Mengenal 6 Fungsi Utama Fotografi Bagi Manusia

4 Likes Comment
manfaat fotografi bagi manusia

Jika berbicara tentang fungsi utama fotografi bagi manusia secara tidak langsung berbicara tentang kegunaan dan manfaat foto itu sendiri.

Karena fungsi merujuk pada kegunaan. Kegunaan ini adalah sesuatu yang sifatnya nyata, dapat dilihat dan dimanfaatkan oleh seseorang.

Bagi fotografer professional, fotografi memiliki fungsi yang lebih kompleks dan luas dari sekedar upaya untuk menyalurkan hobi.

Karena sudah dianggap sebagai bisnis yang menguntungkan dan menjadi sumber pendapatan utama sang fotografer.

Sementara, bagi seorang pemula, fotografi mungkin hanya dilihat sebagai aktivitas atau kegiatan suka-suka semata.

Dimana kegiatan tersebut dilakukan untuk mengisi waktu luang atau hanya untuk dokumentasi biasa yang akan berakhir di recycle bin.

Dengan kata lain, semua orang punya alasan sendiri-sendiri untuk menjelaskan tentang fungsi fotografi ini.

Yang jelas, sebagian besar alasan itu mengerucut pada manfaat dan kegunaan yang dapat dirasakan dari sebuah foto secara langsung.

Bagi saya pribadi, fotografi berfungsi sebagai upaya untuk melahirkan imaji dan persona diri dengan kreativitas tanpa batas.

Jadi, fotograti tidak saja aktivitas untuk menghasilkan sebuah gambar dari cahaya tetapi sebuah aktivitas untuk menciptakan seni cahaya.

Itulah yang menjadi alasan bagi saya, dan mungkin juga orang lain, untuk terus melakukan kegiatan fotografi dimanapun berada.

Lantas, apa sih fungsi utama fotografi? Mengapa fotografi seolah sudah menjadi bagian penting dari hidup manusia?

Di artikel kali ini saya akan berusaha menjawab dua pertanyaan diatas. Yang mungkin bisa membantu anda memahami fungsi utama fotografi bagi manusia.

6 Fungsi Utama Fotografi Untuk Manusia

Karena fungsi lebih merujuk pada kegunaan, maka dalam artikel kali ini saya lebih cenderung membahas kegunaan atau manfaat dari fotografi itu sendiri.

Lantas apa saja manfaat dan kegunaan fotografi? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda:

1. Sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan

Sejak prinsip kamera lubang jarum atau kamera obscura ditemukan, fotografi telah mengalami transformasi yang cukup signifikan.

Prinsip kamera obscura ini sebenarnya di rintis oleh al-Haitham dan mulai diperkenalkan di benua Eropa pada abad ke-16 M.

Perkembangan yang paling revolusioner tentang dunia fotografi terjadi saat George Eastman memperkenalkan Kodak, sebuah kamera portabel pertama pada tahun 1885.

Baca Juga : Cara Edit Feed Foto di Instagram Ala Selebgram Awkarin

Sejak itu, dunia fotografi telah menjadi sebuah aktivitas lazim dan umum di masyarakat. Disisi lain, setiap orang dapat dengan mudah membeli dan menggunakan kamera tersebut.

Memasuki milenium ke-3, kamera sudah ada dimana-mana. Semua orang dengan bebas menggunakannya.

Kamera juga sudah tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, fungsi, model, harga dan tingkat kecanggihan yang berbeda-beda.

Mulai dari kamera mini atau kamera saku, kamera ponsel, kamera DSLR atau Prosumer hingga kamera superkonduktor yang digunakan untuk mengamati langit atau untuk melihat bumi dari luar angkasa.

Dari revolusi inilah, fotografi telah mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan ini juga tidak akan pernah berhenti.

Dengan kata lain, fotografi tidak saja dianggap sebagai kegiatan suka-suka melainkan sudah menjadi suatu aktivitas ilmiah yang serius.

Bahkan, fotografi sudah dipelajari di kampus-kampus. Yang berarti, fotografi telah menjadi ilmu terapan yang diakui secara ilmiah karena manfaatnya yang banyak bagi umat manusia.

2. Sebagai sumber pendapatan

Dulu, harga foto mungkin sangat mahal karena keterbatasan kepemilikan kamera sekaligus proses pembuatan foto yang sangat lama.

Berbanding terbalik dengan yang ada sekarang ini. Tapi, meskipun kamera sudah ada dimana-mana namun tidak semua orang bisa menghasilkan foto yang bagus.

Oleh karena itu, ada beberapa orang yang membuka bisnis fotografi sendiri, dengan tawaran utama adalah karya atau hasil foto yang epik, unik dan menarik.

Baca Juga : Mau Bepergian Ke Luar Negeri? Baca Dulu 14 Tips Dibawah Ini

Yang berarti, fotografi bisa menjadi lumbung penghasilan bagi seseorang, terlebih bagi mereka yang telah merambah dunia fotografi secara professional.

Itu artinya, fotografi sudah menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Selain menjadi bisnis, fotografi juga dapat digunakan sebagai hobi yang bisa mendatangkan uang.

Jika anda tidak punya modal untuk membuka bisnis fotografi sendiri, hasil karya anda tetap bisa jual kepada orang lain di Internet.

Ada banyak platform yang tersedia saat ini, yang memungkinkan anda untuk menjual hasil karya foto anda dengan harga yang pantas dan wajar.

3. Sebagai sarana menyalurkan bakat dan minat

Pernah gak anda bertanya pada diri anda sendiri, apa sih bakat yang saya miliki? Bagaimana cara mengembangkan bakat tersebut?

Setiap orang memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Dan setiap bakat tersebut dapat dijadikan sebagai aktivitas berharga yang produktif.

Begitu juga dalam dunia fotografi. Sampai sekarang, ada ribuan bahkan jutaan orang yang menggunakan fotografi sebagai sarana untuk menyalurkan bakat dan minat yang dimiliki.

Sebagai sarana, ia bisa dikembangkan ke tahap berikutnya. Misalnya, jika anda suka melakukan kegiatan fotografi, anda bisa mengembangkan minat tersebut menjadi sebuah bisnis yang mendatangkan rupiah.

Disinilah letak pengenalan dan pengembangan bakat dan hobi yang dimiliki. Dan ini tidak saja berlaku dalam dunia fotografi, tetapi dalam dunia-dunia yang lain seperti kepenulisan, travelling dan lain sebagainya.

4. Sebagai dokumentasi dan bukti otentik

Dokumentasi sebenarnya adalah bukti otentik, yang secara langsung menunjukan visualisasi suatu kejadian atau dokumen.

Banyak orang yang menggunakan foto sebagai kelengkapan laporan, entah itu laporan perjalanan dinas atau untuk tugas akhir kuliah seperti skripsi dan disertasi.

Karena itu, fotografi mempunyai peran yang jauh lebih besar dari sekedar hobi. Bahkan, dapat dijadikan bukti untuk menyelidiki dan menyelesaikan sebuah tindak pidana kejahatan.

5. Sebagai kenang-kenangan

Kenang-kenangan adalah sesuatu yang sifatnya emosional dan menjadi pengingat bagi seseorang tentang sesuatu.

Misalnya, jika orang tua anda sudah meninggal, anda bisa melihat foto-foto mereka untuk mengenang kebaikan dan kasih sayang yang diberikan pada anda waktu kecil.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Foto dan Gambar Yang Rusak

Karena itu, sangat penting untuk memiliki setidaknya 1 foto orang tua anda. Karena itulah yang akan mengingatkan diri anda tentang peran orang tua dalam hidup anda.

Jangan anggap remeh fungsi fotografi yang satu ini. Karena ia tidak saja sebagai sesuatu yang sifatnya statis melainkan dinamis dan sentimental.

6. Sebagai seni

Fungsi fotografi yang terakhir adalah sebagai seni. Pada fotografi, seseorang bisa mengasah kreativitas dan kemampuan dirinya lebih tinggi lagi. Yang berarti, sifat fotografi tidaklah kaku.

Sebagai seni, fotografi juga telah menjadi suatu sumber pengetahuan yang terus bertambah seiring waktu berjalanan.

Dan para fotografer, entah itu professional ataupun amatir, sebenarnya adalah orang-orang yang telah mengaplikasikan seni itu ke model yang benar-benar baru.

Mengapa fotografi sudah menjadi bagian penting dari hidup manusia?

Lalu, mengapa fotografi itu sangat penting bagi seorang manusia? Untuk alasan yang rasional dan logis sebenarnya sudah saya ungkap pada 6 poin diatas.

Namun bagi saya pribadi, salah satu alasan mengapa fotografi sudah menjadi bagian sentral dari hidup manusia adalah karena ia sudah ikut membentuk peradaban seperti yang dikenal sekarang ini.

Tanpa fotografi, mungkin anda tidak akan pernah melihat gambar jerapah di Afrika atau bunga tulip di Belanda. Tanpa kamera, mungkin anda tidak akan melihat video-video Astronot saat berada di International Space Station [ISS].

Intinya, fotografi sangat dibutuhkan oleh manusia. Karena fotografi telah menjadi bagian dari hidup manusia itu sendiri.

Penutup

Fungsi fotografi sebenarnya jauh lebih besar daripada yang saya ulas diatas. Karena fungsi diatas juga bisa urai lebih detail lagi.

Jika anda punya pandangan lain tentang fungsi fotografi ini dan belum saya ulas, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang 6 fungsi utama fotografi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *