Cara Membuat Foto Produk Yang Unik Dan Menarik

4 Likes Comment
foto produk

Tidak seluruh fotografer tahu tentang cara membuat foto produk yang unik dan menarik. Foto produk yang unik dan menarik adalah salah satu kunci untuk meningkatkan penjualan.

Sebagian besar fotografer yang fokus pada foto-foto produk banyak menekankan penampilan produk tersebut secara fisik. Oleh karena itu, biasanya mereka mengutamakan penggunaan tripod, aperture kamera untuk mengambil pandangan yang cukup luas, menggunakan latar belakang yang dominan atau fokus pada detailnya.

Tapi, apakah itu termasuk teknik untuk membuat foto produk yang benar-benar unik? Saya tidak tahu pasti. Yang saya tahu, itu terlihat seperti foto biasa [dengan tambahan logo dan merk].

Sebagian besar foto produk saat ini lebih terfokus pada aturan fotografi produk yang paling utama yakni menonjolkan brand, meski terkadang melanggar aturan tersebut.

Jika anda tidak yakin bagaimana cara membuat foto untuk produk yang benar-benar unik, seperti yang anda lihat pada produk-produk Nike dan Anthropologie, baca artikel ini sampai habis.

10 Cara Membuat Foto Produk Yang Unik

Produk merupakan barang atau jasa yang dibuat dan ditambah gunannya atau nilainya dalam proses produksi dan menjadi akhir dari proses produksi tersebut.

Produk juga bisa berupa benda atau yang bersifat kebendaan seperti barang, bahan atau bangunan yang merupakan hasil satu konstruksi [pembangunan, pengembangan dan lain sebagainya].

Sebagai barang atau jasa, produk biasanya dijual untuk mendatangkan keuntungan. Dan di era informasi ini, barang dan jasa itu tidak saja dijual di toko-toko atau gerai-gerai konvensional tetapi juga di marketplace.

Marketplace tersebut memungkinkan penjual untuk menjual barang secara online. Untuk bisa meningkatkan penjualan secara online tentu ada kriteria-kritera tertentu yang bisa menarik pelanggan.

Baca Juga : 5 Hobi Yang Dapat Menjadi Bisnis Menguntungkan

Salah satu kriteria tersebut [yang merupakan kriteria paling penting] adalah fotonya. Foto produk itu sendiri.

Foto produk yang bagus, unik dan menarik ternyata berkolerasi terhadap penjualan produk. Itu berarti, jika seseorang [penjual] membuat foto produk yang baik bisa meningkatkan penjualan.

Tetapi terkadang, banyak dari penjual yang tidak mengindahkan hal ini bahkan cenderung menganggap remeh.

Mereka masih beranggapan bahwa lebih penting tingkat konversi atau penjualan ketimbang membuat pelanggan tertarik. Foto produk juga ternyata bisa meningkatkan kepercayaan, branding dan juga tingkat penjualan.

Nah dalam artikel kali ini akan diulas tentang 10 cara membuat foto produk yang unik dan menarik. Apa saja caranya? Pasti penasaran kan? Nah tanpa perlu berlama-lama berikut artikelnya.

1. Menggantung produk

Dengan menggantung produk lalu memfotonya akan memberikan perspektif baru dari produk yang anda jual. Tentu menggantung produk ini untuk jenis produk berupa barang dan bukan jasa. Barang tersebut bisa berupa pakaian, souvenir, oleh-oleh, sepatu dan lain sebagainya.

Anda bisa membuat ide yang agak nyeleneh disini demi menarik minat calon pelanggan anda dengan cara menggantungnya secara terbalik, menyamping atau menggantungya di lokasi yang tak biasanya.

Jika anda menggunakan kabel atau tali untuk menggantung produk, ada baiknya anda jangan menampilkan hal itu. Sebab itu bisa menggangu.

Baca Juga : 11 Ide Bisnis Fotografi Terbaik

Jangan lupa juga untuk mengambil foto dari semua perspektif yang bisa membuat foto lebih baik dan perhatikan pencahayaan sekitar.

Disini anda bisa menambahkan detail lain seperti brand anda, logo perusahaan atau nama toko. Ini penting untuk memperkenalkan tentang bisnis anda.

2. Ambil dari angle yang tak biasa

Meski diatas saya menayarankan untuk mengambil angle dari depan atau belakang, namun itu angle yang cukup umum dilakukan.

Untuk bisa mengambil angle yang tak biasa, anda bisa menempatkan kamera pada level yang sama dengan produk sehingga hasil bidikan terlihat setinggi mata.

Tetapi perlu berhati-hati disini, sebab bisa saja merusak citra produk jika anda mengambil angle yang tak biasa. Jika yang anda tekankan pada foto adalah warna produk, anglenya harus tepat agar tidak terdistorsi.

Anda boleh mengambil foto dengan angle yang tak biasa, seperti misalnya, mengambil foto dari atas atau dari bawah. Tetapi buatlah lebih beda dan menarik.

3. Coba foto makro

Foto makro menekankan pada detail. Jika produk anda berupa barang yang kecil seperti cincin atau kalung maka sebaiknya melakukan foto makro.

Perlu anda ingat bahwa sebagian besar foto makro akan digunakan bersama dengan produk normal lain. Oleh karena itu, sebaik mungkin anda menampilkan detail dari produk tersebut. Pastikan juga bahwa pencahayaanya tepat. Alias tidak terlalu buram dan tidak terlalu kontras.

4. Pakai model

Jika anda bosan terhadap produk tanpa subjek, coba pakai model. Ini untuk menambah kedalaman dari foto yang anda gunakan.

Model juga bisa menjadi sarana anda untuk menonjolkan produk. Tetapi usahakan untuk tidak menggunakan model bagi produk-produk makro.

Untuk produk-produk tertentu, seperti produk pakaian, model akan menambah daya tarik dari foto tersebut. Coba perhatikan sebagian besar foto produk pakaian, penjualnya melibatkan model disitu. Ini sebenarnya untuk menarik perhatian calon pembeli.

5. Manipulasi Foto

Tips ini sebenarnya selaras dengan cara nomor 4 diatas. Jika anda tidak punya keahlian manipulasi foto, anda mungkin perlu menyewa yang ahli DKV [Desain Komunikasi Visual].

Tetapi sebenarnya ini bisa menjadi peluang yang bagus bagi anda untuk belajar photoshoop atau Illustrator untuk beberapa produk utama anda.

Yang paling penting disini adalah usahakan agar anda tidak menghilangkan esensi dari foto anda. Anda hanya perlu mempertahankan foto asli dan menambahkan detail tertentu disekitar produk seperti logo, pencahayaan dan juga apa yang ingin anda tampilkan dari foto tersebut.

6. Membuat latar belakang yang unik

Nah disini juga penting. Mengatur latar belakang yang unik bisa menunjukan komposisi foto produk tersebut. Banyak foto produk menggunakan latar belakang polos. Itu berarti, fotografer hanya ingin fokus pada produk saja dan bukan pada detail lainnya.

Jika anda ingin membuat foto produk yang unik dan menarik, pililhlah latar belakang dengan warna yang menarik. Anda bisa menggabungkan beberapa warna, membuat garis-garis imajiner disana atau menggunakan satu warna yang segar.

7. Fokus pada produk bukan latar belakang

Memang sih, latar belakang menjadi pengawas untuk produk yang ingin anda tampilkan. Tapi terkadang, untuk produk-produk tertentu saja dan bukan untuk produk seperti makanan atau cemilan.

Itu berati, menampilkan produk anda lebih dominan adalah hal yang wajib dilakukan. Yang berarti, anda harus menjaga latar belakang yang digunakan agar tetap bersih.

8. Manfaatkan refleksi

Sebuah refleksi akan menambah kedalaman foto. Refleksi juga menjadi salah satu teknik dasar dalam dunia fotografi yang jarang digunakan untuk foto produk.

Tetapi usahakan jangan menggunakan cermin. Coba manipulasi saja foto yang anda ambil tersebut seperti menampilkan gambar diatas air.

Atau letakan produk di panci dengan air yang dangkal. Gunakan pencahayaan untuk meningkatkan refleksi dan edit nanti agar refleksinya muncul.

9. Pakai stand yang unik

Menaruh produk pada stand yang terlihat mewah adalah cara yang bagus untuk menambah daya tarik foto. Sebagai contoh, coba lihat produk-produk eskrim yang menampilkan warna-warna emas seperti dalam iklan video. Ini adalah teknik untuk menambah kemewahan produk.

10. Tambahkan unsur manusia

Melibatkan unsur manusia dan bukan saja dengan melibatkan model tetapi untuk menambah kesan bahwa produk tersebut memang untuk manusia. Dalam istilah umum hal ini disebut sebagai memanusiakan produk dalam fotografi. Salah satu cara membuat hal ini adalah dengan membuat cerita unik dibalik produk.

Ini berarti anda memberikan karakter dari produk tersebut. Gunakan kamera anda untuk menggambarkan aspek paling penting dan paling di kenal dari merk anda. Dengan demikian, karakter akan muncul seperti juga unsur manusianya.

Penutup

Membuat foto produk yang unik dan menarik adalah salah satu cara untuk meningakatkan penghasilan. Membantah, foto produk sendiri merupakan teknik dasar marketing online yang terus diterapkan hingga kini.

Artikel diatas memang masih terbatas pada produk fisik dan bukan pada jasa atau layanan tertentu. Kedepannya akan diulas tentang hal tersebut. Semoga bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *