Cara Membuat Foto Yang Menarik Hanya Dari Ponsel

5 Likes Comment
Cara Membuat Foto Yang Menarik

Cara Membuat Foto Yang Menarik Hanya Dari Ponsel – Sebenarnya, dunia fotografi adalah salah satu dunia yang paling dekat dengan kehidupan manusia. Mengapa? Salah satu alasannya karena sebagian besar manusia punya kamera.

Disini kita tidak perlu berbicara tentang kamera yang mahal, kita hanya berbicara tentang kamera saja, mulai dari kamera ponsel, handycam, dan lain sebagainya.

Untuk itu, jika kita ingin mempelajari cara mengambil foto yang bagus sudah seharusnya kita lakukan. Supaya kita paham tentang cara mengambil foto yang baik dan benar.

Karena itu, kebanyakan dari kita mengambil foto asal-asalan. Yang penting objek yang mau di ambil terlihat, itu sudah lebih dari cukup. Yang sebenarnya hal itu cukup keliru.

Jika anda tahu menggunakan kamera [cara mengambil gambar] anda juga seharusnya tahu tentang dasar dari fotografi yakni komposisi dan pencahayaan.

Disisi lain berusaha mengasah naluri anda sebagai seorang fotografer dalam menggunakan timing. Dalam artikel kali ini saya ingin mengulas tentang cara membuat foto dari ponsel yang baik dan benar.

Cara mengambil foto dari Ponsel

Revolusi telepon gengam telah berkembang seiring waktu berjalan. Revolusi ini telah membuat produsen untuk mengembangkan fitur-fitur keren dan unik dari ponsel tersebut.

Hingga kini, ada beberapa bagian dari handphone yang tidak bisa dipisahkan lagi mulai dari elemen touchscreen, jam hingga kamera.

Jika kita berbicara kamera, pertarungan sengi sedang terjadi di baliknya. Saat pertama kali menggunakan handphone, kamera yang digunakan masih dalam bentuk VGA.

Baca Juga : Cara Memilih Angle Yang Tepat Untuk Foto

Setelah masuk SMA, orang tua memberikan saya kamera Sony Ericson K550i, dengan kamera sebesar 1,6 MP. Kamera ponsel ini adalah kamera paling terang pada masa itu. 5 tahun kemudian, rata-rata kamera ponsel sudah diatas dari 10 Pixel.

Lebih dari itu, kamera ponsel saat ini juga di lengkapi dengan deteksi wajah, umur, pengaturan cahaya otomatis hingga Artificial Intelegence [AI].

Semua ini menjadi revolusi dari kamera Handphone. Namun meskipun revolusi kamera sudah begitu baik, foto-foto yang dihasilkan ternyata berbanding terbalik.

Oleh karena itu, dalam artikel ini saya ingin mengulas tentang hal ini. Yakni tentang bagaimana mengambil gambar dari kamera ponsel yang baik dan benar.

Cara Membuat Foto Dari Ponsel Agar Menarik

Dalam artikel ini ada 9 cara membuat foto yang menarik dari ponsel. Pasti penasaran kan, bagaimana caranya? Baca artikel ini sampai habis.

1. Gunakan cahaya alami

Pencahayaan adalah elemen dasar dari sebuah foto. Lensa akan bekerja lebih bagus jika ada cahaya. Untuk itu, memahami cara mengunakan cahaya pada lensa adalah aturan paling pertama dan terpenting untuk mendapatkan foto yang bagus meskipun hanya menggunakan kamera ponsel.

Saran saya ada baiknya menghindari penggunaan lampu kilat [blitz] dari kamera smartphone, untuk menciptakan cahaya alami guna menghasilkan foto yang lebih kaya dan cerah.

Baca Juga : 11 Ide Bisnis Fotografi Terbaik 

Memang sih, lampu blitz [flash] dapat membuat pencahayaan pada objek terlihat merata meskipun sebenarnya itu membuat subjek agak buram. Jika tempat mengambil foto anda berada di luar ruangan, coba ambil foto dari dekat jendela atau di kamar yang terang.

Jika mengambil foto di malam hari, lebih baik untuk menemukan sumber cahaya sekitar, seperti lampu jalan dan jendela toko. Menyalakan lampu Blitz juga memungkinkan mata subjek yang di foto terlihat memerah karena pantulan.

2. Jangan terlalu ekspos gambar

Anda memang bisa mencerahkan foto yang terlihat gelap dengan cara mengeditnya, namun untuk memperbaiki foto yang terlalu terang nampaknya susah. Apalagi untuk kasus seperti mata yang terlihat memerah dalam foto.

Untuk itu, ada baiknya anda mencegah paparan cahaya yang berlebihan dengan menyesuaikan pencahayaan dari layar ponsel anda.

Cara lain untuk mencegah paparan cahaya yang berlebihan dari kamera anda adalah dengan mengetuk bagian paling terang sebelum mengambil foto guna menyesuaikan pencahayaan sebelum mengambil gambar [jika kamera ponsel anda sudah mendukungunya].

3. Foto di waktu yang tepat

Ada beberapa waktu emas bagi para fotografer, sebagian besar saat matahari mulai terbenam di cakrawala. Waktu emas ini membuat setiap foto terlihat berbeda dan jauh lebih indah. Dan tanpa anda sadari ini adalah filter alami sebuah foto.

Baca Juga : Cara Agar Bisa Menang Lomba Fotografi

Kalau anda mengambil foto saat matahari sedang terik-teriknya, awan bisa menjadi teman anda. Tapi perlu anda ketahui, sangat sulit untuk mendapatkan gambar yang baik di bawah sinar matahari langsung.

Karena itu, ada baiknya anda memperhatikan cuaca sekitar. Cuaca berawan sangat bagus karena mampu meredakan cahaya matahari dan menciptakan efek lembut pada foto.

4. Terapkan aturan pertiga

Udah pernah dengar ini belum? Jika belum, saya akan jelaskan. Aturan pertiga mengacu pada komposisi dalam fotografi.

Komposisi ini mengacu pada susunan foto yang terdiri dari bentuk, tekstur, warna dan elemen lain yang ikut membentuk gambar.

Aturan pertiga sebenarnya adalah sebuah prinsip komposisi paling terkenal dan merujuk pada metode sederhana untuk menyeimbangkan foto.

Baca Juga : 5 Hobi Yang Dapat Menjadi Bisnis Menguntungkan

Ini membagi gambar menjadi kisi 3×3 dan menyelaraskan subjek atau objek foto di sepanjang garis kisi untuk menciptakan keseimbangan.

Tetapi, anda juga bisa mencapai efek yang berbeda setelah aturan pertiga ini, yakni asimetri seimbang. Dimana subjek berada di luar pusat tetapi diimbangi oleh objek lain.

Jika anda menggunakan kamera ponsel terapkan aturan pertiga ini yakni: hidupkan garis kisi-kisi dari kamera ponsel anda di pengaturan.

Gunakan hal itu untuk berlatih menyelaraskan foto anda. [Sebagian besar kamera ponsel punya garis kisi-kisi ini].

5. Perhatikan sudut pandang

Saat mengambil foto dari ponsel, anda mungkin memegangnya setinggi mata dan memotret. Sebagian besar pengguna melakukan ini. Tahan kecenderungan alami ini jika anda ingin menghasilkan foto yang bagus hanya dari ponsel anda.

Mengambil foto dari sudut pandang yang berbeda akan memberikan perspektif baru, bahkan ketika subjek yang diambil itu sudah sangat akrab.

Cobalah untuk memotret dari atas atau dari bawah, merunduk rendah ke tanah atau memanjat dinding.

6. Bingkai subjek anda

Menciptakan ruang di sekitar titik fokus dapat menambahkan lebih banyak minat visual dari pada memperbesarnya dan menyisahkan objek semata.

Dalam kasus ini, terkadang anda mendapatkan objek yang tidak anda duga ada di dalam gambar yang anda hasilkan, seperti misalnya foto bulan sabit.

Tidak seperti kamera lain dengan lensa yang dapat di sesuaikan. Kamera ponsel biasanya hanya bertindak untuk memperbesar atau mengecilkan bidang dan pandangan.

Baca Juga : Cara Mengatur Komposisi Foto Yang Baik Dan Benar

Akibatnya, anda harus memotong gambar yang anda ambil. Hal ini justru membatasi opsi pengeditan nanti, yang membuat anda kehilangan detail lain. Untuk itu, usahakan agar menghindarinya.

Sebagai gantinya, cukup ketuk pada subjek foto atau titik fokus untuk memfokuskan kamera. Untuk hasil yang lebih bagus anda bisa membeli lensa eksternal yang cocok untuk kamera ponsel anda.

7. Aturan garis depan

Dalam dunia fotografi, ada satu istilah keren lain yang mungkin anda belum tahu. Yakni subjek garis depan. Ini adalah garis yang berjalan melalui gambar yang mampu menarik perhatian anda dan mata orang-orang yang melihatnya.

Garis ini bisa saja jalan, bangunan, atau elemen alami lain seperti pohon dan ombak. Dan garis ini mampu menambah kedalaman foto anda.

Untuk itu, upayakan untuk menambah hal ini dalam foto anda sehingga membuat foto anda menjadi lebih menarik.

8. Tambah kedalaman foto

Memang sih, sangat mudah untuk fokus hanya subjek, entah itu orang ataupun sepotong donat. Tetapi foto yang melibatkan lapisan [berupa pola atau objek latar belakag serta latar depan] secara alami mampu menarik perhatian seseorang secara visual. Ini memberi nilai tambah bagi foto anda.

9. Jadilah kreatif

Jika tujuan anda mengambil foto tersebut untuk di posting di Instagram, facebook atau Twitter, maka anda baiknya anda kreatif. Maksudnya adalah anda melihat tren fotografi yang paling populer saat ini sehingga gambar yang anda hasilkan tidak terkesan klise.

Konklusi

Membuat foto yang baik dan benar tidaklah mudah. Apalagi hanya bermodalkan kamera seadanya seperti kamera ponsel. Namun jika mengetahui teknik pengambilan gambar dan bagaimana memainkan komposisi, maka tentu saja akan menghasilkan gambar yang lebih baik dari sebelumnya.

Kira-kira demikian artikel tentang Cara Membuat Foto Yang Menarik Dari Ponsel Yang Baik Dan Benar. Semoga bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *