4 Hal Yang Paling Dibutuhkan Seorang Fotografer

6 Likes Comment
fotografer

Ada 4 hal yang paling dibutuhkan seorang fotografer. Hal-hal tersebut mencakup kemauan dan sarana untuk menyalurkan kemauan tersebut.

Sebagai suatu seni menangkap cahaya, fotografi telah mengalami perkembangan yang pesat akhir-akhir ini. Perkembangan-perkembangan ini menunjukan bahwa setiap orang sebenarya bisa menjadi seorang fotografer.

Tapi, meskipun semua orang bisa menjadi fotografer tidak semua orang bisa mengambil foto. Maksudnya, tidak semua orang bisa menghasilkan foto yang bagus, yang mengerakan orang lain.

Foto yang menggerakan orang lain adalah sebuah foto yang bisa menciptakan emosi berbeda antar satu orang dengan orang lain. Bahkan, dengan kamera, bisa menjadi senjata untuk membuat dunia menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Penyedia Gambar Gratis

Hingga kini, jutaan foto dan gambar dihasilkan setiap hari lewat kamera. Banyak gambar-gambar tersebut yang akhirnya dihapus, dibuang atau dibakar karena tidak sesuai ekspektasi.

Tetapi, ada bebrapa gambar yang bisa menajadi sampul majalah, bisa diikutikan pameran atau lomba fotografi hingga bisa dijadikan kenang-kenangan yang tak ternilai harganya.

Untuk bisa menghasilkan gambar seperti itu dibutuhkan kemampuan dan peralatan pendukung. Peralatan-perlatan inilah yang akan membuat gambar menjadi lebih baik lagi.

Apa yang paling dibutuhkan seorang fotografer?

Secara umum, ada 4 hal yang paling dibutuhkan oleh seorang fotografer. Dengan 4 hal ini, ia bisa menciptakan gambar-gambar terbaik, yang mungkin akan menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 4 hal yang dibuthkan oleh seorang fotografer. Apa saja itu? Ini dia daftarnya.

1. Minat

minat menjadi fotografer
via istockphoto.com

Minat dan hobby sebenarnya adalah dua saudara kembar yang datang dari satu hal yakni Bakat. Minat merupakan sebuah kecenderungan hati yang tinggi terhadap dunia fotografi. Gairah dan keinginan ini biasanya terus mengusik dan harus dituruti.

Ini adalah hal pertama yang dibutuhkan oleh fotografer. Tanpa minat, mungkin anda hanya akan menjadi fotografer dadakan, yang tidak akan pernah menghasilkan gambar yang bagus.

Baca Juga : 6 Derita Saat Jadi Fotografer Pernikahan

Oleh karena itu, sebelum menjadi seorang fotografer, atau sebelum memutuskan terjun ke dunia fotografi ada baiknya anda menyatakan minat anda terlebih dahulu.

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah memutuskan genre fotografi apa yang bakal anda tekuni. Apakah fotografi makro, lanskap, portrait hingga fotografi pernikahan.

Semakin khusus minat anda semakin besar tingkat kepuasan anda. Dan dari sini, anda bisa menjadi pabrik untuk menghasilkan foto-foto berkualitas tinggi.

2. Kamera

kamera terbaik
via wired.com

Jika anda membeli kamera khusus [bukan kamera ponsel] ada baiknya anda memilih kamera dengan lensa yang dapat ditukar sehingga anda bisa mencoba berbagai jenis fotografi seperti misalnya fotografi makro, mikro, landscape dan lain sebagainya.

Baca Juga : Definisi Fotografi dan Sejarahnya

Selain itu, kamera anda akan lebih fleksibel dan anda bisa menyesuaikan dengan cepat dalam suasana tertentu yang membuthkan pergantian lensa.

3. Lensa

lensa kamera
via 3dinsider.com

Ini juga menjadi faktor penting yang harus anda pertimbangkan. Untuk fotografi sehari-hari, mulailah dengan lensa zoom standar seperti 24-70mm atau 185mm.

Baca Juga : Cara Dapatkan Uang Dari Youtube Terbaru

Jika anda menggeluti fotografi makro, pilih lensa utama dengan ukuran 35mm, 50mm atau mungkin 85mm. Untuk olahraga, ada baiknya anda menggunakan lensa telefoto. Untuk fotografi makro, gunakan lensa foto khusus.

Lensa lebih penting daripada peralatan apapun karena lensalah yang akan menentukan foto yang dihasilkan apakah bagus atau tidak. Lensa juga akan menjadi pembeda antara kamera anda dengan kamera standar biasa.

4. Software pasca-pemrosesan

via befunky.com

Ada foto yang berhasil menggerakan emosi orang secara langsung. Tapi tidak semua foto begitu. Ada bebrapa foto yang harus melewati beberapa tahap pengeditan.

Dengan kata lain, anda juga mengedit foto anda menggunakan software. Tidak apa-apa jika anda menggunakan perangkat lunak standar yang sudah ada di komputer anda atau mungkin perangkat lunak langsung dari kamera.

Namun untuk hasil yang lebih baik anda harus menggunakan software khusus pengeditan foto. Misalnya, anda bisa menggunakan software besutan Adobe seperti Lightroom dan Photoshop.

Baca Juga : 28 Aliran dan Genre Dalam Dunia Fotografi

Meski sebenarnya software ini berbayar, tetapi kualitas pengeditan dan fiturnya sangat lengkap. Harga yang ditawarkan pun cukup murah untuk premium, dimana anda harus mengeluarkan kocek sebesar $10 per bulan.

Atau anda dapat membeli perangkat lunak mandiri dari perusahaan penyedia software pengeditan foto lain jika anda mau saat ini ada banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Apapaun yang anda pilih, yang berbayar atau yang tidak, usahakan agar tujuan pengeditan anda sudah sesuai dengan pilihan tersebut. Seandainya anda menggunakan Lightroom, mulailah belajar pengeditan standar hingga anda menjadi seorang ahli.

Selain itu, ada juga beberapa keputuhan dalam dunia fotografi yang sifatnya oposional sebab ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Kebutuhan itu antara lain:

a. Tripod
tripod
via thewirecutter.co

Tripod adalah alat untuk membantu fotografer agar bisa melihat subjek dengan statis.

b. Tas

Tas adalah tempat mengisi kamera dan perlengkapan lain. Ada baiknya anda menggunakan tas bahu untuk fotografi jalanan, tas bergulir untuk fotografi studio, ransel hiking teknis untuk fotografi lanskap, dan lain sebagainya

c. Kartu memori

Ada baiknya anda menggunakan kartu memori dengan ukuran 32-64 GB. Selain itu pilih kartu yang prosesnya cepat [diukur dalam MB/detik] jika anda memotret rentetan foto karena memori kamera anda akan cepat habis. Jangan lupa gunakan siapkan selalu kartu memori cadangan.

d. Baterai cadangan

Dapatkan setidaknya satu baterai cadangan untuk kamera dan satunya lagi untuk cadangan. Anda bisa memilih baterai off-brand yang harganya lebih murah, meskipun tidak tahan lama atau mungkin anda bisa menggunakan yang original untuk mempertahankan kompatibilitas kamera di masa mendatang.

e. Filter polarisasi

Ini sebenarnya adalah kebutuhan yang cukup penting terutama bagi anda yang fokus pada fotografi lanskap. Usahakan untuk tidak menggunakan polarizer yang off-brand atau yang murah karena bisa merusak kualitas gambar. Direkomendasikan untuk menggunakan filter B+W Kaesmann dengan ukuran utas yang sama dengan lensa anda].

f. Flash

Lampu kilat saat ini cukup mahal. Selain itu mungkin anda juga akan membeli pemancar dan penerima secara terpisah jika anda ingin menggunakan lampu kilat di luar kamera

g. Monitor

Ada baiknya anda menggunakan monitor IPS untuk mengedit foto

h. Kaim microfiber

Rekomendasi pertama adalah kain microfiber untuk menjaga bagian depan lensa agar tetap bersih. Anda juga bisa menggunakan blower roket untuk menghilangkan debu dari sensor kamera dengan lebih mudah

i. Peralatan lain

Ada aksesoris fotografi yang tak terhitung jumlahnya dan tersedia, mulai dari rilis rana jarak jauh ke lampiran GPS ke printer dan banyak lagi. Jangan langsung beli, sesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

Nah kira-kira itu beberapa kebutuhan oposional seorang fotografer. Pilihlah yang sesuai dan usahakan jika anda membelinya belilah dari penyedia resminya.

Sebab jangan sampai anda tergiur dengan harga murah tetapi kualtiasnya jauh dibawah yang asli. Bahkan, dalam beberapa kasus, mungkin kamera anda akan terdampak.

Nah demikian artikel tentang hal-hal yang paling dibutuhkan seorang fotografer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *