11 Ide Bisnis Fotografi Terbaik Tahun Ini

7 Likes Comment
bisnis fotografi

Memulai bisnis fotografi sendiri memang membutuhkan keberanian. Selain didasarkan pada hobi juga harus dibekali dengan kemampuan dasar fotografi sekaligus memiliki peralatan-peralatan seperti kamera yang mumpuni.

Tiga hal diatas adalah poin kunci jika anda ingin memulai bisnis fotografi. Untuk menjalankan bisnis tersebut dan terlihat lebih profesional baiknya anda memilih bisnis fotografi jenis apa yang ingin anda buka.

Saat ini berkat kemampuan teknologi, banyak hal yang bisa anda jadikan referensi untuk membuka bisnis entah itu offline ataupun online.

Jika anda ingin membuka bisnis fotografi, baiknya anda perhatikan beberapa hal, bahwa bisnis ini tidak saja didasarkan pada bisnis online.

Tapi, anda harus menunjukan kehadiran anda juga secara online. Ini bertujuan untuk meningkatkan branding dan membuat anda bisa memperoleh klien yang banyak.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Pejualan Foto Terbaik Saat Ini

Namun jika anda bingung bisnis online fotografi yang cocok untuk anda, baiknya anda bertanya dulu kepada diri anda sendiri.

Passion dan gaya saya ada dimana? Apakah anda hanya membuka bisnis tersebut sebagai hobi dan menjadikannya sebagai penghasilan sampingan?

Atau ingin menjadi seorang fotografer profesional yang mempunyai studio sendiri serta memiliki beberapa karyawan.

Setelah anda menentukan, maka selanjutnya anda bisa mengidentifikasi bisnis fotografi macam apa yang hendak ada geluti.

Jika bisnis tersebut berskala perusahaan, tentu saja bisnisnya tidak sebatas pada satu dua jenis saja, melainkan merangkap pada berbagai jenis fotografi.

Jika bisnis tersebut adalah bisnis pribadi, maka tentu saja harus memilih spesifikasi tersebut. Agar kemampuan anda semakin terasah.

11 Ide Bisnis Fotografi Terbaik

Berikut disajikan 11 ide bisnis fotografi terbaik yang cocok untuk pribadi. Apa saja itu? Ini dia daftarnya.

1. Fotografi makanan [Food photography]

fotografi makanan
via libbyshootsfood.com

Memilih spesifikasi ini tentu saja anda harus memiliki jenis kamera makro yang bisa memfoto objek yang kecil.

Fotografi makanan bisa membuat orang tertarik untuk berkunjung sekaligus bisa menarik minat banyak orang untuk menyantap makan yang anda foto.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Fotografi Sendiri di Rumah

Anda bisa memulai bisnis ini secara mandiri dan mulai memfoto makanan-makanan yang ada disekitar anda. Buatlah foto semenarik mungkin. Dari sini anda bisa memperoleh penghasilan mulai dari menjualnya ke koran lokal atau secara online.

2. Fotografi produk [Product photography]

fotografi produk
via vertizonphoto.com

Maraknya marketplace saat ini membuat bisnis fotografi produk ini begitu bergairah. Mulai dari foto produk pakaian, ikat pinggang, parfum, hingga mobil.

Semuanya membutuhkan fotografi professional yang menghasilkan foto-foto dengan struktur epic dan menakjubkan. Biasanya, untuk bisnis jenis ini, anda diharuskan membuat kontrak kerjasama atau menjualnya langsung kepada pemiliknya.

Tapi ada baiknya anda memiliki kerjasama dengan mereka. Sebab, kemungkinan besar jika ada produk-produk baru yang dikeluarkan, mereka akan memanggil anda.

3. Fotografi wisuda [Graduation photography]

fotografi wisuda
via unsplash.com

Saat wisuda, di sekitaran kampus tentu banyak sekali studio dadakan yang menawarkan jasa fotografi kepada orang-orang yang baru di wisuda.

Bisnis ini meskipun hanya bisnis musiman tapi memiliki penghasilan yang lumayan. Bayangkan saja, untuk ukuran foto 10R, anda harus membayar sekitar 200-300 ribu untuk satu foto.

Baca Juga : 6 Tehnik Dasar Fotografi Yang Harus Anda Ketahui

Bayangkan jika ada sekitar 100 orang yang menggunakan jasa foto tersebut berapa penghasilannya. Jutaan.

Oleh karena itu, fotografi wisuda bisa anda buka oleh anda sendiri untuk mendapat penghasilan tambahan. Yang penting anda memiliki kamera [dengan berbagai perlengkapannya], layar dan juga komponen tambahan lain yang biasa anda lihat.

4. Fotografi even organizer [event organizer photography]

fotography even organizer
via cameronville.com

Event organizer merupakan sebuah momen langka yang biasanya mempertemukan banyak orang dan banyak lembaga. Anda bisa bekerja sama dengan panitia pelaksana untuk menjadi fotografer sekaligus untuk membantu mereka dalam hal dokumetasi.

Hal ini juga bisa membantu mereka untuk melakukan laporan pertanggungjawaban nantinya, apalagi jika itu birokrasi.

Biasanya, fotografi event organizer ini membutuhkan kamera dengan memori tanpa batas. Karena anda diharuskan memfoto apa saja yang dominan atau menarik dalam event tersebut.

5. Fotografi Family Gathering [Family gathering photography]

family gathering
via paulipu.com

Family gathering biasanya dilakukan oleh perusahan-perusahaan untuk meningkatkan kekeluargaan sebagai sesama karyawan.

Baca Juga : Cara Mengatur Komposisi Foto Yang Baik dan Benar

Nah anda bisa memanfaatkan hal ini dengan mengajukan kerja sama kepada perusahaan tersebut untuk mengabadikan kegiatan tersebut.

Kerjanya sama seperti event organizer tersebut. Selain anda bisa membangun relasi kepada perusahaan tersebut anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari sana.

6. Fotografi pernikahan [wedding photography]

fotografi pernikahan
via adorama.com

Saat ini bisnis fotografi pernikahan sebagian besar sudah digeluti oleh studio fotografi professional. Dengan dengan demikian sulit untuk bisa bersaing dengan mereka.

Baca Juga : Cara Agar Bisa Menang Lomba Fotografi

Bisnis fotografi pernikahan tidak saja saat pernikahan itu dilangsungkan tetapi juga dimulai dari foto Pra-Weding, dan sebagainya.

Tapi anda tak perlu gusar, anda bisa memulai bisnis ini dari orang-orang terdekat. Selain anda bisa mempererat hubungan kekeluargaan, orang-orang akan mulai meminta jasa anda.

7. Fotografi purnawirawan

fotografi purna
via chrisrentonphotography.co.uk

Hari terakhir kerja sebelum pensiun adalah masa-masa krusial. Di momen ini, orang-orang biasanya akan terlihat emosional.

Membuka bisnis fotografi yang fokus pada hal diatas membutuhkan kemampuan yang mumpuni. Karena disini anda diharuskan mengabadikan setiap momen dengan baik.

Selain itu, jasa bisnis ini masih sedikit di Indonesia. Nantinya juga, foto tersebut akan menjadi kenang-kenangan berharga bagi purnawiran tersebut sebelum menghabiskan hari tua di rumah.

8. Fotografi bawah air

fotografi bawah air
via surfsimply.com

Jika anda menyukai kehidupan bawah air, maka anda bisa mengkhususkan diri pada fotografi bawah air. Objeknya tentu saja hewan-hewan dibawah air, yang menakjubkan dan menarik untuk dilihat.

Dan anda bisa memperoleh penghasilan dari sini, dengan menjualnya secara online. Sebab saat ini orang-orang membutuhkan perspektif [pandangan] baru dari setiap foto yang ingin mereka lihat.

9. Fotografi hewan

fotografi hewan
via outdoorphotographer.com

Memiliki hewan peliharaan yang lucu bisa menjadi kesenangan tersendiri bagi pemiliknya. Apalagi jika ada yang mampu mengabadikan foto bersama hewan peliharaan secara professional.

Baca Juga : Cara Memilih Angle Yang Tepat Untuk Foto

Jika anda mengkhususkan diri pada fotografi hewan, maka objeknya tidak saja terbatas pada hewan peliharaan yang umum seperti anjing dan kucing, tetapi juga pada hewan-hewan lain.

Bisnis ini sangat unik. Selain bisa memuaskan diri anda dari hasil jepretan anda, juga bisa mendatangkan uang untuk anda sendiri.

10. Fotografi alam bebas

fotografi alam bebas
via photographybyvarina.com

Fotografi jenis ini bertujuan untuk mengabadikan setiap momen yang ia alami. Ia tidak bekerja terhadap siapapun alias tidak punya majikan.

Anda lebih bebas milih objek atau subjek yang ia ingin foto. Dan kerennya lagi, ia bisa memperoleh penghasilan dari sana. Eh tapi tunggu, darimana ia memperoleh penghasilan? Tentu saja dengan menjualnya secara online.

11. Fotografer freelance

freelance fotografi
via 500px.com

Jenis pekerjaan ini membutuhkan ketekunan. Cara kerjanya seperti seorang wartawan, tapi hanya melaporkan dalam bentuk foto saja.

Saat ini fotografi freelance sangat diminati oleh banyak orang. Selain bisa menyalurkan hobi juga bisa mendatangkan uang.

Penghasilannya didapatkan dari media, koran atau majalah yang menerima kiriman foto atas kejadian yang baru saja terjadi.

Penutup

Daftar diatas memang masih terbatas dan belum membahas secara menyeluruh tentang cara kerjanya, apa saja yang dibutuhkan dan juga perlengkapan-perlengkapan lain.

Di kemudian waktu akan dibahas tentang hal tersebut. Yang paling penting anda bisa memulai bisnis fotografi anda sendiri secara spesifik.

Dan anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sana. Penghasilan dari hobi foto. Kira-kira begitu. Demikian artikel tentang 11 ide bisnis fotografi terbaik tahun ini. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *