery.com

Di Shutterstock Anda bisa memperoleh penghasilan sebesar $ 120 per unduhan gambar. Memang sih, situs ini memiliki struktur penetapan harga yang agak rumit. Namun, tidak ada batasan waktu untuk mendapatkan hasil dari situs yang satu ini.

Yang berati, semakin banyak foto yang Anda Unggah semakin besar peluang anda untuk mendapatkan uang dari foto jepretan anda sendiri.

Secara total [sampai saat ini], kontributor di Shutterstock telah menerima gaji lebih dari $ 300 juta dari sekitar 500 juta unduhan.

Jadi dapat dipastikan kalau pasar unduhan foto dari Shutterstock sangat tinggi dan kompetitif.

Selain menjual foto, Shutterstock juga menjual video, termasuk video berukurkan gambar HD dan 4k serta gambar vektor.

Anda juga dapat menggunakan referensi [mengundang] fotografer lain untuk menjadi member Shutterstock.

Dari setiap undangan yang berhasil, anda mendapatkan komisi dari keuntungan orang yang anda ajak bergabung.

Biasanya, komisi yang didapatkan sekitar $ 0,4 setiap kali ada orang yang datang mendaftar dan mengupload foto.

Jika undangan itu seorang fotografer melainkan menjadi seorang pelanggan dari foto-foto tersebut komisi akan bertambah besar.

Komisi pelanggan memungkinkan anda mendapatkan 20% dari biaya pembelian pertama mereka. Yang berarti, komisi Anda bisa mencapai $ 200.

4. iStockphoto

jual foto

Situs ini sudah berdiri sejak tahun 2001 lalu. Karena sudah lebih dari 18 tahun, iStockphoto memiliki jaringan kontributor yang luas.

Untuk menjual foto lewat iStockphoto Anda harus menjadi kontributornya. Cara menjadi kontributor di sini cukup sulit karena tim iStockphoto terus memeriksa pelamar baru untuk memastikan apakah mereka cocok dengan tujuan situs tersebut.

Setelah mendaftar, silahkan pilih kategori foto yang paling Anda sukai atau anda bisa menjadi pelanggan lalu mengunduh gambar-gambar yang tersedia disana.

Anda dapat memilih kategori foto, ilustrasi, video atau audio. Setelah itu, isi persyaratannya lainnya.

Tim iStockphoto akan memeriksa kualifikasi Anda. Jika cocok, anda diharuskan untuk menjawab beberapa pertanyaan singkat untuk bisa langsung menjadi member.

Langkah terakhir adalah mengunggah beberapa karya buatan Anda untuk memastikan apakah Anda sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan oleh tim iStockphoto.

Setelah Anda diterima sebagai tim iStockphoto, Anda akan memperoleh sekitar 15% dari setiap penjualan foto anda.

Namun, jika Anda termasuk ke dalam kontributor eksklusif, maka pendapatan yang anda diperoleh akan meningkat hingga 45%.

5. Etsy

jual foto
via enviragallery.com

Situs yang satu ini ternyata tidak saja sebagai marketplace dekorasi pernikahan, kostum hollowen khusus dan juga hadiah bertema kucing yang unik tetapi juga menjadi tempat jual foto terbaik saat ini.

Struktur pembayaran di Etsy cukup tinggi di mana Etsy hanya memperoleh sekitar 20 sen dari setiap foto yang terjual dan 3,5% dari harga jualnya. Sisanya untuk anda.

Karena itu, Anda harus bekerja ekstra keras agar foto Anda dapat terjual disitu. Yang berarti, Anda harus mempromosikannya foto-foto Anda baik di media sosial dan lain sebagainya.

Singkatnya, Etsy hanya bertindak sebagai platform penyedia saja. Itu karena, jika Anda memilih untuk menjual gambar Anda di situs ini, Anda perlu memanfaatkan waktu dan energi sebaik mungkin agar foto Anda di Etsy terjual.

Etsy juga menawarkan buku pegangan pada setiap orang yang menjual foto di situsnya, yang membantu meningkatkan merek, pemasaran dan membantu Anda menentukan harga foto tersebut.

Penutup

Saat ini mencari uang di internet cukup mudah dilakukan. Hanya saja, banyak dari kita yang tidak tahu cara menggunakannya, meski sudah ada di depan mata.

Disisi lain, ada juga yang menguangkan hobinya menjadi seorang Blogger, Youtuber, Internet marketer hingga menjadi sellers foto di situs penjualan foto online.

Semua itu, pada intinya, memungkinkan anda untuk memperoleh penghasilan dari hobi yang anda lakukan. Asalkan itu ditekuni dengan baik.

Daftar atas memang hanya terdapat beberapa situs tempat penjualan foto terbaik saat ini.  Mungkin juga ada beberapa situs lain yang tidak saya sebutkan di sini, yang diulas di lain kesempatan.

Anda juga bisa memberitahukan kepada saya di kolom komentar. Demikian artikel tentang 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini. Semoga Bermanfaat ~

Artikel ini terakhir di update pada 18 Oktober 2019. 

You might like

1 Comment

  1. Rajin buka internet.semakin kaya pengetahuan.hal ini buktikan sendiri teman teman.saya sudah merasakan sendiri.terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *