10 Dedikasi Fotografer Yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

1 Like Comment
fotografer paling berdedikasi

Banyak fotografer yang telah berhasil membuat foto yang fenomenal dan berpengaruh di dunia. Namun, dibalik karya yang luar biasa tersebut ada perjuangan dan dedikasi fotografer yang bikin geleng-geleng kepala.

Dan memang, untuk menghasilkan sebuah foto yang luar biasa dan menarik dibutuhkan dedikasi, ketrampilan dan kreativitas yang tidak terbatas. Dengan kata lain, tidak ada foto bagus yang dihasilkan tanpa perjuangan.

Beberapa fotografer bahkan harus rela berdiam diri selama berhari-hari hanya untuk mengambil satu foto hewan atau mungkin perlu membungkuk ke belakang untuk mendapatkan angle yang diinginkan. Semua cara ini ditempuh semata-mata agar foto yang dihasilkan itu unik dan menarik.

Dedikasi fotografer dibawah ini sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, berkat dedikasi tersebut membuat nama mereka tersohor di dunia.

10 Dedikasi Fotografer Yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Nah, tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 10 dedikasi fotografer yang bikin geleng-geleng kepala. Berikut daftarnya:

1. Corey Rich

fotografer paling berdedikasi
via phlearn.com

Mungkin beberapa dari anda sudah tidak asing lagi dengan fotogafer yang satu ini. Rich merupakan maestro fotografi petualanganan yang mengabadikan hidupnya untuk mengambil foto antara manusia dengan alam.

Namun, sebagian besar foto yang dihasilkan oleh Rich lebih ditekankan pada gambar yang mengedepankan keberanian manusia.

Karena dedikasi ini, Rich pernah diajak oleh Nikon untuk berkolaborasi membuat film tentang dirinya serta karya-karyannya. Ia tidak menolak namun Rich lebih menginginkan agar film tersebut hanya berupa sekuel pendek yang fokus untuk menjawab pertanyaan orang-orang.

Baca Juga : 7 Tempat Paling Kotor Di Pesawat

Pembuatan film pendek pun dilakukan dan berlangsung selama 12 hari dan dihadiri oleh tiga atlet dari Amerika dan Meksiko. Di hari terakhir pembuatan film, Rich dan Crewnya mengambil foto seorang pendaki alam bebas bernama Alex Hannold.

Pada momen Hannold mendaki inilah Rich membuat tangga memanjang ke samping dipermukaan batu untuk mengambil angle dari atas seperti yang anda lihat pada gambar dibawah ini.

fotografer paling berdedikasi
via phlearn.com
fotografer paling berdedikasi
via phlearn.com

2. Kawika Singson

fotografer paling berdedikasi
via phlearn.com

Untuk memperoleh foto dengan posisi dan angle yang tepat memang harus mengorbankan banyak hal, termasuk peralatan dan pakaian yang dikenakan.

Hal itulah yang dilakukan oleh Kawika Singson. Lebih anehnya lagi, Sangson mengambil foto tersebut, seperti yang anda lihat dibagian atas, hanya untuk digunakan sebagai foto sampul di Facebook.

Sangson sendiri merupakan seorang street fotografer merangkap fotografer lanskap dari Kailua-Kona, Hawaii. Meski berstatus fotografer amatir namun Sangson telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menjelajahi berbagai gunung berapi aktif dan tidak aktif di pulau tersebut.

Baca Juga : 6 Teknik Dasar Fotografi Yang Harus Anda Ketahui

Salah satu hal yang membuat namanya melejit adalah saat ia mendaki sebuah gunung berapi lokal pada tahun 2013 lalu. Mendadak fotonya viral di media sosial. Pada foto tersebut, terlihat sepatu dan tripod Sangson terbakar akibat lahar yang ada di gunung tersebut.

Untuk menadapatkan foto yang sempurna, ia bersama rekannya, Christopher Hirata harus menempuh perjalanan berjam-jam.

Sampai kini, lokasi Sangson mengambil foto tersebut masih dirahasiakan karena takut fotografer amatir lain akan melakukan hal serupa yang justru mengancam keselamatan dirinya sendiri.

fotografer paling berdedikasi
via phlearn.com

3. Henryk Janowski

fotografer paling berdedikasi
via phlearn.com

Rasanya tak lengkap jika tak menyebut nama Henryk Janowski sebagai fotografer paling berdedikasi selanjutnya. Ia merupakan fotografer yang fokus mengambil subjek hewan liar.

Salah satu bagian yang paling menantang memilih genre fotografi ini adalah mengambil foto satwa liar di habitat aslinya. Karena memang, sering kali mahluk-mahluk tersebut gelisah berada di sekitar manusia sehingga sulit untuk mengambil foto alami mereka.

Untuk mengatasinya, Henryk melakukan pendekatan intuitif dengan cara membuat kapal kecil mirip angsa yang memungkinkan dirinya untuk mengambil foto jarak dekat tanpa mengganggu hewan-hewan tersebut.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Fotografi Sendiri di Rumah

Dalam sebuah wawancara Bersama TreeHugger, Janowski menjelaskan bahwa tujuan sebenarnya ia membuat kapal replika berbentuk angsa tersebut adalah agar ia lebih dekat dengan alam sembari mengambil foto satwa liar tanpa menggangu mereka.

Ide tersebut datang saat ia melihat respon angsa dengan sesuatu yang mirip dengan dirinya. Dalam kasus Henryk, ia akan mengambil foto angsa.

Setelah selesai membuat kapal angsa, Janowski mulai melakukan sesi pemotretan. Namun, ia harus berupaya sedekat mungkin dengan angsa dan kedua semaksimal mungkin untuk menjaga peralatan fotografi miliknya tetap kering.

fotografer paling berdedikasi
via phlearn.com

4. James Smart

fotografer paling berdedikasi
via phlearn.com

Saat James Smart melihat objek twister di Australia pada tahun 1996, ia tidak pernah menyangka dirinya berada ditengah badai. Satu dekade kemudian, tepatnya tahun 2013, Smart telah berhasil mengambil foto badai yang tidak pernah dipotret oleh manusia lain.

Kini, ia secara rutin tetap melakukan aktivitas fotografi semacam ini. Agar kegiatan fotografinya bisa berjalan dengan baik, ia dibantu oleh salah satu saudaranya serta seorang ahli meterologi untuk melacak badai.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini

Dengan bantuan krunya tersebut Smart bisa melacak pergerakan salah satu badai terbesar yang pernah ada di dunia yakni Colorado dan berhasil mengabadikannya.

Dalam sebuah wawancara dengan ABC, Smart mengakui bahwa timnya harus berada dalam jarak satu kilometer untuk mengambil gambar badai tersebut.

Sebenarnya, jarak ini bukanlah jarak yang aman. Namun, karena keberanian dan dedikasinya, ia berhasil mendapatkan foto yang sempurna.

Pada tahun 2015, karya tersebut berhasil menyabet penghargaan Photo of the Year yang diselenggarakan oleh National Geographic.

dedikasi fotografer
via phlearn.com

5. Franco Banfi

dedikasi fotografer
via phlearn.com

Saat masih muda, Banfi sudah jatuh cinta pada fotografi bawah air. Salah satu perjalannya ke Brasil berhasil melejitkan namanya.

Fotografer asal Swiss tersebut adalah penggila ular dan hal tersebut juga yang membawa Banfi ke Brasil tahun 2012 lalu.

Ia berangkat ke sana untuk mengabadikan salah satu ular paling berbahaya yang pernah dikenal oleh manusia yakni Anaconda.

Baca Juga : 11 Ide Bisnis Fotografi Terbaik Saat Ini

Sesampainya di brasil, ia lalu menuju Mato Grosso, sebuah wilayah di Brasil tengah dengan harapan agar ia bisa mengambil foto Anaconda di habitat alami mereka.

Setelah melakukan persiapan yang matang, dibantu seorang pawang lokal dan fotografer profesional asal Slovakia, Banfi akhirnya menemukan enam Anaconda berbeda dalam ekspedisinya.

Meskipun ia takut saat pertama kali berada di mahkluk itu sebab reputasi ular yang menakutkan namun ia berhasil mengabadikan beberapa foto menarik tentang Anaconda.

dedikasi fotografer
via phlearn.com

6. Wisnu Whiteramp

Whiteramp merupakan fotografer pernikahan yang sering mengambil foto dengan ide-ide yang tak biasa.

Salah satu aktivitas fotografinya yang berhasil melejitkan namanya adalah saat ia mengambil foto pasangan yang akan menikah sambil bergelantungan diatas pohon.

Saat sesi foto pre-wedding salah satu pasangan di India, Whiteramp kemudian mengusulkan untuk mengambil foto daria tas.

Ternyata ide ini berhasil sehingga foto yang dihasilkan lebih terlihat natural dan segar. Kini, Whiteramp telah menjadi salah satu fotografer pernikahan yang cukup popular di India.

dedikasi fotografer
via phlearn.com

7. Russell Ord

Dedikasi seorang fotografer
via phlearn.com

Ord sebenarnya adalah seorang guru yang berhenti dari pekerjaan tersebut hanya untuk menyalurkan hobinya yakni fotografi.

Beberapa tahun lalu, Ord berhasil menjadi berita utama beberapa media berbahasa Inggris saat dia berhasil menyelamatkan seorang surfer yang tenggelam.

Setelah itu, sang fotografer pun memperoleh popularitas di komunitas selam terlebih saat ia berhasil mengabadikan the Right, yang merupakan salah satu ombak besar di Australia Barat.

Hingga kini, Ord telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengambil foto ombak dan laut meski sebagian besar spot yang ia ambil mengancam keselamatan dirinya sendiri.

dedikasi tanpa batas
via phlearn.com

8. Michel d’Oultremont

fotografer paling berdedikasi
via phlearn.com

Seperti pepatah lama yang mengatakan bahwa kesabaran adalah kebajikan. Hal inilah yang diterapkan oleh Michel selama melakukan kegiatan fotografinya di alam liar.

d’Oultremont merupakan salah satu fotografer paling berdedikasi dibidangnya. Karena dedikasi itulah, d’Oultremont diganjar dengan penghargaan Rising Start Portofolio Award pada tahun 2014 yang diselenggarakan oleh Wildlife Photografpher of the Year Competition.

Baca Juga : Cara Mengatur Komposisi Foto Yang Baik dan Benar

Untuk menghasilkan foto yang pada akhirnya menjadi jawara konten foto, d’Oultremont harus melakukan perjalanan ke Rumania untuk mengambil foto bison.

Ide ini juga merupakan ide yang unik, sebab untuk mengambil foto Bison dibutuhkan kesabaran dan ketelitian sebab hewan ini adalah salah satu hewan yang tidak pernah terlihat selama lebih dari 200 tahun.

Oleh karena itu, d’Oultremont harus naik ke pegunungan Carpathia di Rumania sebab disinilah Bison biasanya berada.

Di hutan tersebut, d’Oultremont mengambiskan waktu dua minggu untuk melacak pergerakan mereka sembai menunggu kesempatan untuk mengambil foto bison tersebut.

fotografer paling berdedikasi
via phlearn.com

9. Guido Sterkendries

fotografi tanpa batas
via phlearn.com

Fotografer paling berdedikasi selanjutnya jatuh ke nama Guido Sterkendries. Ia merupakan ahli ekologi Belgia dan seorang fotografer satwa liar yang sering menghabiskan waktu berminggu-minggu tinggal di hutan.

Saat tinggal di hutan, Guido Sterkendries membuat kanopi pohon, yang memungkinkan dirinya untuk mengamati alam dengan cara yang berbeda.

Selama lebih dari 10 tahun menekuni bidang tersebut, Sterkendries berhasil mengambil foto hewan menakjubkan dan paling sulit dijumpai oleh manusia termasuk katak emas terancam punah, monyet Howler dan katak panah berancun arboreal biru yang belum pernah di foto.

Baca Juga : Cara Memilih Angle Yang Tepat Untuk Foto

Dalam sebuah wawancara dengan The independent, Sterkendries mengaku bahwa ia membutuhkan waktu 20 menit untuk naik ke kanopi dan sering berhenti karena panas yang ekstrem atau sekedar menikmati keindahan alam sekitar.

Terkadang, Sterkendries meminta batuan suku-suku setempat untuk membantunya membuat rumah pohon dengan sistem tali dan katrol.

Meskipun ide Sterkendries terkesan ekstrim, jangan tanya hasilnya. Misalnya, selama tinggal di daerah Panama lebih dari dua minggu, Sterkendries berhasil mengambil foto katak panah berancun berwarna biru seperti yang anda lihat pada gambar dibawah ini.

Fotografer paling berdedikasi
via phlearn.com

10. Tom Ryaboi

fotografer paling berdedikasi
via phlearn.com

Fotografer yang satu ini cukup unik dan berbeda dengan Sembilan fotografer ekstrem yang sudah dibahas dibagian atas.

Jika sebelumnya diatas lebih cenderung menekankan pada foto alam liar dan jarak yang ditempuh untuk menghasilkan sebuah foto, Ryaboi sebaliknya. Ia lebih menekankan pada seberapa tinggi foto tersebut diambil.

Ryaboi sendiri merupakan salah satu fotografer pelopor fenomena Rooftopping, salah satu genre fotografi ekstrem yang fokus mengambil subjek dari ketinggian.

Salah satu foto paling menarik karyanya adalah I’ll make ya Famous, yang diambil di Toronto pada april 2011 lalu.

Penutup

Menghasilkan karya fotografi yang unik memang tidak mudah. Butuh ketabahan, keberanian dan juga dedikasi fotografer yang tak sedikit.

Dan pada akhirnya, semua hal diatas akan bermuara pada waktu. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan karya-karya terbaik mereka.

Nah demikian artikel tentang 10 dedikasi fotografer yang bikin geleng-geleng kepala. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *