Cara Memilih Angle Yang Tepat Untuk Foto

5 Likes Comment
cara memilih angle

Cara Memilih Angle Yang Tepat Untuk Foto – Suatu foto yang menarik tak lepas dari angle [sudut] pengambilan gambar. Angle memang memiliki paham yang lebih luas dari pada hal yang saya maksud diatas.

Misalnya, angle bisa digunakan dalam dunia jurnalistik untuk memilih sudut pandang pemberitaan.

Dalam dunia fotografi, angle sangat penting untuk membuat foto menjadi lebih menarik, keren dan terlihat berbeda dengan foto yang lain.

Kadang kala, saat kita melakukan sesi pemotretan, kita tidak memperhatikan angle ini dan tidak mengatur posisi kamera kita sehingga hasilnya nanti tidak menarik.

Untuk lebih memahami apa itu angle, ada baiknya kita membahas tentang pengertian angle terlebih dahulu sebelum masuk pada cara memilih angle yang tepat.

Apa itu Angle?

Angle memiliki pandangan dan pengertian yang luas. Meski pengertiannya sebagian besar sama untuk bidang ilmu namun penerapannya berbeda.

Angle sering digunakan dalam geometri, matematika, fisika, jurnalistik, teknik, ekonomi hingga dalam dunia fotografi.

Angle diartikan sebagai sudut, yang merupakan ukuran belokan. Ini diukur dalam derajat. Ada 360 derajat dalam satuputaran penuh. Untuk mengetahui putaran sudut anda bisa menggunakan busur derajat.

Dalam dunia fotografi, angle berarti sudut pengambilan gambar [foto]. Sudut ini terkadang menentukan entitas gambar sehingga menjadikan gambar itu menjadi beda.

Baca Juga : Cara Agar Bisa Menang Lomba Fotografi

Entah lebih baik atau bahkan lebih buruk. Angle dalam fotografi memiliki pengaruh yang signifikan dalam komposisi gambar, pencahayaan, bidang, dan juga membuat gambar bisa lebih menarik.

Secara signifikan, angle menentuka postur foto, apakah tampak lebih baik atau malah sebaliknya.

Setelah mengetahui pengertian angle ini, sekarang kita beralih pad acara memilih angle yang tepat dalam dunia fotografi.

10 Cara Memilih Angle Yang Tepat Untuk Foto

Nah berikut disajikan 10 cara memilih angle yang tepat untuk foto. Berikut daftarnya:

1. Duduk

cara memilih angle
via ephotozine.com

Baik itu dilantai atau di kursi, duduk akan memberi persepektif baru untuk pandangan yang lebih rendah. Karena mampu menciptakan peluang untuk menghasilkan foto yang lebih menarik.

Misalnya, anda mengambil objek orang dan pohon, jika anda mengambil dengan cara duduk maka fotonya akan terlihat menjulang ke atas. Jika objeknya adalah anak-anak, hasilnya akan terlihat lebih segar dan natural.

2. Berbalik

Saat anda melakukan sesi pemotretan di Laut misalnya, jika anda memiliki kamera yang kedap air, coba ambil foto menghadap pantai.

Sebab kebanyakan orang lebih suka memotret ke arah laut dan bukan sebaliknya. Angle terbalik ini akan memberikan perspektif baru dari foto yang anda hasilkan.

3. Foto dari atas [ketinggian]

cara memilih angle
via ephotozine.com

Pergilah ke gedung atau bukit terdekat untuk mendapatkan pemandangan kota atau lanskap yang luas.

Angle macam ini akan menciptakan foto yang menakjubkan dan terlihat riuh. Atau mungkin sesi pemotretan praweding, anda bisa menggunakan tangga untuk mengambil foto dari atas.

Baca Juga : 6 Teknik Dasar Fotografi Yang Harus Anda Ketahui

Perspektif ini akan menghasilkan foto yang terlihat bebas, baru dan menarik. Akan lebih mantap kalau anda mengambil gambar dengan efek panorama [jika yang anda foto itu adalah pemandangan].

4. Coba pakai Stepladder

Mungkin sedikit konyol ini. Namun jika anda mencoba mengambil foto di acara perkawinan yang sibuk dimana banyak orang yang sedang berkerumum, anda bisa mengambil potret ruangan yang paling atas [balkon].

Ini akan bisa membuat anda lebih bebas untuk mengambil foto. Selain itu juga, orang-orang akan mendapatkan gambaran dari perspektif baru dari hasil foto yang anda lakukan.

Memang sih, ini sama seperti diatas. Tapi tujuannya untuk menangkap momen dengan objek yang lebih sedikit.

5. Dalam air

cara memilih angle
via ephotozine.com

Jika anda punya peralatan yang lengkap untuk mengambil gambar didalam air, coba sekali waktu anda mengambil angle dari dalam air.

Tidak perlu menyelam, cukup beli kamera kedap air dan berenang di kolam renang atau di pantai yang airnya dangkal.

6. Mengangkat kamera tinggi-tinggi

Cara termudah untuk mengubah pandangan tanpa harus berebutan ruang dengan orang lain adalah dengan memegang kamera anda tinggi-tinggi.

Ini bertujuan untuk memberi pandangan yang berbeda dari foto yang hendak anda ambil atau memberi perspektif baru dari foto yang dihasilkan.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Fotografi Sendiri di Rumah

Untuk cara ini ada baiknya anda mengunakan kamera dengan layar yang dapat dimiringkan karena bisa memudahkan anda melihat hasil foto dengan nyaman dan cepat termasuk saat anda mengambil foto.

7. The jungle angle

cara memilih angle
via ephotozine.com

Ini adalah perspektif bebas namun pantas anda coba. Disini mengajarkan anda untuk tidak cepat puas dengan foto yang anda ambil.

Coba sesekali ke hutan untuk memotret dengan mode panorama bawaan dan ambil foto dengan objek yang luas sehingga hasilnya terlihat lebih bebas dan menarik. Hasilnya luar biasa!

8. Berbaring

Meski terlihat menggelikan, namun jangan salah sangka. Mengambil angle foto dengan cara berbaring atau tengkurap [untuk mengambil objek mikro] akan menghasilkan foto dengan perpspektif yang luas namun spesifik.

Anda bisa menggunakan aperture kecil untuk memaksimalkan kedalaman bidang sekaligus untuk mengawasi paparan cahaya, termasuk cahaya dari langit.

Baca Juga : Jual Foto Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Ratusan Dollar

Posisi ini sangat bagus untuk bidikan mikro close-up misalnya untuk mengambil gambar-gambar kecil seperti serangga, tanaman dan benda-benda kecil lainnya di tanah.

9. Dari bawah

Angle macam ini sepenuhnya bergantung pada posisi kamera sehingga semakin rendah ke tanah semakin tinggi pandangan ke langit yang luas.

Angle ini memungkinkan anda untuk menghasilkan foto kelopak bunga yang terlihat natural [jika anda ingin mengambil objek bunga].

10. Manfaatkan refleksi

cara memilih angle
Refleksi dari sebuah bangunan di Roma, Italia/foto oleh David

Refleksi akan menghasilkan dua objek yang terhubung dan saling melengkapi. Memanfaatkan refleksi akan menghasilkan foto yang luar biasa.

Untuk memanfaatkan refleksi anda bisa menggunakan pantulan cermin, genangan air yang bisa memantulkan orang dengan payung, bangunan yang terbuat dari kaca juga dapat memantulkan struktur bangunan lain.

Meski hasilnya terlihat lebih abstrak, apalagi saat angin bertiup maka permukaan air akan cenderung lebih diam. Manfatkan momen ini untuk menghasilkan foto lebih baik dan menarik.

Konklusi

Saat ini, fotografi tidak saja dianggap sebagai sebuah seni tetapi juga sebagai sebuah gaya hidup.

Untuk bisa menghasilkan foto yang menarik, tidak saja dituntuk untuk memiliki keahlian dasar dalam dunia fotografi, seperti bagaimana mengatur komposisi gambar dan juga teknik-tekni dasarnya.

Namun ada elemen yang paling penting yang wajib kita ketahui, yakni soal angle. Seperti yang disebutkan diatas, angle adalah sebuah titik derajat.

Itu berarti, angle terdiri dari dari baya sekali sudut. Apalagi jika diterapkan untuk mengambil objek yang besar seperti bangunan misalnya.

Memilih angle yang tepat akan menjadi kunci foto yang anda hasilkan apakah bagus atau tidak. Karena itu, ada baiknya anda memilih angle yang menurut anda cocok dan pas.

Kalau bagunan, menurut saya pribadi, angle yang cocok adalah angle yang mampu mengambil semua bagian bangunan. Itu berarti anda harus memfotonya dari atas.

Nah demikian artikel tentang 10 Cara Mengambil Angle Yang Tepat Untuk Foto. Punya pertanyaan atau masukan terkait dengan postingan ini? Silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *