Cara Memperbaiki Foto Dan Gambar Yang Rusak

5 Likes Comment
mengembalikan gambar atau foto

Ada beberapa cara memperbaiki foto dan gambar yang rusak. Untuk memperbaikinya, anda bisa menggunakan bantuan beberapa tools yang khusus dibuat untuk memperbaiki foto, gambar dan file yang rusak.

Sebelum lanjut pada pembahasan, ada baiknya anda mengetahui perbedaan dan maksud dari artikel ini. Karena banyak yang sering salah kaprah mengenai tulisan ini sejak pertama kali publish.

Ada perbedaan mendasar antara memulihkan disk memori yang rusak dan memperbaiki foto atau gambar yang rusak. Jadi, jika anda ingin memulihkan foto dari kartu SD yang rusak itu berkaitan dengan masalah akses file secara tidak langsung.

Untuk memulihkannya, silahkan lakukan perbaikan atau recover pada kartu SD tersebut. Sementara, untuk memperbaiki gambar atau foto yang rusak berarti anda mencoba mengidentifikasi masalah-masalah yang menjadi penyebab utama gambar atau foto rusak sehingga bisa diperbaiki.

Cara memperbaiki foto dan gambar yang rusak

Nah dalam artikel kali ini akan diulas tentang cara memperbaiki foto dan gambar yang rusak. Untuk memperbaikinya, ada bebrapa tools yang tersedia di internet untuk memulihkan gambar atau file yang rusak.

Beberapa tools memang kinerjanya terbatas pada gambar atau foto dengan format tertentu misalnya JPG atau JPEG, RAW dan beberapa format lain.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Fotografi Sendiri di Rumah

Tools ini akan bekerja untuk mengindetifikasi gambar dan foto yang rusak apakah karena kesalahan internal seperti perintah metadata yang salah atau kerusakan eksternal misalnya dari kartu memori yang rusak. Atau memang gambar sudah rusak dari sononya alias dari kamera.

Juga tersedia beberapa tools yang membantu anda memulihkan foto yang rusak karena sudah terhapus, file korup atau karena kartu SD sudah di format.

Sehingga, anda bisa memulihkan file multimedia yang hilang dari kamera digital, kartu memori, laptop, desktop, drive USB, CD, DVD atau dari media penyimpanan lain.

8 Tools untuk memperbaiki foto dan gambar yang rusak

Nah berikut disajikan 8 tools untuk memperbaiki atau memulihkan gambar atau foto yang rusak. Tools apa saja itu? Ini dia daftarnya:

1. Stellar Phoenix JPEG Repair

Stellar Phoenix JPEG Repair

Stellar Phoenix JPEG Repair merupakan salah satu perangkat lunak pemulihan file JPEG/JPG [dan beberapa format gambar yang didukung] yang bisa digunakan untuk memperbaiki foto atau gambar yang rusak.

Tools ini juga akan memperbaiki gambar tersebut tanpa mengubah data aslinya. Tools ini bahkan bisa memperbaiki gambar dari kartu memori, yang mungkin tidak dapat dibaca oleh desktop.

Dengan kata lain, tools ini adalah salah satu tools perbaikan gambar terbaik yang pernah ada dan lebih canggih dibanding tools lain. Tools ini juga kompatible dengan Windows 10 dan juga Apple macOS.

Baca Juga : Jual Foto Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Selain memperbaiki file JPEG yang rusak, tools ini juga bisa digunakan untuk memulihkan kembali kartu SD yang rusak, USB, memori stick, hard drive komputer atau media penyimpanan sekunder lain.

Sementara, untuk file JPEG, Stellar JPEG Repair akan bekerja dengan cepat meskipun situasi header data sudah korup, data JPEG rusak total, struktur file JPEG yng tidak valid, penanda JPEG yang tidak diketahui atau tidak valid, penanda SOS yang hilang dan lain sebagainya.

Secara umum, ada beberapa keunggulan utama tools ini, antara lain:

  1. Memperbaiki Header Rusak & Struktur File JPEG yang tidak valid
  2. Memperbaiki Foto Rusak sekaligus memulihkan media penyimpanannya
  3. Mampu mengekstrak Thumbnail gambar dari File JPEG rusak
  4. Bisa memperbaiki beberapa file JPEG & foto lain secara bersamaan
  5. Memberikan pratinjau pada foto yang akan dipulihkan

Software ini juga bisa didownload dan kompatible dengan versi windows. Untuk mendownloadnya silahkan klik tautan ini.

2. File Repair

Ini adalah salah satu tools perbaikian file dasar yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki gambar yang rusak. Tools ini juga bisa bekerja dengan baik untuk perangkat iPhone dan Android.

Tools ini akan berusaha memindai semua file yang rusak dan mengekstrak data maksimum dari file tersebut dan mengkoversinya ke model baru.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kertas Foto Yang Umum Digunakan

Jika gambar atu foto rusak karena virus, aplikasi yang gagal membacanya, kerusakan sistem internal atau kesalahan jaringan ada baiknya anda menggunakan software yang satu ini.

Proses pemulihan file dalam alat ini cukup bagus untuk memperbaiki gambar atau foto dengan beragam format seperti JPEG, GIF, TIFF, BMP, PNG atau RAW yang rusak (.jpg, .jpeg, .gif, .tiff, .bmp, .png).

Tools ini juga bisa download dan kompatible dengan sebagian besar komputer termasuk Windows dan Mac. Untuk mendownloadnya silahkan klik disini.

3. PixRecovery

pixrecovery

Selanjutnya adalah PixRecovery yang bisa memperbaiki berbagai format gambar atau foto seperti JPEG, GIF, TIFF, BMP, PNG atau RAW (.jpg, .jpeg, .gif, .tiff, .bmp, .png).

Data yang dipulihkan akan disimpan ke dalam format baru yakni bitmap (.bmp) atau format file asli sesuai dengan pilihan pengguna.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Tools ini termasuk salah satu perangkat lunak dengan kinerja sederhana yang bisa melakukan proses recovery dengan mudah. Penggunaanya juga mudah sehingga anda tidak perlu tekan tombol ini itu untuk memulihkan satu file.

Jika file yang dipulihkan berformat RAW, maka aplikasi akan memperbaiki sistem internal kartu atau kamera seperti Canon, Epson, Fuji, Hasselblad, Kodak, Leica, Mamiya, Minolta, Nikon, Olympus, Panasonic, Pentax, Ricoh, Sony.

Tools ini bisa download gratis untuk versi gratis. Jika anda tertarik silahkan download disini. Tools ini juga kompatible dengan berabgai versi desktop.

4. JPEG Recovery Pro

JPEG Recovery Pro adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk memulihkan file atau gambar yang rusak. Tools ini bekerja dengan cara menduplikasi data-data mentah file yang rusak untuk berjaga-jaga jika gambar asli dipecah menjadi 2 bagian secara otomatis.

Baca Juga : Cara Mengambil Foto Makro Yang Baik dan Benar

JPEG Recovery Pro juga secara otomatis akan coba memperbaiki gambar didalam folder atau subfolder memori. Tools ini akan memindai, lalu menemukan seluruh file yang rusak lalu memperbaikinya. Tools ini kompatibel dengan semua versi desktop jadi anda bisa langsung mendownloadnya di sini.

5. Dokter Pic

Pic Doctor

Picture Doctor memiliki beberapa keunggulan dibanding tools lain. Tools ini tidak saja digunakan untuk memperbaiki gambar atau foto yang rusak, tetapi juga bisa digunakan untuk memperbaiki grafik gambar, JPG dan gambar dengan format dari adobe photoshop yakni PSD.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kode Asal Negara iPhone

Setelah dipulihkan, gambar akan dikembalikan dalam format asli yaitu BMP. Tools ini juga akan memulihkan semua lapisan data atau gambar PSD dengan melakukan pemrosesan batch. Dengan kata lain, tools ini adalah tools perbaikan gambar yang sangat baik.

Anda bisa mengunduh versi gratis dari tools ini karena kompatible dengan versi windows terbaru. Untuk mendownloadnya silahkan klik tautan ini.

6. Toolkit JPEG Repair

JPEG Repair Toolkit

Selanjutnya adalah toolkit JPG Repair yang bisa digunakan untuk memperbaiki secara otomatis gambar atau foto yang rusak. Alat ini pada awalnya dirancang untuk penggunaan internal saja namun terus diperbaharui sehinga bisa digunakan dengan bebas.

Baca Juga : Begini Cara Mengetahui Gambar Yang Sudah Diedit Atau Belum

Salah satu kelemahan dari tools ini adalah kinerja yang lambat apalagi jika gambar yang hendak dipulihkan sudah rusak total. Karena software harus mengumpulkan semua data-data terlebih dahulu sebelum memulihkannya. Ada beberapa kelebihan tools ini antara lain:

  1. Memperbaiki file JPEG yang rusak
  2. Memperbaiki header JPEG yang korup
  3. Perbaiki penanda JPEG yang tidak valid
  4. Memperbaiki kerusakan akibat bad sector
  5. Memulihkan data JPEG dengan format RAW yang rusak seperti CR2 dan NEF
  6. Tidak menyandikan ulang gambar JPEG sehingga kualitas asli tetap terjaga

JIka anda tertarik untuk mengunduh versi gratis silahkan klik disini. Tools ini kompatibel dengan versi windows terbaru dan Mac.

7. SysInfoTools Image Repair tool

SysInfoTools Image Repair Tool

Tools ini adalah salah satu tools terbaik yang bisa anda gunakan untuk memulihkan gambar atau foto yang rusak karena alasan-alasan khusus.

Ini adalah tools perbaikan digital yang dirancang menggunakan logartima pemulihan paling canggih saat ini sehingga bisa memperbaiki gambar dalam format apa pun.

Alat ini juga tidak saja berfungsi untuk memulihkan gambar atau foto saja, tetapi juga mendukung pemulihan kartu SD, kartu memori, USB flash drive dan lain sebagainya.

Baca Juga : 6 Manfaat Membuat Foto Produk Yang Unik dan Menarik

Pada dasarnya, tools ini dirancang untuk memperbaiki dan memulihkan kembali foto yang sudah tidak bisa diakses lagi karena logartima yang digunakan akan bekerja untuk memulihkan data semaksimal mungkin tanpa menghilangkan kualitas foto.

SysInfoTools Image Repair tool bisa memulihkan file gambar yang juga telah terdisorsi seperti BMP, JPEG, GIF, TIFF, MOS, MEF, PSP dan lain sebagainya. Ada beberapa keunggulan aplikasi yang satu ini antara lain:

  1. Mendukung pemulihan gambar digital yang korup
  2. Memperbaiki gambar dalam berbagai format termasuk JPEG, PNG, dan lain sebagainya
  3. Mendukung perbaikian format file RAW dari Kamera yang populer seperti Nikon, Canons, Fujifilm, Sony dan sebagainya
  4. Menjalankan perbaikan berbagai memori SD, USB drive seperti Seagate, San Disk, Kingston dan lain sebagainya
  5. Mendukung pemulihan dari sistem file FAT dan NTFS

Software yang satu ini bisa didownload pada tautan ini. Software ini kompatibel dengan windows dan juga Mac.

8. JPEG Repair Shop

JPEG Repair Shop

Bengkel JPEG atau JPEG Repair Shop adalah tools berikutnya yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki file JPEG yang rusak dengan cara memanipulasi struktur internal file tersebut. Sehingga, tools ini bisa digunakan apabila perbaikan manual dan tools lain tidak berfungsi.

Bengkel JPEG akan bekerja dengan cara membagi data-data dalam detail-detail kecil yang disebut MCU [minimum coded unit] untuk kemudian dikodekan kembali secara bersamaan.

Karena biasanya file JPEG dikompresi dengan perintah yang kadang berbeda, ada kemungkinan gambar akan rusak. Sehingga, bengkel JPEG akan menyisipkan MCU dan secara otomatis memperbaiki keesalahan yang ada.

Ada beberapa kesalahan paling umum yang bisa diperbaiki oleh tools ini antara lain:

  1. Kesalahan: “Tidak dapat memuat file atau file Header yang korup”
  2. Kesalahan: “Tidak dapat memuat file karena tidak ada data pada file”
  3. Kesalahan: “Tidak dapat memuat file karena penanda tidak didukung”
  4. Kesalahan: “Tidak dapat memuat file karena jenis JPEG tidak didukung”

Secara singkat setiap kesalahan itu berusaha menunjukan bahwa ada metadata pada file yang rusak. Metadata ini kemudian disebut MCU. Jadi tools ini akan berusaha memperbaiki setiap kesalahan tersebut lalu memulihkan gambar atau file.

JIka anda tertarik menggunakan tools ini silahkan klik pada tautan ini. Software ini kompatibel dengan versi windows 10 dan Mac.

Penutup

Kadang kala, jika gambar atau file yang ada rusak anda mungkin hanya pasrah dan membiarkan begitu saja tanpa mengetahui bahwa file-file tersebut rusak.

Terkadang juga, bukan gambar atau foto yang rusak, melainkan proses penandaan kamera, kesalahan integrasi kartu memori dan kamera, penyimpanan, USB, Hard drive dan media penyimpanan lainlah yang rusak.

Jadi, kerusakan singaktnya terbagi dua yakni eksternal dan internet. Dua-dua kesalahan tersebut bisa diperbaiki kok, asalkan anda menggunakan tools yang sudah diulas dibagian atas.

Nah demikian artikel tentang cara memperbaiki foto dan gambar yang rusak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *