Cara Buat Thumbnail Youtube Yang Unik Dan Menarik

2 Likes Comment
thumbnail youtube

Sebenarnya, terkait dengan cara buat thumbnail Youtube yang unik dan menarik juga merupakan suatu teknik untuk mendongkrak video anda agar bisa di tonton oleh banyak orang.

Thumbnail atau gambar mini yang terdapat pada Youtube merupakan salah satu elemen yang paling efektif dan sudah seharusnya untuk ditingkatkan guna memaksimalkan klik tayang video.

Saat anda membuat konten dan mengunggahnya ke Youtube, beberapa dari anda mungkin menyepelekan Thumnail dan menganggap itu bukan elemen penting dari video. Pikiran anda mungkin terbatas pada pikiran bahwa selama konten yang saya buat bagus, thumbnail tidak terlalu penting.

Padahal itu adalah suatu kesalahan besar. Pandangan seperti ini justru membuat anda tidak bisa memaksimalkan view video anda.

Yang mungkin belum anda ketahui adalah bahwa Thumnail Video di Youtube adalah hal paling pertama yang akan dilihat pemirsa saat mereka menjelajahi video di Youtube.

Baca Juga : 5 Hal Yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Chanel Youtube

Thumbnail juga akan menjadi kesan pertama bagi pengunjung dan juga video anda, dan pada dasarnya menjadi salah satu penentu apakah mereka akan menonton video tersebut atau tidak.

Oleh karena itu, merancang thumbnail youtube yang yang unik dan menarik tidak saja membantu anda meningkatkan citra channel anda, tetapi juga bisa menarik menarik perhatian pengunjung entah itu subscribe anda ataupun pengunjung baru.

Lalu bagaimana cara membaut thumbnail Youtube yang unik dan menarik? Dalam artikel ini akan diulas tentang 5 tips membuat thumbnail youtube yang unik dan menarik.

Cara buat thumbnail Youtube

Sebelum lanjut, thumbnail bisa dibuat setelah anda selesai membuat thumbnail. Anda juga sebenarnya bisa mengganti thumbnail kapan saja. Lalau bagaimana cara buat thumbnail youtube yang unik dan menarik? Berikut daftarnya

1. Pakai dimensi gambar yang tepat

cara buat thumbnail youtube
via fiverr.com

Menggunakan dimensi gambar yang tepat akan membuat Channel dan saluran anda terlihat professional. Oleh karena itu, sebelum membuat thumbnail tentukan terlebih dahulu ukuran dan resolusinya.

Sesuai dengan pedoman Youtube, gambar mini atau thumbnail harus berukuran 1280×720 piksel dengan lebar minimum 640 Pixel. Rasio 16:9 adalah rasio ideal karena rasio inilah yang sering digunakan saat Pratinjau video.

Baca Juga : 18 Fakta Menarik Tentang Youtube Yang Tidak Kamu Ketahui

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak membuat gambar mini yang berukuran kecil, kabur, dan tak jelas. Meskipun ada yang beranggapan bahwa kemunculan thumbnail relatif kecil di hasil pencarian Youtube, jangan lupa fakta lain bahwa Video Youtube dapat disematkan.

Saat disematkan, maka yang tampil bukanlah pratinjau video melainkan thumbnail. Karena itu, gunakanlah gambar yang jernih, berukuran besar yang sudah serta konteks lain.

2. Taruh judul video pada Thumnbail

via animaker.com

Menambahkan teks pada Thumbnail memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat terbesar adalah memberikan pesan konteks pada pemirsa anda mengenai isi video anda dan juga mengenai Channel anda.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Ada banyak video dimana judul teks di thumbnail diberi nomor. Seperti misalnya, Acara TV dengan episode bernomor. Thumbnail youtube yang bernomor akan membantu pemirsa melacak konten sebelumnya. Sehingga, secara tidak langsung, kemungkinan besar mereka akan menonton video-video anda sebelumnya.

3. Gunakan latar belakang yang kontras

cara buat thumbnail youtube
via udemy.com

Seperti yang disebutkan diatas memasukan judul pada thumbnail sangat penting. Tetapi, jika pengunjung dan anda sendiri tidak dapat membacanya maka hasilnya sia-sia.

Lalu apa solusinya? Mainkan kontras. Memang sih ada banyak jenis kontras, namun yang terpenting adalah pertimbangan warna kontras. Jika kontras terdiri dari dua warna, misalnya warna hitam dan putih, ini adalah jenis kontras yang tinggi. Sedangkan kontras yang mirip adalah merah dan oranye yang termasuk jenis kontras rendah.

Baca Juga : Cara Melindungi Foto dan Gambar Karya Anda di Internet

Saat anda membandingkan keduanya, mana yang lebih mudah dibaca? Tentu saja warna hitam dan putih. Tapi pilihan ada ditangan anda.

Salah satu solusinya adalah menggunakan warna kontras yang segar. Misalnya, ungu dan kuning yang menurut saya pribadi lebih baik dari pada oranye dan merah.

Saat anda mendesain thumbnail youtube anda, pastikan bahwa teks yang anda masukan dalam thumbnail kontras dengan latar belakang thumbail.

Kalau perlu, anda bisa menggunakan alat seperti Adobe Color untuk memastikan bahwa warna yang anda gunakan itu sudah kontras dan efektif.

4. Konsisten saat menggunakan font

[Video diatas adalah salah satu contoh video dari Brian Dean di Youtube]

Hal ini sangat penting untuk membiasakan audiens anda dengan merk dan jenis konten anda. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan konsisten pada font, warna, dan juga desain.

Jadi, usahakan untuk menggunakan font, warna dan desain yang sama pada latar belakang channel, logo anda dan juga thumbnail youtube anda. Ini untuk menciptakan kesan dan desain yang kuat tentang Channel anda.

Baca Juga : Jual Foto Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Untuk melakukannya sangat sederhana. Anda dapat mengambil foto dari situs penyedia gambar gratis seperti Pixabay atau menggunakan foto sendiri.

Setelah itu, tambahkan judul teks diatas gambar dengan gaya font yang mewakili anda. Jika anda tidak mahir menggunakan photoshop, anda bisa menggunakan tools pembuat thumbnail youtube professional seperti Snappa.

Salah satu contoh konsistensi penggunaan font pada Youtube adalah Brian Dean. Brian membuat Channelnya tetap konsisten dalam penggunaan warna, font, grafik dan merek. Sehingga Channellnya sangat kuat secara visual.

Anda juga dapat melakukan hal serupa sebelum atau sesudah memiliki Channel. Ini akan meningkatkan kesan elegan pada Channel dan video anda.

5. Pakai gambar yang menarik

cara buat thumbnail
via Youtube

Video adalah gambungan dari dua elemen, audio dan visual. Visual atau penglihatan yang kuat sangat penting untuk menarik perhatian pemirsa.

Gambar yang menarik dan berkualias tinggi biasanya akan bertindak sebagai penggoda awal dari video, apalagi jika ditambahkan dengan teks.

Cara ini juga menjadi kesempatan bagi pemirsa untuk membiasakan diri dengan Channel anda, termasuk juga subscriber anda.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis di Internet

Sebagai contoh, Matt Komo adalah seorang videographer. Setiap konten Matt dibuat dengan teliti dan mendetail. Ia selalu menggunakan gambar berkualitas tinggi yang bisa memberikan gambaran sekilas mengenai videonya 10 menit ke depan.

Sebagai seorang sinematografer perjalanan, gambar-gambar perjalanan dan pertualangan selalu dilibatkan oleh Matt guna menarik pengguna.

Dan anda bisa melakukan hal yang serupa. Cara ini sebeanrnya melibatkan niche yang anda pilih. Jadi, pastikan anda benar-benar memilih gambar yang berkualitas tinggi dan menarik.

6. Jangan clickbait

cara buat thumbnail youtube
via breadnbeyond.com

Nah ini yang paling penting. Usahakan, jangan pernah gunakan thumbnail yang menipu atau thumbail yang tidak sesuai dengan isi video. Sebab hal ini bisa merusak merk dan reputasi Channel anda.

Baca Juga : 10 Teknik Mengambil Foto Yang Keren Untuk Instagram

Tidak hanya itu, Youtube juga akan memberikan ganjaran terhadap videonya, seperti dismon pada video tertentu, dismonetisasi Channel bahkan menghapus video dan juga Channel anda jika hasil pencarian dan rasio pentalan terlalu tinggi.

Thumbnail dimaksudkan untuk menciptakan konteks, sehingga gambar ini menjadi gambaran yang tidak saja memberitahukan tentang isi video tetapi juga mengenai kejujuran dan kreativitas anda di Youtube.

Penutup

Membuat Channel youtube sebenarnya adalah langkah yang sangat mudah dan setiap orang bisa membuat Channel dan menjadi seorang Youtuber lalu menghasilkan uang dari sana.

Sebagai salah satu platform berbagi video paling populer di dunia, tentu saja ada kebijakan dan ketentuan mengenai video yang bakalan diputar, termasuk penggunaan Thumbnail.

Bukan hanya itu, perilaku pengguna internet juga sebagian besar terkosentrasi pada Youtube sehingga banyak orang yang kemudian ingin menjadi Youtuber.

Meksipun sudah menjadi Youtuber, banyak dari mereka yang tidak memaksimalkan potensi videonya sehingga hanya di tonton oleh beberapa orang hingga membuat frustasi dan akhirnya pensiun dari Youtube.

Nah demikian artikel tentang cara buat thumbnail youtube yang unik dan menarik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

About the Author: bungkul

Seorang blogger pemula yang masih belajar meramu kata dan berusaha mengais makna kata yang ditulis~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *