5 Hobi Yang Dapat Dijadikan Bisnis Yang Menguntungkan

7 Likes Comment
Hobi Yang Dapat Menjadi Bisnis Menguntungkan

5 Hobi Yang Dapat Dijadikan Bisnis Yang Menguntungkan – Memulai bisnis sendiri sebenarnya hal yang gampang-gampang sulit. Karena semua bergantung pada diri anda sendiri dan bagaimana anda memanfaatkan kesempatan yang anda peroleh untuk memulai bisnis.

Meski peluangnya terbuka lebar tetapi kalau tidak dimulai maka sama saja. Anda bisa membuka bisnis yang bergerak ke bidang online, offline atau bisnis musiman [hanya datang disaat-saat tertentu saja].

Jika anda ingin memulai bisnis rumahan, yang memungkinkan anda mengubah kemampuan anda menjadi uang maka itu adalah langkah yang tepat.

Anda tidak saja menghabiskan hari-har anda dengan hal-hal yang anda sukai saja tetapi juga anda bisa memperoleh penghasilan dari hobi tersebut.

Baca Juga : 5 Cara Memulai Bisnis Startup Beserta Resikonya

Bahkan, anda bisa menjadikan itu sebagai brand yang bisa menjadi perusahaan berskala besar. Pekerjaan macam ini juga mampu memangkas waktu anda dan anda bisa menjadi majikan untuk bisnis anda sendiri.

5 Hobi Ini Dapat Dijadikan Bisnis Yang Sukses dan Menguntungkan

Yang berarti, ada banyak hobi yang dapat diubah menjadi bisnis rumahan. Dalam artikel kali ini saya hanya mengulas tentang 5 yang dapat menjadi bisnis menguntungkan. Apa saja hobi itu? Berikut daftarnya

1. Fotografi

via iso.500px.com

Modal : Kamera dan studio

Apakah anda suka fotografi dan punya kamera? Atau teman dan keluarga anda selalu meminta anda menjadi fotografer? Coba buka peluang ini lebih jauh lagi, misalnya membuka bisnis fotografi sendiri di rumah.

Fotografi tidak hanya jadi ide bisnis yang brilian dan menantang tetapi juga merupakah sebuah lifestyle yang bisa menjadi ciri khas seseorang.

Untuk itu, coba pertimbangkan untuk membuka studio sendiri di rumah dan mulailah belajar dasar-dasar fotografi seperti cara memilih angle, mengatur komposisi dan lain sebagainya.

Setelah itu, lihat haslnya. Apakah menarik atau belum. Jika belum, perkuat kemampuan fotografi anda. Jika dirasa sudah cukup, coba buka jasa fotografer rumahan [menjadi fotografer pernikahan atau acara] dan mulai melakukan foto bebas.

Foto bebas tersebut bisa menjual foto-foto tersebut. Dari sinilah anda memperoleh penghasilan sembari menunggu ada orang yang menggunakan jasa anda. Ada beberapa bisnis turunan dari bisnis yang satu ini, antara lain:

  • Kelas fotografer
  • Menjadi pendesain gambar
  • Menjadi youtuber
  • Menjadi reviewer/influencer

2. Penulis

via neilpatel.com

Modal : Laptop [komputer], buku dan pena

Apakah anda suka membaca buku? Jika demikian, coba bayangkan untuk mengubah kecintaan anda tersebut menjadi sebuah buku [atau novel].

Artinya anda menulis buku anda sendiri dan anda bisa memperoleh penghasilan dari hobi anda tersebut. Tapi kalau anda tidak ingin lelah, anda bisa kok menargetkan menjadi peresensi buku lepas atau membangun blog.

Baca Juga : 5 Ide Bisnis Online Terbaik Namun Kurang Populer

Dari sini anda tidak saja dibayar, tetapi sering kali anda bisa mendapatkan buku gratis juga dari hobi tersebut. Jika anda punya kemampuan editing, anda bisa memulai layanan penyuntingan atau pengeditan. Dimana anda dapat membaca dan memperbaiki kesalahan serta membantu penulis lain meningkatkan kemampuan mereka.

Alih-alih hobi membaca, anda juga bisa ahli menulis juga. Jika anda memiliki cerita atau informasi di dalam diri anda yang menunggu untuk diceritakan, anda dapat menulis buku dan mulai bekerja dengan penerbit lokal untuk menerbitkan buku tersebut. Ada beberapa bisnis turunan dari kebiasaan ini, antara lain:

  • Menjadi blogger
  • Menjadi penyunting/editor naskah
  • Menjadi peresensi buku online
  • Menjadi ghost writer
  • dll

3. Berkebun

via grist.org

Modal : Alat-alat berkebun

Saat ini banyak orang yang mengagap remeh hobi yang satu ini. Ya, banyak dari kita tidak ingin tangan kita kotor, dan ingin bekerja menjadi pegawai kantoran atau pengawai perusahaan, memiliki istri yang cantik, gaji yang tetap dan kehidupan selesai.

Tidak ada yang mencoba kehidupan yang lebih menantang dan menyenangkan seperti menjadi seorang pekebun.

Banyak orang ingin memiliki halaman yang indah dengan rumput yang hijau, bunga warna-warni dan banyak sayuran buatan sendiri untuk meja makan mereka.

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini

Tetapi tidak semua orang punya waktu dan bakat untuk semua keinginan itu. Mengubah kesenangan anda berkebun menjadi bisnis rumahan bisa menjadi cara yang tepat dan menyenangkan untuk mencari nafkah.

Anda juga bisa menawarkan layanan continue lain seperti perawatan halaman dan rumput atau bisa membantu orang mendesain serta mengembangkan taman di rumah mereka.

Bisa juga memulai bisnis desain halaman rumah hijau. Pilihan lain juga membuka bisnis perawatan tanaman dalam ruangan.

Pada intinya, semua bisnis ini bisa menghasilkan uang bagi anda sendiri hanya dari hobi. Ada beberapa bisnis turunan dari hobi yang satu ini, antara lain:

  • Bisnis perawatan tanaman
  • Bisnis perawatan rumah
  • Bisnis bersih-berish rumah
  • Bisnis desain halaman rumah
  • Bisnsi perawatan ruangan

4. Seni Kreatif

via pixabay.com

Modal : Hobi dan kemampuan

Jika anda hobi melakukan penataan artistik, anda banyak cara mengubah kreativitas anda itu menjadi uang. Anda dapat menjual produk-produk jadi secara online melalui platform sosial atau lapak online. Atau anda bisa mengirimkannya ke toko-toko lokal.

Baca Juga : Cara Melindungi Foto Karya Anda di Internet

Alih-alih menjual karya anda, anda bisa dibayar juga dengan cara mengajari orang lain kemampuan tersebut. Bisnis turunan

  • Kerajinan tangan
  • Melukis
  • Manajer acara
  • dll

5. Bisnis Hewan peliharaan

via 123rf.com

Modal : Rasa cinta pada hewan dan juga peralatan-peralanan tambahan lain

Seiring meningkatnya komunitas pecinta hewan di Indonesia tidak sejalan lurus dengan industri pemeliharaan hewan. Orang-orang yang memiliki hewan peliharaan sendiri terkadang tidak punya waktu untuk mengurusi hewan tersebut.

Itu artinya, pasar pemeliharaan hewan adalah pangsa pasar yang menantang dan menguntungkan. Anda juga bisa menawarkan paket layanan untuk bisnis ini seperti perawatan dan pelatihan hewan.

Baca Juga : 4 Cara Sederhana Membangun Bisnis Rumahan

Selain itu, dari bisnis tersebut, anda juga bisa membuka jasa seperti layanan duduk hewan peliharaan, perawatan, pelatihan atau membuat dan menjual aksesori, makanan hewan, fotografi hewan peliharaan dan lain sebagainya.

Dari kebanyakan kasus, anda tidak hanya harus mencintai hewan tetapi diperlukan juga izin dan lisensi khusus untuk bisnis ini, termasuk juga pelatihan dan sertifikasi. Bisnis turunan:

  • Bisnis perawatan hewan
  • Bisnis pelatihan hewan
  • Bisnis fotografi hewan
  • Bisnis makanan hewan
  • Bisnis aksesori hewan
  • Bisnis layanan duduk hewan peliharaan
  • dll

Konklusi

Jika anda terus-terusan ogah dengan pekerjaan anda sekarang, karena tidak sesuai dengan passion [gaya] anda coba beranikan diri anda untuk membuka bisnis-bisnis tersebut.

Peluangnya tentu saja terbuka lebar dan anda hanya harus memiliki satu modal besar disini yakni: keberanian dan sisanya serahkan pada anda sendiri.

Tidak ada bisnis yang bisa berjalan sukses tanpa memulainya terlebih dahulu, begitu juga dengan bisnis rumahan.

Dunia begitu luas dan plural, manfaatkan kemampuan anda untuk memperoleh penghasilan sekaligus nafkah bagi diri anda dan mungkin keluarga anda adalah hal wajib.

Jangan lupa terus berdoa semoga bisnis tersebut bisa berjalan lancar sesuai dengan yang anda harapkan.

Nah demikian artikel tentang 5 Hobi Anda Dapat Menjadi Bisnis Yang Sukses Dan Menguntungkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *